Sponsors Link

Apa Itu Teeth Retainer?

Sponsors Link

Selain kawat gigi sebagai alat untuk merapikan gigi, penahan gigi atau teeth retailer adalah alat yang juga sama pentingnya dalam melakukan perawatan pemasangan kawat gigi. Retainer atau mudahnya disebut sebagai penahan gigi merupakan sebuah alat ortodontik yang mempunyai fungsi dan manfaat dalam membantu mengupayakan susunan gigi agar tetap rapi. Dengan menggunakan kawat gigilah upaya untuk membuat gigi menjadi lebih lurus bisa dilakukan. Selanjutnya jika kondisi gigi memang sudah membaik dan rapi tentu saja, penggunakan alat penahan gigi bisa dilakukan agar perubahan pada posisi gigi bisa diminimalisir.

ads

Kerapian gigi pun akan bisa didapatkan dalam jangka waktu lama. Sebagai tambahan, pahami juga cara menggunakan sikat gigi elektrik bagi pemakai kawat gigi untuk memaksimalkan kebersihan gigi. Jika anda bisa sabar menggunakan kawat gigi untuk memperoleh kondisi gigi yang lebih baik, maka tidak menjadi masalah. Namun perlu anda ketahui bahwasannya perubahan posisi gigi masih bisa terjadi apabila sering ditemukan sisa makanan yang selalu saja menyelinap di sela – sela gigi anda. Dalam proses memperbaiki posisi gigi, bagian penting seperti halnya gusi dan juga tulang rahang, tentu saja butuh yang namanya penyesuaian dalam jangka waktu yang tidak sebentar, bisa jadi berlangsung hingga berbulan – bulan.

Guna memaksimalkan proses perbaikan gigi tersebut, keberadaan penahan gigi mempunyai peran yang sangat penting dalam mencegah kondisi gigi agar tidak terjadi pergerakan yang membuat posisinya menjadi keluar dari tulang rahang. Sebagian orang banyak yang menggunakan penahan gigi permanen. Sampai saat ini jenis penahan gigi sendiri ada yang bisa dilepas pasang sehingga lebih fleksibel. Tetapi perlu diperhatikan bahwasannya dalam waktu 24 jam, sesuai ketentuan yang dianjurkan oleh dokter, pengguna harus tertib perihal waktu minimal pemakaian penahan gigi tersebut.

Tidak boleh kurang dari waktu yang telah ditentukan. Percayakan proses penanganannya hanya pada dokter yang ahli dan tidak boleh sembarangan. cara makan saat kawat gigi terasa kencang bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan. Jika penggunaan alat bantu kawat gigi dirasa sudah cukup lama an sudah membuat kondisi gigi anda menjadi lebih baik, silahkan untuk melakukan pencopotan kawat giginya ya. Tapi sangat disarankan langsung memakai alat penahan gigi, karena kemungkinan kondisi tulang rahang bisa membuatnya bergerak. Waspada gigi bergeser setelah proses pelepasan kawat gigi dilakukan. Karena pada bulan – bulan awal, sangat rawan terjadi hal tersebut. Dalam kasus ini pasti kebanyakan dokter akan memberikan saran kepada anda untuk mengenakan penahan gigi seperti yang sudah dijelaskan di atas tadi

Karena jika anda tidak berhati – hati, kemungkinan untuk mengenakan kawat gigi kembali bukanlah hal yang mustahil. Untuk urusan pengambilan keputusan pemasangan penahan gigi, anda percayakan saja kepada dokter. Ada yang sementara bahkan seumur hidup.

Cara Kerja Penahan Gigi (Retainer)

Dalam peranannya untuk memperbaiki kondisi gigi, penahan gigi dibuat mengikuti bagaimana kondisi dari gigi anda. Khusus penahan gigi yang sifatnya permanen, biasanya terdapat bahan berbentuk semen yang akan digunakan tepat di belakang gigi anda. Jika ternyata setelah melakukan pemasangan penahan gigi dirasa terdapat keluhan, sebaiknya anda segera hubungi dokter agar tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan seperti halnya infeksi. Poin terakhir, anda juga tidak boleh yang namanya malas membersihkan penahan gigi seperti halnya pada pemasangan kawat gigi. Untuk memaksimalkan kebersihannya, anda bisa memanfaatkan obat kumur ya agar terasa lebih segar.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup