Sponsors Link

Akibat Gigi Tidak Rata Lebih Dari Mengganggu Penampilan

Sponsors Link

Banyak orang yang beranggapan jika memiliki gigi yang tidak rata hanya bisa mengurangi penampilan seseorang. Akan tetapi, gigi tidak rata ternyata juga bisa mengganggu fungsi normal dari gigi anda. Untuk kondisi berat, gigi tidak rata juga bisa menyebabkan banyak masalah seperti sulit mengunyah makanan, bernapas tanpa menutup bibir, rahang asimetris, kelainan struktur gigi, sulit bicara dan bentuk wajah yang asimetris. Selain itu, akibat gigi tidak rata lainnya juga cukup banyak yang tentunya sangat mengganggu bagi penderitanya.

ads

Penyebab Gigi Tidak Rata

Gigi tidak rata umumnya bisa terjadi karena faktor keturunan seperti faktor anatomis dan berhubungan juga dengan faktor genetik. Penyebab gigi tidak tumbuh tidak rata pada anak dan bayi juga bisa terjadi karena bayi memakai dot terlalu lama atau kebiasaan menghisap ibu jari pada anak anak. Selain itu, ada beberapa faktor atau kebiasaan lain yang bisa menyebabkan gigi tidak rata seperti:

  • Tumor yang terjadi pada mulut atau rahang.
  • Cedera yang mengakibatkan susunan rahang tidak rata.
  • Perawatan gigi tidak baik dan tidak dilakukan dokter gigi atau tenaga profesional yang juga bisa menyebabkan jenis jenis penyakit gigi.
  • Rahang atas dan hidung tidak menyatu secara sempurna atau bibir sumbing.
  • Bakal gigi yang mengalami gangguan pertumbuhan atau impikasi yang biasa terjadi pada gigi bungsu.

Sebetulnya, struktur dari gigi dan juga rahang saling berkaitan dan ini yang membuat susunan dan bentuk gigi dari setiap orang akan berbeda beda. Akibat gigi tidak rata bisa mengubah susunan sekaligus fungsi normal dari katupan rahang yang terkadang juga bisa mengubah posisi sehingga mengganggu fungsi bernama maloklusi yang disebabkan karena bahaya gigi berantakan.

Maloklusi ini bisa terjadi ketika struktur baris antara gigi atas dan bawah tidak rapi, memiliki jarak tidak rapat atau saling menumpuk dimana susunan gigi rahang atas normal seharusnya lebih maju dari baris gigi bawah sehingga geraham atas dan bawah bisa menutup dengan sempurna.

Masalah karena Gigi Tidak Rata

Masalah yang sering terjadi akibat gigi tidak rata adalah mengurangi rasa percaya diri penderita. Namun ternyata, masalah gigi tidak rata ini juga bisa berdampak serius untuk kesehatan secara menyeluruh, seperti:

  • Tidak sempurna saat membersihkan gigi: Gigi tidak rata akan membuat pembersihan gigi juga tidak merata yang dalam jangka panjang bisa menyebabkan karang gigi dan meningkatkan risiko gigi berlubang, infeksi gigi, rusaknya lapisan gigi dan radang gusi.
  • Produksi suara aneh: Gigi yang tidak rata juga menyebabkan produksi suara dan juga pengucapan beberapa kata tertentu terdengar kurang jelas, kurang lazim dan sulit dilakukan.
  • Ketegangan otot rahang: Gigi tidak rata juga membuat otot otot rahang dan mulut menegang yang kemudian mengganggu kegiatan mengunyah makanan dan membuat proses penyerapan serta penyerapan nutrisi kurang sempurna.
  • Gigi patah: Gigi tidak rata yang hanya dibiarkan nantinya juga bisa meningkatkan risiko gigi patah. 
    Sponsors Link

Pencegahan dan Penanganan Gigi Tidak Rata

Gigi yang tidak rata biasanya mulai terjadi sejak anak anak sehingga langkah pencegahan gigi tidak rata harus dilakukan sedini mungkin. Beberapa pencegahan yang bisa dilakukan adalah menurunkan frekuensi pemakaian botol susu dengan dot agar perubahan abnormal bentuk rahang anak bisa dicegah. Deteksi dini maloklusi juga sangat membantu untuk mencegah gangguan gigi tidak rata yang biasanya disebabkan karena kebiasaan menghisap ibu jari.

Selain itu, dokter gigi juga biasanya akan melakukan pemeriksaan gigi serta foto rontgen panorama agar bisa melihat struktur gigi dan rahang dengan lebih jelas. Dokter gigi juga kemungkinan besar akan merapikan gigi dengan memasang kawat gigi yang mungkin akan membuat anak tidak nyaman ketika menggunakannya sebagai salah satu cara supaya gigi rata. Sedangkan untuk penanganan gigi tidak rata pada orang dewasa yang bisa dilakukan adalah: 

Sponsors Link

  • Memasang kawat gigi
  • Melakukan cara merapikan gigi secara alami
  • Mencabut gigi jika susunan gigi terlampau padat dan tidak rapi
  • Memasang alat penahan retainer atau posisi gigi yang bisa dilepas pasang
  • Tindakan operasi yang dilakukan jika rahang atas posisinya terlalu jauh melebihi rahang bawah atau overbite dan rahang bawah lebih maju dari rahang atas atau underbite.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini