Sponsors Link

Baguskah Sikat Gigi Elektrik Untuk Anak Anak, Simak Ulasannya

Sponsors Link

Sikat gigi elektrik dianggap lebih praktis dan mampu menjangkau sela-sela gigi dibandingkan sikat gigi manual. Tetapi menurut U.S Food and Drug Administration (FDA), sikat gigi elektrik bisa menimbulkan bahaya kesehatan.

ads

Menurut Shumaya Ali, dari bagian keamanan konsumen FDA, ada beberapa laporan mengenai bahaya sikat gigi elektrik, salah satunya adalah terlepasnya bagian-bagian sikat gigi sehingga malah melukai gigi, bahkan ada yang terlempar mengenai mata atau tersedak. manfaat sikat gigi elektrik untuk lansia bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

Badan pengawas obat dan makanan (FDA) di Amerika baru-baru ini memperingatkan konsumen akan bahaya penggunaan sikat gigi elektrik bermerek Spinbrush. Beberapa orang yang menggunakan sikat gigi tersebut melaporkan bagian sikat gigi terlepas dan merusak gigi. Bagian yang terlepas kemudian terlempar ke mata atau masuk ke tenggorokan.

“Sangat penting bagi konsumen agar tahu bagaimana menghindari risiko yang terkait dengan penggunaan sikat gigi elektrik. Kami mendapat laporan bahwa sikat gigi terputus saat digunakan dan masuk ke dalam mulut dengan kecepatan tinggi. Insiden ini menyebabkan gigi rusak dan dapat menyebabkan bahaya tersedak,” kata Shumaya Ali, petugas keamanan konsumen dari FDA.

Susan Runner, dokter gigi yang juga kepala cabang layanan gigi FDA, mengatakan meskipun sikat gigi elektrik ini dapat membantu menghilangkan plak dan mencegah pembusukan, tapi perangkat ini bisa berbahaya. Anak-anak yang menggunakan produk ini harus selalu diawasi. sikat gigi elektrik dan sikat gigi manual bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

Sikat gigi elektrik untuk anak-anak memang memiliki desain yang berbeda dan bagian kepalanya tidak dapat dilepas. Meskipun demikian, beberapa masalah akibat penggunaan sikat gigi elektrik untuk anak-anak ini juga telah banyak dilaporkan. Mulai dari bibir terluka, luka bakar akibat baterai, hingga bulu sikat yang terjatuh kemudian bersarang di amandel.

Pada bulan Mei 2011 lalu, FDA telah memperingatkan produsen sikat gigi elektrik bermerk Spinbrush, Church & Dwight Co. Inc, atas terjadinya kelalaian yang merugikan konsumen. Perusahaan kemudian telah melakukan tindakan sebagai berikut:

  • Menambahkan peringatan bahwa bulu sikat yang berubah warna menandakan waktunya untuk mengubah kepala sikat.
  • Mengumumkan pemberitahuan tentang keselamatan produk sikat gigi elektrik di iklan TV dan cetak.
  • Menambah label untuk mengingatkan konsumen bahwa kepala sikat gigi harus diganti setiap tiga bulan atau lebih cepat, terutama jika kepala sikat gigi sudah longgar.
  • Website perusahaan dengan alamat spinbrush.com juga menawarkan pengingat untuk mengubah kepala sikat gigi elektrik setiap tiga bulan, atau lebih cepat jika sudah rusak.

“Penggunaan yang sering, bagian yang longgar atau pemakaian yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan kepala sikat gigi, ausnya bagian-bagian kecil dari sikat gigi dan menimbulkan bahaya tersedak. Periksalah sikat jika ada bagian-bagian yang longgar sebelum digunakan,” demikian peringatan yang ditulis dalam situs perusahaan.

Beberapa studi menemukan bahwa menggunakan sikat gigi elektrik dapat meningkatkan jumlah bakteri dalam aliran darah, melebihi sikat gigi manual. Tentu saja, hal ini tidak akan menimbulkan risiko bagi orang-orang yang sehat dan memiliki kekebalan tubuh prima. Tapi, bisa meningkatkan kemungkinan risiko memperoleh infeksi berpotensi bahaya pada jantung untuk orang-orang yang memiliki kondisi jantung tertentu.

Sponsors Link

Demikian yang bisa penulis sampaikan mengenai baguskah sikat gigi elektrik untuk anak – anak. Semoga bisa membawa manfaat bagi anda semua. Kenali gejala dan gangguan yang terjadi pada gigi anda terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mencoba cara yang penulis. Jika keluhan masih berlanjut, segera hubungi dokter.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini