Sponsors Link

Abses Gusi Pada Anak – Penyebab, Gejala, Resiko dan Pengobatan

Sponsors Link

Sebelum ke pembahasan selanjutnya, abses gusi adalah kantung yang membentuk benjol berisi nanah pada gigi karena infeksi bakteri. Selanjutnya kami akan sampaikan untuk anda mengenai penyebab, gejala, resiko dan cara mengatasi abses gusi pada anak. Berikut ini informasinya untuk anda. Semoga mudah untuk dipahami.

ads

Penyebab Abses Gusi Pada Anak

Penyebab abses gusi pada anak seringkali tidak diketahui oleh orang tua. Kerap kali anak-anak baru memberitahu orang tua mereka ketika sudah terjadi gejala abses gusi pada anak. Demikian orang tua perlu mengetahui beberapa penyebab abses gusi pada anak bisa terjadi.

1. Kurangnya Pengetahuan dan Pola Asuh Orang Tua

Kurangnya pengetahuan dan pola asuh orang tua terhadap kesehatan gigi seringkali menyebabkan masalah pada gigi anak. Padahal kunci keberhasilan orang tua dalam menjaga kesehatan gigi anak dalam menjaga kesehatan gigi anak dimulai dari pengetahuan dan pola asuk orang tua terhadap kesehatan gigi.

2. Kebersihan Gigi Tidak Terjaga

Seringkali orang tua membiarkan atau menganggap tidak masalah jika anak-anak tidak mengetahui pentingnya menggosok gigi dan cara menyikat gigi dengan benar. Perawatan kebersihan gigi pada anak sama dengan perawatan gigi pada orang dewasa. Namun bedanya, agar anak tertarik untuk menjaga kebersihan gigi, orang tua harus memiliki teknik dan cara tertentu yang dapat membangun keinginan anak untuk membersihkan giginya.

3. Konsumsi Makanan Terlalu Banyak Gula

Konsumsi makanan terlalu banyak gula tidak hanya menyebabkan penyakit diabetes dan obesitas saja. Konsumsi makanan yang terlalu banyak gula bisa menjadi penyebab abses gusi pada anak. Anak-anak cenderung menyukai makanan yang banyak mengandung gula. Dengan demikian tidak hanya abses gusi saja yang bisa terjadi. Namun penyebab gigi keropos pada anak kecil dan gigi berlubang pada anak 3 tahun bisa menjadi masalah lain anak terlalu banyak mengkonsumsi gula.

Gejala Abses Gusi Pada Anak

Setelah anda mengetahui penyebab abses gusi pada anak, orang tua yang kurang membantu menjaga kondisi kesehatan gigi dan mulut anak. Tentunya bagi anak yang sudah terkena penyebab abses gusi tidak bisa menghindari gejala abses gusi pada anak. Berikut ini gejala abses gusi pada anak.

1. Nyeri Pada Gusi

Kondisi mulut yang berisikan benjolan nanah (abses gusi) pada anak tentunya akan menunjukkan rasa nyeri terutama pada daerah gusi. Rasa nyeri pada gusi tentunya akan membuat anak tidak merasa nyaman.

2. Bengkak Pada Bagian Wajah

Pada awal penjelasan, halogigi menyampaikan bahwa abses gusi menyebabkan munculnya benjol di gusi pada bayi baru lahir. Benjolan tersebut apabila dilihat dari penampilan luar akan membentuk seperti bengkak sehingga terlihat sekali ada perubahan bentuk wajah pada anak.

Sponsors Link

3. Bau Mulut

Bau mulut pada anak tidak hanya disebabkan oleh sisa makanan yang menumpuk saja. Pada kasus abses gusi, bau mulut bisa terjadi apabila benjolan nanah tersebut pecah secara sengaja atau tidak disengaja. Saat anak mengalami kejadian seperti ini ada baiknya orang tua membantu mereka untuk berkumur-kumur menggunakan air hangat supaya kondisi mulut bersih dan meredakan rasa nyeri akibat abses gusi yang pecah.

ads

4. Sensitif Saat Mulut di Gerak-Gerakan

Sensitif saat mulut digerak-gerakan bisa menjadi gejala abses gusi pada anak terutama ketika anak sedang berbicara, aktivitas makan dan minum serta membersihkan gigi.

Resiko Abses Gusi Pada Anak

Resiko abses gusi pada anak merupakan lanjutan dari gejala abses gusi pada anak tidak ditangani dengan tepat. Beberapa resiko penyakit lain yang ditimbulkan akibat anak sudah mengalami gejala abses gusi.

1. Kista Pada Gusi

Kista pada gusi merupakan kelanjutan dari abses gusi dimana bentuk kista bisa membesar dan menyebar. Tanda yang terlihat pada kista ada benjolan pada gusi dan warna gusi berwarna merah membusuk. Baca : kista dentigerous.

2. Sepsis

Sepsis adalah kondisi tubuh yang mengalami infeksi sehingga organ tubuh meresponnya dengan munculnya radang. Sepsi bisa dilihat apabila anak diberikan rongten, CT Scan, tes darah dan serangkaian tes lainnya. Komplikasi yang dapat terjadi apabila anak mengidap sepsis karena abses gigi adalah mual, diare, nyeri otot, pingsan dan kulit pucat.

Cara Mengatasi Abses Gusi Pada Anak

Cara mengatasi abses gusi pada anak bisa dilakukan untuk membantu masalah abses gusi pada anak supaya tidak menyebabkan masalah gigi dan mulut lainnya. Ini dia cara mengatasi abses gusi pada anak yang bisa orang tua lakukan.

1. Jaga Kebersihan Gigi Anak

Langkah orang tua untuk menciptakan anak supaya menjaga kebersihan gigi dengan menggunakan cara yang kreatif seperti mengajarkan anak bermain edukasi yang berhubungan dengan pentingnya menggosok gigi dan masalah kebersihan gigi. Kemudian menggunakan sarana bercerita dan bernyanyi ketika melakukan aktivitas membersihkan gigi.

2. Kurangi Konsumsi Gula Pada Anak

Konsumsi gula pada anak bisa anda siasati dengan memberikan makanan manis dalam porsi yang sedikit. Adapun sistem reward dan membuat makanan bersama anak bisa anda lakukan supaya mereka mau mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi. Selain itu manfaat lain yang bisa anda dapatkan selain kesehatan gigi anak terjaga tetapi gaya hidup anak anda pun terjaga karena makanan yang mereka konsumsi mengandung gizi dan nutrisi seimbang.

Sponsors Link

3. Konsultasi ke Dokter Gigi

Konsultasi ke dokter gigi bisa menjadi sarana orang tua mengetahui kondisi kesehatan gigi anak. Apabila anak memiliki gejala abses gusi anda bisa menanyakan perawatan yang tepat jika abses gigi dialami pada anak anda dan penyakit mulut pada anak.

4. Penggunaan Obat Antibiotik Sesuai Resep Dokter

Penggunaan obat antibiotik untuk abses gusi pada anak bisa membantu mencegah penyebaran infeksi bakteri. Tentunya dosis obat antibiotik yang digunakan untuk abses gusi tergantung pada tingkat keparahan abses gusi pada anak.

Demikian penjelasan dari halogigi mengenai informasi abses gusi pada anak. Semoga pengetahuan anda mengenai abses gusi pada anak bisa menambah pengetahuan anda. Salam gigi sehat.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi