Mengenal Alat Dokter Gigi Secara Umum

Dear sobat pembaca semua.. jumpa lagi dengan penulis yang selalu membagikan wawasan serta informasi terbaru mengenai kesehatan gigi dan mulut beserta segala perawatannya, tentunya gigi dan mulut bukanlah organ tubuh yang sepele ya sobat mengingat peran utamanya sebagai pintu awal untuk memenuhi kebutuhan dasar kita sebagai manusia, yakni makan dan minum.

Jika bicara mengenai kesehatan gigi, tentunya tidak lepas dari salah satu cara untuk menjaga kesehatan gigi ya sobat, yakni periksa ke dokter gigi setiap 6 sd 8 bulan sekali walaupun sobat merasa gigi sobat sehat atau tidak terdapat masalah apapun. Sebab terdapat masalah gigi yang sobat tidak tahu jika tidak diperiksa langsung oleh ahlinya, misalnya masalah gummy smile yang mengganggu dan membuat senyum tampak tidak indah.

Nah sobat, selama ini mungkin diantara kita jarang sekali ke dokter gigi karena merasa repot atau takut dengan alat alatnya yang terkesan horor dan menakutkan atau takut alergi akibat bahan perawatan gigi, seolah akan membuat gigi menjadi sakit dan rasa tidak nyaman, tentunya tidak sedemikian menyeramkan ya sobat. Pada kesempatan kali ini penulis menguraikan secara detail, yakni agar sobat Mengenal Alat Dokter Gigi.

Tentunya tidak semuanya ya sobat, yakni secara umum sehingga sobat akan paham bahwa periksa terbaik adalah di dokter gigi sebab dokter gigi memiliki laat lengkap serta ilmu yang benar benar memadai dan memebrikan konsultasi lengkap seperti tips kesehatan gigi dan mulut untuk atlet, tidak seperti tukang gigi yang sering menimbulkan bahaya di kemudian hari serta alat alat yang digunakan tidak terjamin manfaat dan kebersihannya. yuk sobat simak selengkapnya.

1. Kaca Mulut

Alat pertama yang umum digunakan ialah kaca mulut, yakni yang berbentuk kaca dengan gagang seperti kaca kaca yang dipegang detektif di film film itu ya sobat, namun kaca ini sudah dibentuk dan di desain sedemikian rupa untuk dapat digunakan dengan nyaman di mulut pasien yang diperiksa. Kaca dapat melihat maslaah gigi dengan jelas misalnya masalah bercak putih gigi (fluorosis gigi). Kaca digunakan untuk beragam pemeriksaan berikut.

  • Melihat dan memperbesar permukaan gigi sehingga jika ada lubang, karies, dan masalah lain terlihat jauh lebih jelas.
  • Menahan lidah, pipi, dan bibir ketika melakukan pemeriksaan ke dalam mulut.
  • Mencari tahu adanya kelainan di seluruh wilayah gigi, gusi, dan lidah.
  • Melihat hasil tindakan, misalnya hasil tambalan gigi, kerapian behel gigi, dan sebagainya.

2. Dental Pinset

Yang kedua adalah pinset, secara umum bentuknya hampir sama dengan pinset pada umumnya ya sobat, yakni memiliki ujung yang lancip, mungkin diantara sobat ada yang pernah melihat atau memiliki pinset jerawat, kurang lebih hampir sama bentuknya. Namun tentunya berbeda sebab alat ini dibuat khusus untuk pemeriksaan gigi misalnya untuk mengeluarkan selilit gigi tanpa tusuk gigi. Dental pinset sendiri digunakan untuk pemeriksaan berikut.

  • Mengukur kedalaman karies gigi atau lubang gigi.
  • Memeriksa kerusakan atap pulpa gigi.
  • Mengetahui hasil kerapian tindakan, misalnya bagian pinggir telah sesuai atau belum.
  • Bagian tangkai digunakan untuk tes perkusi (tes untuk mengetahui tingkat nyeri gigi).

3. Sonde

Ialah alat yang berbentuk kecil dan memiliki ujung yang runcing, untuk alat ini, memang tidak ada benda lain yang menyerupai ya sobat, jika sobat pernah melakukan tindakan khusus mungkin pernah sekilas melihat alatnya. Agar sobat penasaran dengan bentuknya, dapat mencari secara mandi melalui search gambar di internet ya sobat.

Sonde digunakan untuk mendeteksi kerusakan pada email gigi, ujung runcingnya dapat mengetahui sensitifitas gigi terhadap sentuhan, serta dapat menjangkau debris (sisa makanan yang tertinggal jauh di dalam antara gigi dan gudi yang tidak bisa hilang dengan berkumur, sikat gigi, bahkan benang gigi).

4. Dental Excavator

Alat yang berbentuk menyerupai sendok dengan sudut yang tajam dimana bagian yang menyerupai sendok dapat membulat atau memanjang sesuai tindakan yang dilakukan. Untuk alat ini juga tidak ada yang menyerupai sobat sehingga penulis belum bisa menjelaskan secara langsung pada sobat, untuk mengetahui detailnya, sobat juga bisa mencarinya di internet ya..

Dental excavator digunakan untuk menghilangkan dentin yang lunak, debris atau sisa makanan yang telah penulis jelaskan sebelumnya, dan bagian bagian yang membusuk sehingga secara langsung menghilangkan penyebab utama pada masalah gigi atau masalah gusi pasien. Alat tersebut dapat menjadi alat yang tepat untuk menegakkan diagnosis penyakit yang tepat serta menentukan langkah pengobatan selanjutnya.

Alat dokter gigi lain diantaranya adalah :

  • Dental Rontgen, untuk melihat kelainan dan jaringan gigi bagian dalam.
  • Vitalitester, untuk mengetahui kondisi dan jaringan pulpa gigi.
  • Water Syringe, cairan khusus yang mampu mengangkat karies gigi dengan efektif.
  • Scaler, untuk membersihkan karang gigi secara menyeluruh.
  • Cavitron, untuk membersihkan karang gigi yang lebih parah yang masuk ke gigi bagian dalam atau sela antara gigi dan gusi.
  • Periodontal Probe, untuk mengukur kedalaman gusi sehingga diketahi gusi dalam keadaaan normal atau terdapat masalah seperti penyusutan gigi dsb.
  • Alat Injeksi, untuk proses anestesi atau bius dalam melakukan tindakan khusus yang beresiko menimbulkan rasa sakit sehingga selama tindakan pasien merasa jauh lebih nyaman dan bebas sakit.
  • Sarung tangan, topi, masker, untuk alat ini sobat tentu paham ya, yakni untuk melindungi dokter gigi dan pasien agar senantiasa steril.
  • Kapas Dental, untuk menyumbat darah pada kondisi tertentu misalnya perdarahan pada gusi dsb.
  • Meja dan Kursi Pasien, meja kursi khusus untuk pasien yang telah didesain sedemikian rupa sehingga pasien dapat duduk dengan nyaman dan dokter juga dapat melakukan tindakan dengan posisi yang tepat.

Alat alat yang digunakan dokter gigi sebenarnya masih banyak sobat, namun tentunya alat tersebut yang sobat wajib tahu dimana alat alat ini hanya dimiliki dokter gigi, jika sobat pergi ke tukang gigi, tidak akan menemukan alat tersebut, sebab itu sobat wajib berhati hati ya, wajib untuk memeriksakan gigi pada ahlinya demi kesehatan gigi yang baik di masa depan.

Demikian yang dapat penulis sampaikan, tiap ilmu kedokteran khusus seperti gigi, tentunya memiliki alat alat khusus yang memang diperlukan untuk mempermudah segala tindakan kesehatan yang dilakukan. Semoga bermanfaat untuk sobat pembaca semua dan tak perlu lagi untuk takut atau menunda periksa rutin ke dokter gigi untuk mencegah segala penyakit gigi ya sobat.. Terima Kasih. Salam.