Sponsors Link

7 Akibat Gigi Berlubang Tidak Dicabut yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Gigi memiliki peranan penting dalam proses mengunyah makanan, merobek makanan atau bahkan sebagai estetika (kecantikan). Gigi juga merupakan organ pertama yang mengawali proses pencernaan. Dengan bantuaan gigi, makanan akan dihaluskan supaya makanan mudah di telan dan kemudian di cerna oleh organ pencernaan yang ada dalam tubuh.

ads

Karena peranan gigi adalah dalam proses mengunyah dan merobek makanan, kemudian apabila pemilik gigi malas untuk menggosok gigi karena tidak paham betapa pentingnya menggosok gigi, maka gigi akan tercemar oleh sisa makanan yang membusuk di gigi, yasudah siap-siap saja gigi kamu akan menjadi sarang berkumpulnya kuman dan bakteri  yang kemudian akan mengakibatkan beberapa penyakit gigi.

Akibat Gigi Berlubang Tidak Dicabut

jenis jenis penyakit gigi yang diakibatkan dari gigi yang kotor sangatlah banyak dan juga sangat berbahaya bagi kesehatan organ tubuh bahkan penyakit gigi bisa mengakibatkan kematian. Kerusakan gigi terjadi secara bertahap bila tidak segera diobati akan mengakibatkan gigi berlubang. Jika gigi dibiarkan berlubang dan lubang semakin dalam sampai menembus lapisan gigi halus terus kepulpa gigi, maka gigi akan mengalami sakit dan lebih buruknya lagi akan kehilangan gigi.

Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai akibat gigi berlubang tidak dicabut yang akan diulas lebih dalam lagi, yuk kita simak bersama – sama penjelasan di bawah ini :

Bayangkan saja jika kamu sedang mengalami yang namanya sakit gigi, rasanya pasti sakit sekali. Gigi sakit, gusi sakit, pipi sakit, telinga sakit, badan meriang, malahan sampai ke kepalapun ikut ambil bagian mengalami yang namanya sakit, udah gitu makanpun tidak enak. Lengkap sudahkan akhirnya kamu kurus gara-gara menderita sakit gigi. Berikut ini gejala-gejala yang bisa kamu amati ketika gigi mengalami kerusakan :

  • Bau tak sedap dari rongga mulut secara berturut-turut.
  • Gigi yang sensitif.
  • Rasa sakit ketika kamu makan-makanan panas, dingin dan bergula.
  • Warna gigi pucat dan terdapat noda putih.

Bila gejala tersebut sudah terjadi segera lakukan pencegahan sebelum masalah berkelanjutan. Lakukan apa yang perlu dilakukan baik itu lebih rajin lagi menggosok gigi atau segera diperiksakan ke dokter. Tapi jika gigi kamu sudah berlubang, segeralah temui dokter, mungkin dokter akan melakukan hal-hal berikut ini :

  • Jika lubang gigi masih kecil, dokter akan memberikan pasta pernis fluoride sebagai pencegahan supaya gigi berlubang tidak semakin parah.
  • Jika lubang gigi semakin dalam, maka dokter akan mengganti bagian gigi yang rusak dengan cara di tambal, pemasangan mahkota gigi.
  • Jika saluran akar pada saraf gigi mengalami peradangan, dokter akan menutup lubang gigi dan menambalnya dengan tujuan menghilangkan bakteri yang ada di akar gigi.

Mencegah kerusakan gigi dengan cara menghilangkan karang gigi atau plak secara teratur karena karang gigi menjadi penyebab utama adanya sakit gigi dan gigi berlubang.

Sponsors Link

Sebagian orang datang ke dokter gigi hanya saat giginya mengalami sakit, karena sudah tidak sanggup lagi menahan rasa sakit barulah pergi ke dokter gigi. Padahal dokter gigi memerintahkan kita untuk periksa gigi 6 bulan sekali. Penyebab gigi berlubang karena sering mengkonsumsi makanan yang mengandung gula tinggi dan kurangnya menjaga kebersihan gigi. Gula dari sisa makanan akan di ubah oleh bakteri menjadi asam dan asam inilah yang membuat gigi menjadi berlubang.

Jika gigi berlubang dibiarkan tanpa adanya perawatan maka akan mengakibatkan penumpukan bakteri juga rentan menimbulkan penyakit lain yaitu penyakit pada organ tubuh lain. Bahaya yang diakibatkan dari gigi berlubang :

ads

1. Terjadinya Infeksi Pada Pembuluh Darah

Infeksi pada pembuluh darah diakibatkan karena gigi berlubang besar yang dibiarkan tanpa ada penanganan khusus sehingga kotoran atau bakteri masuk ke pembuluh darah dan mengakibatkan infeksi . Jika infeksi seperti ini dibiarkan, maka bakteri akan menyebar ke organ tubuh karena dibawa oleh pembuluh darah dimana pembuluh darah bertugas untuk menyalurkan darah ke seluruh tubuh.

2. Gigi ngilu

penyebab gigi dan gusi ngilu ini diakibatkan karena gigi yang berlubang sudah masuk ke dalam syaraf gigi, sehingga saat makan gigi akan terasa sakit juga ngilu bahkan saat sekalipun. Jika sudah terjadi ngilu alangkah baiknya segera periksakan gigi ke dokter.

3. Syaraf-Syaraf Gigi yang Terganggu

Penyebab syaraf-syaraf gigi yang terganggu diakibatkan karena gigi berlubang yang tidak segera di tangani oleh medis, ada kemungkinan syaraf gigi kamu akan mati atau rusak dan berakibat pada gigi yang tidak normal, ngilu juga mempengaruhi syaraf lainnya seperti suka kesemutan, sering buang air kecil, dan impotensi.

4. Peradangan Gigi yang Menyebar ke Organ Lainnya

Gigi yang berlubang ternyata mengakibatkan peradangan pada gigi. Peradangan tidak hanya terjadi pada gigi saja tapi bisa juga terjadi pada organ-organ lainnya, seperti organ paru-paru dan ginjal. Semua itu bisa terjadi saat sel-sel mengalami peradangan. Jika peradangan sudah menyebar ke organ tubuh lainnya maka akan sangat berbahaya karena akan menyebabkan fungsi organ yang tidak maksimal.

5. Keompongan dan Hilangnya Gigi

Gigi berlubang yang dibiarkan terus menerus tanpa diobati akan mengakibatkan keompongan karena gigi akan membusuk dan tidak dapat berfungsi seperti biasanya maka pilihan terakhir adalah dicabut. Masalah pencabutan gigi akan berakibat pada proses pencernaan, darah tinggi, penyakit vertigo dan penyakit akibat kekurangan protein.

6. Sinusitis

Penanganan sakit gigi yang tidak tepat mengakibatkan munculnya gangguan sinusitis karena jaringan yang letaknya berdekatan dan berhubungan dengan syaraf gigi. Gigi berlubang memang mengakibatkan berbagai macam penyakit oleh karena itu lebih baik jaga kesehatan gigi sejak dini.

7. Komplikasi Bahkan Kematian

Apabila gigi berlubang dibiarkan berlarut-larut tidak di obati secara medis maka memungkinan untuk terkena penyakit komplikasipun tidak akan bisa dihindari. Berbagai gangguanpun akan dihadapi seperti kanker, tumor yang berakhir dengan kematian.

Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa gigi berlubang mengakibatkan bermacam penyakit, mulai dari bau mulut, sakit gigi, bahkan menyerang organ tubuh yang paling penting yaitu otak.

Sponsors Link

Jika sudah terjadi gigi berlubang segeralah mencari cara untuk mengobatinya, jika dengan penanganan sendiri dirasa masih kurang maksimal maka segeralah periksakan gigi ke dokter, karena dokter lebih tau gigi berlubang yang di hadapi dapat disembuhkan dengan di cabut atau dengan cara di tambal semua tergantung lubang gigi yang dihadapi.

Dapat diambil kesimpulan bahwa artikel mengenai akibat gigi berlubang tidak dicabut di atas yang diulas secara detail dan dikemas dengan menarik, diharapkan nantinya bisa membantu memudahkan anda dalam mempelajari serta memahaminya lebih dalam lagi.

Sehingga nantinya mungkin bisa anda jadikan sebagai bahan referensi saat belajar dan menambah wawasan baru bagi anda. Sampai disini dulu ya artikel kali ini yang membahas mengenai gigi berlubang tidak dicabut. Semoga bermanfaat bagi sobat sekalian dan terima kasih sudah meluangkan sedikit waktunya untuk membaca artikel saya ini.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini