Sponsors Link

Abses Gigi : Penyebab, Pencegahan dan Cara Perawatannya

Sponsors Link

Hello sobat yang selalu penulis rindukan, semoga sobat semua dalam keadaan baik – baik saja ya sobat dan senantiasa selalu berbahagia, sama seperti penulis yang juga tentunya selalu berbahagia pada saat menulis artikel ini untuk penulis posting buat sobat terkasih semua.

ads

Penulis juga berharap sobat semua selalu setia untuk menularkan atau kebaikan dari kebiasaan membaca buat orang – orang tercinta di sekitar anda ya sobat, agar kita bisa sama –  sama melihat jendela dunia melalui kebaikan membaca tersebut.

Oke sobat semua, tidak jauh berbeda dari artikel yang sebelumnya, pada kesempatan kali ini kita masih akan membahas mengenai masalah gigi. Karena seperti yangt sudah kita ketahui bersama, gigi ini merupakan piranti yang sangat penting keberadaannya dalam tubuh kita, khususnya dalam sistem pencernaan.

Karena seperti yang kita ketahui dan rasakan bersama bahwasanya gigi ini merupakan komponen pertama yang berfungsi untuk mengolah makanan dalam mulut kita sebelum nantinya akan dilanjutkan ke proses pencernaan yang berikutnya.

Selain itu sobat, fakta menarik yang tedapat dalam gigi ini, bahwasanya gigi ini berperan penting dalam mengukur senyuman manis di wajah anda. Untuk membuktikannya, anda bisa melihatnya dengan cara bercermin ya sobat hehehehe.

Oleh karena gigi tersebut sangat penting peranannya, untuk itu kita sudah seharusnya merawat dan menjaga kesehatan tersebut. Namun ternyata ada masih ada begitu banyak penyakit gigi yang sering kita rasakan dan alami. Salah satu masalah gigi yang di maksud adalah abses gigi.

Apakah sobat semua sebelumya sudha mengerti akan abses gigi ini sobat? Jika belum, ada baiknya sobat semua menyimak ulasan berikut ini dengan seksama. Yuks sobat, langsung saja kita simak ulasan berikut ini dengan seksama.

Adapun yang disebut dengan abses adalah salah satu jenis penyakit berupa sekumpulan nanah yang terkontaminasi di salah satu titik tertentu dan juga pada bagian tubuh tertentu. Pada umumnya kondisi seperti ini sering kali menyebabkan peradangan serta pembengkakan pada daerah sekitarnya.

Sponsors Link

Adapun abses ini sendiri merupakan suatu reaksi alami tubuh akibat adanya perlawanan sistem kekebalan tubuh serta menyerang infeksi yang menyerang bagian tubuh tertentu. Abses ini juga bisa terjadi pada gigi anda sobat. Jika gigi anda mengalami abses gigi tentunya secara keseluruhan gigi anda akan mengalami masalah yang nantinya akan berpengaruh terhadap keseluruhan performa tubuh anda. Karena abses gigi ini akan terasa seperti denyutan yang sakit dan parah pada gigi anda.

Penyebab Abses Gigi

Adapun  beberapa penyebab abses gigi antara lain adalah sebagai berikut :

1. Jarang Sikat Gigi

Penyebab abses gigi yang pertama adalah karena anda jarang sikat gigi.  Salah satu penyebab abses ini adalah karena banyaknya kuman atau bakteri yang bersarang di dalam mulut, tepatnya di gigi yang menyebabkan kuman tersebut menggerogoti gusi serta gigi anda sehingga terjadilah abses gigi ini.

ads

2. Terlalu Banyak Makan Manis

Penyebab abses gigi yang kedua adalah karena terlalu banyak makan makanan manis. Makanan manis ini memang sangat enak rasanya di liha kita, namun sobat yang harus anda ketahui terlalu banyak makan makanan yang manis akan berbahaya buat kesehatan gigi anda sobat.

Bahannya adalah pada saat anda makan makanan tersebut dan tidak gosok gigi, maka sisa makanan tersebut akna menempel di gusi dan gigi anda sehingga lama kelamaan akan mengalami abses gigi karena bertumpuknya bakteri yang ada dalam gigi anda tersebut.

3. Terlalu Sering Mencongkel Gigi

Penyebab abses gigi yang ketiga adalah karena terlalu sering mencongkel gigi anda. Apabila anda terlalu sering mencongkel gigi anda, maka akan membuat gigi anda berdarah dan mengakibtkan gusi sensitif. Hal ini juga berpotensi membuat gigi anda terkena abses gigi.

Cara Pencegahan Abses Gigi

Adapun cara pencegahan abses gigi yang bisa anda lakukan antara lain adalah sebagai berikut :

  • Rajinlah Gosok Gigi

Cara pencegahan yang pertama adalah dengan rajin menggosok gigi. Menggosok gigi adalah salah satu cara pencegahan yang paling penting dari semua perawatan dalam gigi anda. Nah sobta semua, agar agar anda terhindar dari abses gigi ini, rajinlah menggosok gigi  suapa bakteri bekas sisa makanan di gigi anda tidak berubah menjadi bakteri yang mengakibatkan abses pada gigi anda.

  • Seringlah Mengunjungi Dokter Gigi

Cara yang kedua adalah dengan rajin mengunjungi dokter gigi. Mengunjungi dokter gigi dengan rutin setidaknya bisa mrngantisipasi sejak dini apakah ada potensi abses pada gigi anda atau tidak, sehingga bisa dilakukan tindakan atau langkah berbaikan sejak dini.

Cara Perawatan Abses Gigi

Adapun cara yang bisa anda lakukan untuk melakukan perawatan abses gigi antara lain adalah sebagai berikut :

  • Kunjungi Dokter Gigi

Cara yang pertama adalah dengan mengunjungi dokter gigi. Hal yang dilakukan oleh dokter akan melakukan pembersihan pada nanah pada gigi anda sebagai langkah awal untuk perawatan abses gigi tersebut. Hal ini dilakukan agar kuman atau bakteri yang ada di dalam gigi anda bisa benar –  benar hilang.

  • Rajinlah Menggosok Gigi

Cara yang kedua adalah dengan rajin menggosok gigi. Dengan rajin menggosok gigi sebenarnya anda sudah melalukan perawatan secara menyeluruh terhadap gigi anda, dan salah satunya adalah mencegah terjadinya abses pada gigi anda sekaligus perawatannya.

  • Berkumurlah Dengan Obat Kumur

Cara yang ketiga adalah dengan berkumur menggunakan obat kumur yang dianjurkan oleh dokter gigi anda. Dengan rajin berkumur, maka bakteri atau kuman yang tidak bisa dijangkau oleh sikat gigi. Dengan melakukan kumur seusai sikat gigi akan membuat gigi dan mulut anda bersih total, sehingga akan mengurangi terjadinya abses gigi terjadi kembali.

Sponsors Link

Oke sobat semua, sekian informasi mengenai abses gigi yang bisa penulis sajikan apda kesempatan kali ini buat anda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sudah meluangkan waktu untuk berkunjung ke artikel ini. Semoga bisa bertemu diartikel selanjutnya ya sobat tentunya dengan pembahasan yang tidak kalah menarik lainnya. Terima kasih sudah berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca artikel kali ini. Jangan lupa untuk terus update perkembangan artikel – artikel baru berikutnya. Salam hangat selalu dari penulis, salam sehat.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi