Sponsors Link

Akibat Gigi Sensitif Tidak Diobati yang Harus Diwaspadai

Sponsors Link

Apabila anda pernah mengalami masalah gigi ngilu dan terasa nyut nyutan saat mengkonsumsi makanan atau minuman dingin dan panas, maka ini menjadi pertanda jika anda mengalami gigi sensitif. Meski terlihat sepele, namun sebenarnya kondisi ini tidak boleh diabaikan karena rasa ngilu karena gigi sensitif tidak bisa sembuh sendiri dan hanya akan bertambah parah jika akibat gigi sensitif tidak diobati secepatnya.

ads

Siapa yang Rentan Terhadap Gigi Sensitif?

Dari sebuah riset dibuktikan jika hampir 45% masyarakat Indonesia pernah mengalami masalah ngilu dan nyeri yang sangat menusuk ketika sedang makan atau minum dingin, manis, asam dan juga panas. Akan tetapi hampir setengah dari mereka tidak menyadari jika memiliki ciri ciri gigi sensitif sehingga juga tidak melakukan perawatan dengan memakai pasta gigi khusus gigi sensitif serta tidak diperiksakan ke dokter gigi hingga akibat gigi sensitif tidak diobati semakin berkelanjutan.

Gigi sensitif penyebab gigi ngilu tiba tiba bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Gigi yang pada awalnya tidak bermasalah bisa berubah menjadi sensitif ketika masuk ke usia tertentu. Biasanya masalah gigi sensitif mulai terjadi antara usia 20 hingga 50 tahun meski ada juga remaja dan lansia berusia di atas 70 tahun tidak memiliki masalah gigi sensitif. Selain itu, wanita juga lebih rentan mengalami masalah gigi sensitif jika dibandingkan dengan pria.

Penyebab Gigi Sensitif

Gigi sensitif terjadi pada saat lapisan dentin gigi sudah terekspos sehingga serabut saraf juga ikut terekspos. Beberapa hal yang bisa menyebabkan hal ini terjadi diantaranya adalah peradangan gusi, menyikat gigi terlalu keras, gigi retak akibat plak pada gigi, makanan asam, kebiasaan menggeretakkan gigi dan juga memakai produk pemutih gigi dengan bahan terlalu keras.

Kenapa Tidak Boleh Dibiarkan?

Gigi sensitif bisa menyebabkan rasa ngilu sekaligus nyeri setiap kali sedang makan atau minum sesuatu yang asam, manis, panas atau dingin. Apabila tidak segera diatasi, maka tentunya akan menghalangi anda dalam mengkonsumsi makanan dan minuman. Gigi sensitif yang dibiarkan dan tidak segera diobati juga bisa semakin parah yang kemudian menyebabkan nyeri berkepanjangan dan juga sensitivitas yang semakin tinggi.

Dalam tahap lanjut, gigi sensitif juga bisa terasa nyeri dan ngilu hanya dengan terkena hembusan angin saja. Gigi sensitif juga bisa menyebabkan komplikasi lain pada are mulut. Lubang yang tidak diatasi bisa menyebabkan infeksi gigi dan gusi dan rahang yang disertai rasa sakit, bengkak dan juga meningkatkan risiko menyebarnya infeksi ke area lain di kepala dan juga leher.

Cara Mengatasi Gigi Sensitif

Untuk mencegah hal tersebut, maka memeriksakan gigi ke dokter menjadi langkah terbaik yang bisa dilakukan. Selain itu, ada beberapa cara lain yang bisa anda lakukan agar terbebas dari gangguan pada gigi ini, seperti:

  1. Jangan Menyikat Gigi Terlalu Keras

Banyak orang yang menyikat gigi dengan kencang dan keras karena menganggap itu bisa menghilangkan semua plak pada gigi dan kotoran pada gigi. Namun sebenarnya, ini hanya akan merusak struktur lapisan gigi sekaligus mengendurkan gusi dan akhirnya akar serta saraf gigi tidak bisa tertutup dengan sempurna sehingga gigi ngilu dan sensitif bisa terjadi.

  1. Pakai Bulu Sikat Lembut

Bulu sikat gigi juga sangat penting untuk menjaga sensitivitas gigi. Sebaiknya jangan asal memilih sikat gigi yang murah, namun perhatikan bulu sikat yang halus agar tidak menyebabkan dampak buruk sikat gigi sembarangan. Ketika anda menggunakan bulu sikat gigi yang kasar, maka ini bisa mengendurkan gigi dan menyebabkan gigi terasa ngilu. 

Sponsors Link

  1. Pakai Pasta Gigi Sensitif

Pasta gigi yang biasa anda gunakan tidak bisa melindungi gigi sensitif dari rasa ngilu. Anda butuh pasta gigi khusus untuk gigi sensitif sehingga bisa bekerja lebih efektif untuk melindungi gigi, membantu mengatasi rasa ngilu sekaligus mencegah rasa ngilu tersebut datang kembali.

  1. Sikat Gigi Teratur

Untuk mencegah plak terbentuk pada gigi, maka menjaga kesehatan gigi dengan rutin harus dilakukan yakni dengan menyikat gigi sebanyak 2 kali sehari agar tujuan menyikat gigi bisa didapatkan. Pastikan juga teknik menyikat gigi yang anda gunakan sudah benar sehingga bisa membersihkan seluruh bagian gigi dan mulut. Sikat gigi anda secara lembut dan hati hati di sekitar garis gusi sehingga tidak menghilangkan jaringan pada gusi yang bisa membuat gigi bertambah sensitif.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi