Sponsors Link

Anak Umur 2 Tahun Susah Sikat Gigi – Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Apakah anda seorang Ibu yang mengalami kesulitan dalam mengajarkan sikat gigi pada anak? Anak umur 2 tahun pada umumnya sangat sulit diajarkan untuk menjaga kebersihan terutama yang berkaitan dengan urusan gigi. Belum tahu pentingnya kesehatan gigi membuat anak-anak ini selalu memiliki berbagai macam alasan ketika para orang tua menyuruh untuk menyikat gigi. Apa anda termasuk orang tua yang memiliki anak umur 2 tahun susah sikat gigi?

ads

Mengajarkan kebersihan kepada anak di usia dini merupakan salah satu investasi yang bisa dirasakan ketika anak anda dewasa nanti. Kebersihan gigi menjadi hal umum yang harus anda jaga ketika anak masih berusia sangat dini. Hal ini untuk menghindari terjadinya karies gigi yang terlalu parah bahkan bisa menyebabkan sakit gigi yang membuat anak tidak nyaman dan bahkan sangat rewel.

Lapisan enamel gigi susu pada anak yang terlalu tipis, membuat giginya sangat rentan terhadap kerusakan. Apalagi jika anak-anak sangat menyukai makanan dan minuman yang manis dan menyebabkan karies gigi pada anak usia balita dan perawatannya. Sudah dapat dipastikan jika gigi mereka akan mengalami kerusakan seperti karies, keropos, gigis, gigi yang hitam kecoklatan dan sebagainya. Apa penyebab anak umur 2 tahun susah sikat gigi? Dan bagaimana cara mengatasi agar anak mau sikat gigi secara rutin? Berikut penyebab anak umur 2 tahun susah sikat gigi beserta cara mengatasinya.

  1. Adanya Ketakutan Untuk Menyikat Gigi

Mungkin sebagian besar anak umur 2 tahun merasa takut jika giginya di sikat. Hal inilah yang membuat mereka begitu susah diajarkan untuk menyikat gigi di saat mandi ataupun saat menjelang tidur. Selain itu, rasa ketahutan tersebut akan semakin diperkuat jika mereka memiliki anggapan bahwa menyikat gigi itu sakit, menyikat gigi itu akan membuat gigi tanggal atau ompong, atau bahkan menyikat gigi itu akan menyebabkan gigi  berlubang berdarah dan gusi berdarah pada anak.

Anggapan-anggapan itulah yang mungkin sering dipikirkan oleh si anak sehingga mereka sangat susah untuk menyikat giginya. Sebagai orang tua yang tidak ingin melihat gigi anak sakit atau mengalami kerusakan yang terlalu parah tentu anda harus melakukan berbagai macam cara agar anak mau sikat gigi dengan baik. Minimal anda harus menerapkan sikat gigi pada anak 1 – 2 kali sehari sebagai cara mengatasi gigi gigis.

  1. Belum Mengerti Pentingnya Kebersihan Gigi

Umur 2 tahun merupakan usia yang masih cukup belia untuk mengerti tentang pentingnya menjaga kebersihkan gigi untuk menghindari penyakit mulut pada anak. Di umur tersebut umumnya anak-anak masih belum banyak mengerti tentang apa yang harus mereka lakukan agar gigi tetap terjaga bersih tanpa adanya kerusakan. Selain itu, kebanyakan dari mereka selalu melakukan berbagai cara agar gigi tidak di sikat saat mandi ataupun saat menjelang tidur malam.

Hal inilah yang menjadi tugas bagi para orang tua agar senantiasa membujuk si anak agar mau menggosok giginya minimal 1 – 2 kali sehari. Hal ini selain untuk menjaga kebersihan gigi anak juga meminimalisir terjadinya penyebab gigi anak tidak tumbuh.

Sponsors Link

Mungkin sebagian besar anak umur 2 tahun yang susah sikat gigi dikarenakan adanya rasa takut saat menyikat gigi dan juga mereka belum terlalu mengerti tentang pentingnya menjaga kesehatan gigi sedari dini. Nah, bagi para orang tua yang merasa kesulitan untuk mengajarkan sang buah hati menyikat gigi secara rutin. Berikut ada tips dan cara mengatasi anak umur 2 tahun susah sikat gigi dengan mudah tanpa harus memaksa mereka.

  • Gunakan Sikat Gigi Imut yang Disukai Anak-Anak

Jika selama ini anda merasa kesulitan untuk mengajarkan sikat gigi pada anak, maka cobalah untuk memilih atau menggunakan sikat-sikat imut yang disukai anak-anak. Saat ini sudah banyak sekali sikat gigi anak dengan bentuk yang imut. Bahkan di beberapa merek sikat gigi tertentu pun karakter tokoh kartun yang disukai anak-anak pun sengaja dibuat untuk mensiasati agar anak tertarik dan mau menyikat giginya secara rutin dengan cara menyikat gigi dengan benar. Cobalah ajak anak untuk memilih sikat gigi kesukaan mereka.

ads

  • Gunakan Pasta Gigi Anak dengan Rasa yang Mereka Sukai

Cara mengatasi anak umur 2 tahun susah sikat gigi berikutnya bisa anda akali dengan memilih dan menggunakan pasta gigi anak dengan rasa yang mereka sukai. Umumnya pasta gigi untuk anak dibuat dengan rasa yang beraneka ragam, mulai dari rasa buah-buahan, permen, cokelat, dan lain sebagainya. Anda bisa memilih salah satu rasa pasta gigi yang paling disukai anak. Hindari penggunaan pasta gigi berbahan Fluoride karena bisa saja anak menelannya saat menyikat gigi (baca juga: pasta gigi untuk ibu hamil).

  • Cobalah Menyikat Gigi Bersama-Sama

Kebanyakan anak kecil akan meniru apa yang dilakukan orang tuanya. Saat anda melakukan sikat gigi di pagi dan di malam hari sebelum tidur. Cobalah ajak anak untuk bersama-sama melihat dahulu apa yang sedang anda dan suami lakukan saat menyikat gigi. Setelah itu, cobahlah untuk ajak serta anak-anak menyikat gigi bersama-sama seperti apa yang sudah anda lakukan. Menyikat gigi secara rutin dapat menjadi cara mencegah bau mulut.

  • Bangun Suggesti Pada Anak

Biasanya suggesti yang ditanamkan pada diri anak akan melekat pada memory mereka. Anda bisa membangun suggesti seperti “gigi yang jarang di sikat akan menjadi sarang kuman-kuman jahat yang dapat memakan mereka. Kuman-kuman jahat tersebut akan menjadi monster gigi yang begitu seram di malam hari dan bisa mengganggu tidur mereka”. Buatlah anak ketakutan sehingga mereka mau membiasakan untuk menyikat gigi sebelum tidur. Baca juga: cara cabut gigi tradisional.

  • Tunjukan Gambar atau Video Cara Menyikat Gigi yang Menyenangkan

Cara agar anak umur 2 tahun mau sikat gigi dapat anda lakukan dengan menunjukan gambar atau video cara menyikat gigi yang menyenangkan. Anda bisa memutar video tersebut bersamaan dengan mengajarkan sikat gigi yang benar pada anak. Dengan begitu anak akan mudah dan tertarik untuk melakukan apa yng ada di video tersebut. Buatlah mereka semakin tertarik dengan kegiatan sikat gigi yang menyenangkan. Jika anda mengalami sariawan baca cara mengobati sariawan pada anak usia 2 tahun.

  • Bawa Ke Dokter Gigi

Untuk mengatasi anak susah sikat gigi cara terakhir yang bisa anda lakukan adalah mengajak ke dokter spesialis gigi. Biasanya anak-anak akan lebih mudah mendengarkan apa yang dikatakan dokter gigi mengenai pentingnya penyikat gigi setiap hari. Lakukan juga perawatan gigi secara berkala agar gigi anak tidak rentan mengalami sakit gigi atau bahkan mengalami gigi berlubang yang terlalu parah.

Baca juga:

Kini bagi anda para orang tua yang selama ini kebingungan melakukan cara agar anak mau menyikat gigi secara rutin. Maka penjelasan anak umur 2 tahun susah sikat gigi di atas dapat menjadi pengetahuan dan wawasan tambahan bagi anda para orang tua.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini