Anatomi Gigi Manusia yang Perlu Diketahui

Gigi manusia adalah organ tubuh yang merupakan bagian dari sistem pencernaan. Fungsi utama dari gigi adalah untuk mengolah atau menghancurkan makanan sebelum disalurkan ke organ pencernaan bawah. Gigi sangat penting keberadaannya bagi kehidupan manusia. Selain sebagai organ pencernaan, gigi juga seringkali dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari, misalnya untuk menyobek sesuatu atau memotong sesuatu. Ciri Gigi Sehat perlu didapatkan agar kegiatan sehari-hari berjalan lancar tanpa hambatan. Namun tidak banyak yang tahu mengenai anatomi gigi manusia. Berikut beberapa penjelasannya, termasuk Struktur Gigi dan Fungsinya.

Macam Gigi

Sebelum mengetahui anatomi gigi manusia secara lebih mendetail, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu jenis atau Macam Macam Gigi seperti di bawah ini.

  • Dentis insisivus atau gigi seri

Salah satu macam gigi adalah gigi seri atau yang dikenal juga dengan istilah dentis insisivus. Gigi seri ini memiliki satu akar. Fungsinya adalah untuk mengerat makanan dan memotong makanan. Bisa juga digunakan untuk memotong atau mengerat benda lainnya. Gigi ini berada di posisi paling depan. Posisinya tegak dan memiliki tepian yang tajam.

  • Dentis kaninus atau gigi taring

Macam gigi lainnya adalah gigi taring atau yang dikenal juga dengan istilah dentis kaninus. Gigi taring ini juga memiliki satu akar. Fungsinya adalah untuk mengoyak makanan dan benda lainnya. Gigi taring ini bentuknya tegak, namun ujungnya lebih runcing dan lebih tinggi daripada gigi seri.

  • Pramolar atau geraham depan

Gigi selanjutnya adalah gigi pramolar atau geraham depan. Sebenarnya ada beberapa jenis Gigi Geraham dan Fungsinya juga berbeda. Gigi geraham depan ini memiliki dua akar. Fungsinya adalah untuk menginyah makanan atau menggilas makanan. Bentuk gigi geraham depan lebih besar daripada gigi seri dan taring. Posisinya juga lebih rendah. Permukaannya lebih rata dan memiliki benjolan.

  • Molar atau geraham belakang

Setelah geraham depan, ada juga geraham belakang atau yang disebut sebagai molar. Gigi geraham belakang ini memiliki tiga akar gigi. Fungsi gigi molar adalah untuk menghancurkan makanan, melumat, sekaligus menghaluskannya. Gigi ini ukurannya juga lebih besar daripada gigi geraham depan. Gigi geraham inilah yang sering mengalami masalah Gigi Berlubang Besar karena fungsinya yang lebih berat dan posisinya yang sulit dibersihkan oleh sikat gigi.

Itulah beberapa jenis atau macam gigi manusia.

Anatomi Gigi

anatomi gigi manusia secara struktural dibedakan menjadi beberapa bagian, mulai dari bagian gig yang tampak dan bagian gigi yang tidak tampak atau terpendam di bawah gusi. Bagian yang tampak adalah mahkota gigi. Sedangkan yang terpendam adalah leher dan akar gigi. Berikut beberapa penjelasannya.

  • Mahkota gigi

Bagian yang nampak adalah bagian mahkota gigi atau yang juga disebut dengan korona. Bagian ini berada di atas gusi dan yang bertugas untuk menghaluskan makanan. Seperti yang dijelaskan di atas, setiap macam gigi memiliki bentuk mahkota gigi yang berbeda. Gigi seri lebih pipih jika dibandingkan dengan gigi geraham. Demikian juga dengan gigi taring yang mahkotanya memiliki bentuk yang lebih runcing dari gigi yang lain.

  • Leher gigi

Leher gigi atau kolum adalah bagian struktural dari gigi yang terpendam di gusi. Leher gigi adalah bagian yang berada di bawah mahkota gigi dan merupakan batas antara akar gigi dengan mahkota gigi. Bagian ini bisa jadi terekspose jika gusi mengalami penurunan.

  • Akar gigi

Bagian terakhir dari anatomi gigi manusia adalah akar gigi atau yang sering disebut sebagai radiks. Radiks adalah bagian terbawah dari gigi dan tertanam di rahang. Akar gigi juga menacap pada tulang rahang. Jumlah akar gigi berbeda pada setiap macam gigi. Seperti yang dijelaskan di atas, akar gigi berjumlah 1 hingga 3, tergantung dari jenis giginya.

Sementara itu, anatomi gigi manusia juga disusun dari lapisan-lapisan yang perlu diketahui, seperti berikut ini.

  • Email

Lapisan gigi yang paling luar adalah email gigi. Email adalah lapisan keras yang melapisi paremukaan gigi dan berada di bagian mahkota gigi. Email tersusun dari kalsium dan fungsinya adalah untuk melindungi bagian dalam dari struktur gigi.

  • Dentin

Bagian dari anatomi gigi lainnya adalah dentin. Dentin gigi adalah lapisan atau jaringan yang tersusun dari materiap zat kapur. Warna dentin adalah kekuningan. Lapisan dentin ini posisinya adalah setelah email gigi.

  • Pulpa

Bagian pulpa atau yang juga sering disebut sebagai rongga gigi, adalah bagian yang terisi dengan pembuluh darah dan serabut syaraf. Pembuluh darah berfungsi untuk memelihara seluruh bagian gigi. Sementara serabut syaraf berfungsi untuk mendeteksi tekanan, suhu (panas dan dingin), serta merangsang rasa sakit. Pembuluh darah dan serabut syaraf ini menjulur hingga ke akar gigi.

  • Semen

Bagian anatomi lainnya adalah semen. Semen adalah lapisan yang keras dan kuat yang melapisi akar gigi. Semen juga disebut sementrum. Lapisan ini ada pada akar gigi dan berbatasan langsung dengan tulang rahang. Rulang rahang iu sendiri adalah bagian tumbuhnya gigi.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai anatomi gigi manusia yang perlu diketahui sebagai penambah wawasan. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda.