Sponsors Link

Abrasi Gigi: Penyebab – Gejala dan Pengobatan

Sponsors Link

Karena kerusakan mekanik abnormal, maka membuat struktur gigi menjadi hilang yang dinamakan dengan abrasi gigi. Abrasi gigi tersebut terjadi karena gesekan gigi yang terlalu kuat dan terjadi terus menerus. Penyebab yang paling umum adalah menyikat gigi terlalu keras dan ada dampak buruk sikat gigi sembarangan meski ada banyak hal lain yang juga bisa menyebabkan abrasi gigi.

ads

Lekuk lekuk V yang terbentuk di leher gigi yakni daerah dekat gusi menjadi ciri dari abrasi gigi akibat menyikat gigi terlalu keras. Abrasi gigi tersebut bisa mencapai permukaan yang lebih dalam yakni dentin gigi dan mengenai permukaan email yakni permukaan paling luar gigi. Abrasi gigi juga bisa menyebabkan gigi sensitif jika sudah mengenai bagian permukaan gigi yang semakin dalam yakni dentin gigi terbuka.

Penyebab Abrasi Gigi

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan gejala abrasi gigi, beberapa diantaranya adalah:

1. Tidak Tepat Saat Menyikat Gigi

Meski terkesan sepele, namun saat anda menyikat gigi dengan cara yang salah, maka bisa menyebabkan abrasi gigi. Menggosok gigi terlalu ditekan dengan keras dan gerakan yang salah serta bulu sikat yang kasar bisa mengakibatkan jaringan gigi rusak sekaligus mengikis lapisan email gigi. Ini akan menyebabkan gigi mudah rusak dan semakin lama abrasi juga akan terjadi.

2. Sering Mengkonsumsi Makanan Bertekstur Keras

Jika anda sering mengkonsumsi makanan yang memiliki tekstur keras seperti daging, mengunyah es batu, menggigit buah yang keras atau kebiasaan buruk seperti menggigit tutup pulpen, menggigit kuku dan membuka kemasan minuman atau makanan dengan gigi, maka semakin lama bisa mengakibatkan kerusakan anatomi gigi manusia khususnya pada email gigi sehingga abrasi gigi pun terjadi.

3. Memakai Tusuk Gigi Sesudah Makan

Banyak orang yang sering memakai tusuk gigi sesudah makan dengan tujuan untuk membersihkan sisa makanan di sela gigi. Namun sebenarnya kebiasaan tersebut bisa menyebabkan gigi anda semakin rusak. Ditambah lagi jika tusuk gigi yang dipakai tidak steril sehingga ada bakteri pada tusuk gigi tersebut yang bisa menyebabkan infeksi mulut.

Jika memang ingin membersihkan sisa makanan dari sela gigi, ada baiknya anda mengganti tusuk gigi dengan flossing gigi sehingga kesehatan gigi bisa lebih terjaga dengan baik.

4. Pemakaian Kawat Gigi

Daya cengkeraman dari kawat gigi yang terlampau kuat bisa menyebabkan struktur gigi menjadi rusak dan jaringan lunak gigi juga ikut rusak sehingga abrasi gigi bisa terjadi terutama karena dampak buruk pasang kawat gigi sebagai fashion. Jika memang anda sedang memakai kawat gigi untuk estetika atau kesehatan gigi, maka sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter gigi lebih sering lagi.

5. Mengkonsumsi Sesuatu yang Asam

Untuk anda yang suka makan atau minum sesuatu dengan rasa asam juga bisa menyebabkan abrasi gigi. Zat asam yang dikonsumsi terlalu banyak akan berdampak pada gigi anda karena lebih mudah rusak dan abrasi bisa terjadi.

Gejala Abrasi Gigi

Gejala abrasi gigi yang paling sering terjadi adalah timbulnya cekungan tajam berbentuk V berukuran kecil di leher gigi dekat gusi. Ciri ciri gigi sensitif seperti nyeri dan ngilu pada mulut juga menjadi gejala dari abrasi gigi yang sangat mengganggu. Rasa nyeri tersebut bisa timbul karena makanan dan minuman yang terlalu panas atau dingin. Bahkan, aliran udara juga bisa menimbulkan rasa nyeri dan ngilu pada gigi anda.

Sponsors Link

Cara Mengatasi Abrasi Gigi

Untuk mengatasi abrasi gigi, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan jika masih dalam taraf yang ringan, seperti:

  • Pakai pasta gigi mengandung fluoride: Menggunakan pasta gigi mengandung fluoride pada gigi yang mengalami abrasi bisa mencegah karies gigi terbentuk sekaligus menghentikan proses gigi berlubang.
  • Hentikan kebiasaan buruk: Kebiasaan buruk seperti menggigit benda keras dan mengkonsumsi makanan atau minuman yang terlalu panas dan dingin juga harus dilakukan supaya abrasi gigi tidak semakin parah.
  • Pilih sikat gigi lembut: Pastikan anda memiliki sikat gigi yang lembut sebab memakai bulu sikat gigi yang keras adalah salah satu penyebab dari abrasi gigi.
  • Berhenti memakai tusuk gigi: Sebaiknya, hentikan kebiasaan buruk menggunakan tusuk gigi dan ganti dengan waterpik dan flossing ketika ingin membersihkan gigi anda.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi