Sponsors Link

10 Akibat Gigi Bungsu Tidak Dicabut yang Wajib Diketahu

Sponsors Link

Bagi Anda yang mengalami masalahgigi bungsu, apalagi pada saat gigi tersebut tumbuh dan mengakibatkan rasa sakit dan infeksi terjadi. Hal ini tentu sangatlah berbahaya jika tidak ditangani dengan baik dan tepat.

ads

Oleh karena itu jangan pernah menyepelekan masalah gigi bungsu tumbuh. Jika kondisi Anda normal mungkin tidak akan mengalami gejala sampai pada tingkat infeksi yang parah dan berbahaya, namun ada sebagian orang yang mengalami kondisi yang berbeda, contoh memiliki riwayat penyakit mulut dan masalah gigi lainnya, tentu hal ini dapat berakibat fatal dan serius. Berikut ini gigi bungsu tumbuh tidur dan gejala yang perlu diperhatikan.

Untuk masalah tersebut maka akan dijelaskan bagaimana menangani dan mencegah masalah akibat gigi bungsu tidak dicabut dan bahaya lainnya yang akan Anda hadapi.

Akibat Gigi Bungsu tidak Dicabut

Ada beberapa masalah yang akan timbul jika sampai gigi bungsu Anda tidak segera ditangani seperti dicabut atau dioperasi, salah satunya seperti dibawah ini :

1. Rasa sakit dan nyeri yang hebat

Akibat adanya luka dan bisa juga infeksi, maka hal ini menimbulkan rasa sakit dan nyeri yang hebat. Apalagi Anda juga memiliki penyakit lainnya seperti sakit gusi, atau mulut, jika hal ini tidak ditangani dengan serius semakin lama akan membuat penyakit Anda semakin parah. Bahaya gigi bungsu menusuk pipi yang sangat mengganggu dan buat tidak nyaman.

2. Timbul sakit kepala hebat

Akibat gigi bungsu tidak dicabut lainnya yaitu rasa sakit yang semakin dirasa teramat sangat, akibatnya rasa sakit tersebut menjalar ke bagian lain seperti syaraf kepala, otak dan juga pipi. Jika hal ini dibiarkan begitu saja tentu sakit kepala akan semakin meningkat dan bahkan sampai pada mati rasa sebelah. Contoh ciri-ciri gigi bungsu tumbuh yang perlu diketahui.

3. Timbul pembengkakan dan infeksi

Jika rasa sakit tidak dapat ditangani bahkan dibiarkan begitu saja, dampak lainnya yaitu bisa menyebabkan pembengkakan pada gusi, jaringan lunak, rahang, pipi, leher sampai pada gigi bermasalah lainnya. Bahkan bisa terjadi adanya infeksi karena kurangnya perhatian pada gigi bungsu Anda yang bermasalah. Penyebab dan efek samping gigi bungsu tumbuh yang perlu diperhatikan.

4. Timbul radang dan nanah

Jika infeksi tersebut semakin bertambah parah, maka efek lainnya yaitu akan menyebabkan timbul radang dan juga luka akibat infeksi akan menjadi nanah. Jika hal ini terjadi dan sangat parah segera periksakan kondisi gigi Anda untuk mendapat penanganan serius oleh dokter gigi. Tips dan cara mengobati sakit gigi bungsu yang patut Anda coba.

5. Akan berdampak pada gigi yang lain

Karena gigi bungsu Anda mempengaruhi pada kondisi gigi yang lain, maka tentu hal ini dapat memicu gejala seperti gigi berlubang, gigi sensitif akan ikut terasa. Akibatnya Anda akan merasakan sakit yang dirasa dua kali lipat akibat pengaruh gigi bungsu Anda. Berikut ini ciri gigi bungsu bermasalah dan cara mengatasinya.

Bahaya Gigi Bungsu Tidak Dicabut

Jika gigi bungsu Anda dibiarkan saja tanpa adanya penanganan dan tindak lanjut yang tepat, maka akan berdampak pada terjadinya masalah yang lebih parah seperti penyakit infeksi gigi dan juga gejala tumor gigi. Untuk mengetahui bahaya apa saja secara rinci, berikut penjelasannya :

1. Menyebabkan tumpukan bakteri dan plak pada gigi

Karena gigi bungsu Anda dibiarkan begitu saja, maka semakin lama akan berdampak pada timbunan bakteri dan juga timbulnya plak pada gigi Anda. Justru hal ini akan berakibat semakin menumpuknya penyakit gigi yang lain dan cukup berbahaya jika dibiarkan. Contoh penyebab gigi geraham bungsu tumbuh tidur dan cara mengobatinya.  

Sponsors Link

2. Menyebabkan karries gigi dan lubang gigi parah

Gigi bungsu Anda yang tumbuh dan tidak normak atau secara normal jika mengalami luka. Maka jika tidak diperhatikan dengan benar maka hal ini akan berakibat pada bahaya timbulnya gigi karies bahkan juga membahayakan jika sampai pada gigi yang berlubang. Salah satu ciri Gigi Geraham Bungsu Tumbuh Miring yang patut diwaspadai.

3. Membahayakan kesehatan gigi yang lain

Jika Anda menganggap sepele masalah gigi bungsu Anda, maka hal ini dapat menimbulkan bahaya lainnya yaitu kesehatan gigi yang lain ikut terganggu. Contohnya pada gigi molar dua, karena umunya posisi gigi geraham bungsu ini mendorong gigi molar dua. Sehingga, posisi yang tidak normal dari gigi geraham bungsu yang menghimpit gigi molar dua akan menyebabkan terjebaknya sisa makanan yang sulit untuk dibersihkan dan dapat menimbulkan risiko gigi molar dua menjadi berlubang. Inilah ciri gigi geraham bungsu tumbuh tidur penyebab dan cara mengatasi.

4. Menimbulkan penyakit lainnya

Akibat bahaya dari gigi bungsu yang tidak normal maka akan menimbulkan pada gejala penyakit lainnya seperti penyakit gusi bengkak, gusi luka, bahkan sampai pada timbulnya tumor gigi yang berakibat pada rusaknya struktur gigi dan jaringan syaraf lainnya. Contoh dan penyebab gigi geraham berlubang dan hitam dan cara mencegahnya. 

ads

5. Masalah bagi pemakai gigi behel atau gigi palsu

Bagi Anda yang menggunakan behel dan gigi palsu sudah pasti masalah yang timbuk dapat berakibat pada pengunaan keduanya. Jika tidak ditangani dengan tepat bisa jadi penggunaan cara tersebut dapat terhambat dan menjadi masalah baru pada kesehetan gigi Anda.  Berikut ini tanda-tanda gigi geraham bungsu tumbuh yang Perlu diketahui.

Biaya Pencabutan Gigi Bungsu

Untuk Anda yang saat ini sedang dan akan mau mencoba mencabut gigi bungsu, sebaiknya jangan ragu dan takut untuk berkonsultasi kepada dokter gigi Anda. Alangkah baiknya mengikuti tips berikut untuk meyakinkan diri sebelum memutuskan untuk dioperasi.

1. Cari referensi dokter gigi yang berpengalaman

Untuk Anda yang ingin melakukan tindakan operasi gigi bungsu sebaiknya Anda mencari sebanyak – banyaknya mengenai referensi dokter gigi yang berpengalaman. Supaya Anda tidak menjadi pasien korban Mall praktek, cari dokter yang memiliki jam terbang terbaik, memiliki nama baik, kalau bisa ada referensi surat resmi dari dokter gigi, dan usahakan beroperasi di rumah sakit yang memiliki akreditasi baik pula. Salah satu penyebab dan gejala dari gigi bungsu.

2. Cari tahu mengenai rincian penanganan medisnya

Jangan karena murah dan hemat Anda mengabaikan mengenai cara penanganan medis dokter gigi tersebut. Hal ini sangat berbahaya jika sampai terjadi hal yang tidak diinginkan, contoh proses operasi yang terlalu lama, dan juga ketelitian seorang dokter harus baik dan tepat. Jangan sampai Anda mengalami infeksi atau gangguan lain setelah operasi gigi bungsu. Berikut bahaya gigi geraham tumbuh miring yang harus diwaspadai.

3. Biaya operasi gigi bungsu

Beberapa referensi mengatakan biaya yang dibutuhkan dalam operasi gigi bungsu biasanya mencakup biaya , administrasi rumah sakit, biaya dokter gigi, obat – obatan seperti obat bius, obat antinyeri, obat antibiotik, obat anti bengkak , rongthen dan obat lainnya. Adapun biaya itu semuanya umumnya berkisar sekitar 500.00 – untuk masalah gigi tidak bermasalah, sekitar 1.500.00 – 4.000.000 menyesuaikan dengan kondisi gigi bungsu ( sejauh mana parah dan tingkat kesulitannya ). Salah satu cara mengobati sakit gigi belakang dengan cepat.

4. Proses Operasi

Setiap orang memiliki tingkat kesulitan yang berbeda pada saat melakukan operasi, jika Anda tidak memiliki keluhan berat dan masih ditahap normal hal ini bisa memakan waktu 15 – 30 menit masa operasi. Namun jika Anda memiliki masalah yang parah dan tidak normal bisa memakan waktu 1 – 2 jam. Jadi tidak salah jika berkonsultasi terlebih dahulu, bukan ?. Hal yang harus Anda hindari yaitu pantangan setelah operasi gigi bungsu.

Manfaat Gigi Bungsu Dicabut

Setelah Anda melakukan operasi gigi bungsu, maka alhasil Anda akan merasa lebih enak dan manfaat lain dari operasi tersebut. Berikut manfat yang bisa dirasakan :

1. Hilang rasa sakit dan nyeri

Setelah melakukan operasi gigi bungsu alhasil Anda akan merasakan gigi Anda terutama gigi bungsu akan tidak dirasa sakit dan nyeri lagi. Anda akan terbebas dari yang namanya rasa tidak nyaman dan tidak enak akibat gejala gigi bungsu yang dtimbulkan. Salah satu penyebab gigi geraham cepat berlubang dan cara mengatasinya.

2. Terbebas dari penyakit gigi lainnya

Karena gigi bungsu Anda sudah dicabut, alhasil Anda akan terbebas dari yang namanya masalah gigi lain. Jika Anda rajin merawat dan membersihkan gigi terutama dapat menghilangkan masalah gigi Anda. Inilah penyebab gigi geraham bungsu tumbuh tidur yang harus diperhatikan. 

Sponsors Link

3. Gigi Anda menjadi lebih sehat 

Proses operasi dan hasil yang diperoleh setelahnya, dan Anda rajin merawat gigi dengan baik dan teratur otomatis kesehatan gigi Anda akan jauh semakin terawat dan sehat. Jadi tidak terasa lagi dengan masalah gigi bungsu Anda yang mengganggu. Berikut cara mencabut gigi geraham yang sudah goyang yang benar dan ampuh.

3. Bebas untuk menggunakan behel dan gigi palsu

Jika masalah gigi bungsu Anda sudah teratasi te

ntu untuk menggunakan behel dan gigi palsu akan terasa nyaman dan sehat, karena tidak ada lagi gigi yang mengganggu masalah gigi Anda. Salah satu efek gigi geraham tumbuh dan cara mengatasinya.

4. Gusi akan sehat dan mulut sehat terawat

Karena masalah gigi bungsu Anda sudah teratasi, maka manfaat lain dari pencabutan gigi bungsu akan terasa gusi Anda menjadi sehat, dan rongga mulut terjaga lebih baik dan sehat pula. Terbebas dari luka, bengkak, radang, infeksi dan bau mulut tentunya.

Demikianlah penjelasan mengenai akibat gigi bungsu tidak dicabut beserta manfaat lainnya. Semoga bermanfaat dan jagalah kesehatan gigi Anda secara teratur.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini