11 Alasan Gigi Harus Dicabut yang Wajib Diketahui

Alasan gigi harus dicabut, bagi anda yang sudah memiliki masalah pada gigi dan memang harus dicabut karena sudah tidak ada penambalan gigi walaupun dengan Jenis Bahan Tambal Gigi yang bagus dan yang mahal. Gigi yang di cabut bukan karena gigi anda tidak terawat atau tidak mendapatkan perawatan. Akan tetapi ada beberapa alasan yang harus mereka ketahui bahwa ada hal penting terkait dengan alasan kenapa mereka harus mencabut gigi.

Karena dari berbagai macam alasan seperti perawatan di dokter gigi memerlukan biaya yang mahal dan juga hampir punahnya sosialisasi di masyarakat tentang pentingnya menjaga dan merawat gigi dari pihak yang bersangkutan. Sehingga para masyarakat juga meremehkan kesehatan gigi mereka.

Sehingga di dalam artikel ini kami akan memberikan beberapa pembahasan yang mengenai alasan tentang kenapa mereka harus mencabut gigi. Pencabutan gigi adalah tahapan dalam pengambilan gigi dengan menggunakan songket gigi pada bagian tulang. Sehingga cara ini menjadi alasan yang akan mempengaruhi keputusan semua orang mengapa gigi harus di cabut.

Alasan Gigi Harus Dicabut

1. Gigi Rusak

GIGI RUSAKBagi anda yang memiliki gigi dan gigi anda sudah mengalami rusak seperti lubang atau keropos yang bisa juga disebut dengan gigi rusak parah. Pencabutan gigi dengan masalah ini adalah hal yang sangat penting dan anda juga harus melakukan pemeriksaan ke dokter secara rutin jika gigi anda memang sudah rusak terutama jika memang gigi anda sudah rusak parah.

Pemeriksaan gigi yang harus anda lakukan memang harus rutin seperti enam bulan sekali anda harus mengunjungi dokter gigi dan berkonsultasi dengan dokter anda. Jika dalam pemeriksaan dan dokter gigi anda memeriksa kemudian mendapatkan gigi anda dalam keadaan yang berlubang atau gigi anda patah, maka dokter gigi anda akan memberi saran kepada anda untuk melakukan perawatan gigi agar gigi anda membaik dan bisa berfungsi dengan semestinya.

Perawatan yang di sarankan biasanya untuk melakukan penambalan gigi. Penambalan gigi juga memiliki harga yang beraneka ragam. Karena ada berbagai macam Jenis Bahan Tambal Gigi. Anda bisa menggunakan jenis tambalan yang sesuai dengan kantong anda dan juga tentunya dengan konsultasi kepada dokter anda secara detail.

Baca juga :

2. Gigi yang Berdesakan

Gigi yang BerdesakanAda beberapa orang yang mengalami gigi nya tidak tertata dengan rapi seperti halnya gigi saling berdesakan dengan gigi yang lainnya. Atau banyak juga yang bilang bahwa memiliki gigi ekstra.

Apa itu gigi ekstra? gigi ekstra adalah gigi yang tumbuh secara berlebihan sehingga di dalam mulut kurang memadahi tempat gigi dan gigi anda saling mendesak dengan gigi yang lainnya dan membuat gigi tidak rapi.

Sehingga dengan adanya gigi yang ekstra ini akan mempengaruhi gigi yang sudah di desak dengan gigi yang lainnya, dan kalau anda ingin merapihkan atau memperindah bentuk gigi anda, anda harus melakukan pencabutan gigi anda.

Karena kalau gigi ekstra ini sudah tidak memiliki cara lain, jika anda menggunakan behel juga harus dilakukan pencabutan karena bermasalah dengan tempat gigi bukan gigi nya. Baca juga : Cara Mengatasi Gigi Goyang

3. Perawatan Gigi

Perawatan GigiPerawatan gigi ada yang membahayakan juga bagi anda yaitu akan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh anda jika anda terlalu sering melakukan perawatan gigi. Terutama jika anda yang ingin melakukan kemoterapi maka anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter gigi anda.

Karena akan ada timbul masalah baru jika anda tidak berkonsultasi terlebih dahulu. Permasalahan yang ada yaitu kemoterapi yang anda lakukan akan bisa memicu terjadinya infeksi pada gigi anda.

Sehingga ketika anda melakukan kemoterapi, maka akan ada beberapa obat yang di dalam nya ada yang mengandung untuk melemahkan beberapa sistem kekebalan tubuh anda sehingga akan ada peluang yang meningkatnya infeksi yang akan terjadi pada tubuh anda.

Sehingga jika anda ingin melakukan kemoterapi maka segeralah datang ke dokter gigi anda agar gigi anda segera di cabut. Karena jika anda tidak segera mencabut gigi anda akan menimbulkan masalah yang tidak di inginkan maka cara mencabut ini adalah alasan yang sangat penting untuk mencegah penyakit baru.

Baca juga :

4. Behel Gigi

behel gigiBagi anda yang sudah menggunakan kawat gigi atau gigi yang berbehel, maka pencabutan gigi merupakan salah satu alasan kenapa gigi anda harus di cabut walaupun tidak mengalami masalah seperti lubang dan keropos.

Hal ini di lakukan pencabutan karena gigi yang di kawat merupakan perawatan gigi yang akan anda lakukan yaitu untuk memperbaiki bentuk gigi anda yang tidak rapi dan akan di bantu dengan kawat gigi sehingga dalam waktu beberapa lama gigi anda akan menjadi rapi dan indah.

Adanya beberapa cara untuk mengatur gigi yang memang bentuknya tidak teratur atau kurang baik sehingga akan ada beberapa gigi yang akan di cabut agar proses pemasangan kawat akan berjalan dengan lancar. Dengan adanya pencabutan sehingga akan memudahkan gigi anda yang tadinya berantakan menjadi bisa lebih rapi sehingga akan membuat anda percaya diri di depan semua teman – teman anda.

5. Gigi Geraham

gigi gerahamDengan adanya penumbuhan gigi geraham yang tidak sesuai dengan tempatnya sehingga akan mengganggu gigi yang lainnya atau seperti yang telah di jelaskan di atas yaitu gigi yang berdesakan.

Gigi geraham ini sering tumbuh pada anak – anak yang akan memasuki usia remaja sehingga gigi geraham yang ketiga ini akan tumbuh. Dari sekian banyak orang ada juga beberapa orang yang tumbuh nya gigi geraham ini mengganggu gigi yang lainnya.

Gigi geraham yang tumbuh tidak sesuai dengan tempatnya dan akan mengganggu gigi yang lainnya sehingga dokter akan memberikan saran untuk pencabutan gigi. Mengapa dokter menyarankan gigi harus dicabut? karena jika gigi geraham yang tumbuhnya salah dan mengganggu gigi yang lainnya nantinya akan membuat gusi anda iritasi dan akan menimbulkan sakit pada gusi anda.

Selain yang telah dijelaskan di atas maka di bawah ini ada beberapa Alasan Gigi Harus Dicabut :

  1. Infeksi Gigi
  2. Penyakit Periodontal
  3. Mengganggu Kesehatan Tubuh
  4. Penyakit Gusi
  5. Gangguan Pada Rahang
  6. Gangguan Sinus

Berikut adalah beberapa alasan yang wajib anda ketahui agar anda tidak mengalami masalah gigi yang terlalu serius. Selain itu pencabutan demi perbaikan gigi dan juga kesehatan mulut anda merupakan hal yang baik. Lebih baik memiliki gigi yang cukup dari pada gigi yang berlebihan. Semoga anda semua memiliki gigi dan mulut yang sehat.

Proses Pencabutan Gigi

Jika anda ragu dan takut karena pencabutan gigi yang sakit. Sebenarnya itu hanya perasaan anda saja karena perlu anda ketahi juga pencabutan gigi itu sama sekali tidak sakit karena gigi yang akan di cabut sudah di bius dengan dokter. Dan jika anda masih penasaran bagaimana cara pencabutan gigi? Karena memang pada dasarnya bahwa gigi permanen yang akan di cabut memerlukan tahapan serta proses yang rumit jika dibandingkan gigi susu pada anak.

Berikut ini tahapan nya:

  • Pemeriksaan gigi, memastikan gigi yang akan di cabut
  • Pembiusan lokal yaitu gigi anda yang akan di cabut sementara akan dilakukan pembiusan lokal. Pembiusan lokal dilakukan ± 5 menit, yaitu menunggu biusnya berfungsi.
  • Jika anda sudah merasa bibir anda tebal maka dokter akan menggoyangkan gigi anda agar mudah untuk di cabut.
  • Proses pencabutan di lakukan dengan cara di congkel dan ditarik.

Hal yang Dilakukan Setelah Pencabutan

Jika gigi anda sudah selesai dicabut maka anda juga akan harus hati hati dalam mengkonsumsi makanan. Karena gigi yang sudah dicabut juga memerlukan waktu beberapa hari untuk penyembuhan nya. Selama proses penyembuhan gigi yang telah di cabut maka anda harus memperhatikan hal di bawah ini :

  • Istirahat : Beristirahatlah dari beberapa aktivitas yang memerlukan tenaga, hal ini untuk mencegah terjadinya pendarahan pada gusi anda.
  • Minum Obat : Jika anda mengalami rasa nyeri yang timbul, maka anda segera meminum obat pereda nyeri dari dokter gigi anda.
  • Mengganti Kain Kasa : Mengganti kain kasa secara teratur setelah pencabutan.
  • Menyikat Gigi : Tetap menjaga kebersihan yaitu dengan menyikat gigi dan juga lidah anda secara teratur tentunya dengan hati hati dan perlahan.
  • Berkumur dengan Air Garam Hangat : Hal ini bisa anda lakukan untuk mencegah gusi bengkak, anda bisa melakukannya 24 jam setelah gigi anda di cabut.
  • Hati hati dalam mengkonsumsi makanan, jangan mengkonsumsi makanan yang keras dan padat.
  • Memakai Bantal yang Tinggi : Pada saat tidur usahakan menggunakan bantal yang lebih tinggi untuk mencegah terjadinya pendarahan pada gusi anda.
  • Menghindari Rokok.

Berikut adalah penjelasan secara detail Alasan Gigi Harus Dicabut yang bisa anda lakukan dan anda hindari, karena mencabut gigi bukanlah suatu tindakan yang menyenangkan. Maka taatilah peraturan yang harus anda taati demi kesehatan gigi dan mulut anda.