Sponsors Link

3 Bahan Tambalan Gigi Permanen – Fungsi – Kelebihan

Sponsors Link

Bahan tambalan gigi permanen selanjutnya adalah informasi yang masih berkaitan dengan apa saja jenis bahan tambal yang digunakan untuk menutup lubang gigi seorang manusia. Sebelumnya, sudahkah anda mengetahui apa perbedaan bahan tambalan gigi sementara dengan bahan tambalan gigi permanen? Tentunya bahan tambal gigi yang sementara masih bisa terlepas dan dilepas, sedangkan bahan tambalan gigi yang permanen tidak bisa lagi dilepas. Sifatnya permanen dan sebaiknya tidak anda lakukan dalam keadaan gigi masih sakit. Gigi yang sakit jika ditambal permanen akan menimbulkan bahaya.

ads

Bahaya tambal gigi permanen ini bahkan lebih dari efek tambal gigi sementara. Anda sebaiknya mengetahui bahwa bahaya tambal gigi permanen ini mungkin saja berkaitan dengan bahan dari tambalan gigi permanen yang digunakan. Sudahkah anda tahu apa saja bahan tersebut? Jika anda belum mengetahuinya, maka anda mungkin saja tidak juga mengetahui apakah bahan yang digunakan berbahaya atau dapat menimbulkan alergi pada diri anda. Jadi itulah alasan mengapa anda sangat disarankan untuk mengetahui jenis bahan tambalan yang digunakan untuk tambal gigi permanen. Jika anda ingin mengetahuinya, maka terus simak informasi menarik pada artikel berikut ini.

Bahan Bahan Tambalan Gigi Permanen untuk Diketahui

Anda sudah mengetahui bahwa ada bahan yang digunakan untuk menambal gigi permanen yang mungkin dapat menimbulkan alergi sebagai efek samping. Itulah mengapa anda disarankan untuk mengetahui apa saja jenis bahan tersebut sebelumnya. Walau jarang ada kasus di mana seseorang mengalami alergi setelah tambal gigi, namun tetap ada kasus dan kemungkinan yang mungkin menyebabkan kasus itu pun dapat menyerang anda.

Jadi bagi anda yang sudah penasaran kira kira apa saja jenis bahan tambal gigi yang digunakan setiap kali untuk menambal gigi, maka ketahuilah bahwa ada beberapa jenis bahan tambalan gigi permanen yang membedakan dari segi kualitas, harga, dan kebutuhan perawatan. Selamat mempelajarinya dan semoga sesuai untuk anda.

  1. Bahan Almagam

Anda perlu mengetahui bahwa jenis bahan tambalan yang paling sering ditanyakan untuk menambal gigi permanen adalah bahan jenis almagam ini. Diketahui bahwa jenis bahan tambalan gigi yang terbuat dari amalgam ini adalah bahan tambalan gigi yang mencampurkan logam dengan amalgam untuk menutup gigi berlubang. Artinya, ada dua jenis bahan yang akan masuk ke dalam gigi anda untuk menutup lubang tersebut.

Namun, yang jadi pertimbangan adalah adanya resiko kandungan merkuri di dalamnya. Memang tidak beresiko membahayakan gigi anda, namun ada resiko dapat membahayakan ginjal dan hati anda. Jadi pastikan anda selalu melakukan cara merawat gigi tambalan yang tepat untuk dapat mencegah gigi berlubang ini dan menghindarkan anda dari resiko penggunaan bahan almagam.

  1. Bahan Komposit

Jenis bahan tambalan gigi untuk permanen yang selanjutnya ini adalah yang paling sering digunakan, yaitu bahan tambalan komposit. Jenis bahan komposit ini diketahui terbuat dari campuran beberapa bahan yang dapat menutup lubang gigi dengan aman dan tidak diragukan lagi khasiatnya. Namun untuk informasi lebih lengkap lagi,  ketahui bahwa tamabalan gigi permanen dari bahan komposit terbuat dari bahan bahan berikut ini, yaitu kuarsa atau bubuk silika, ditambahkan juga dengan adonan resin untuk bahan dasarnya.

Sponsors Link

Dalam hal proses pemasangannya dan pengolahannya, diketahui bahwa proses penambalan gigi permanen jenis bahan komposit ini diawali dengan membuang sebagian gigi yang sudah mengalami kerusakan. Artinya akan dilakukan pembersihan agar bahan dapat dengan tepat menutup bagiannya. Biasanya digunakan juga esta asam dengan cara disiramkan untuk memastikan seluruh bagian gigi berlubang anda sudah bersih sebelum ditambal. Pada tahap yang terakhir ini dilakukanlah pemasangan bahan resin komposit pada gigi berlubang dan dilakukan pula penyinaran agar bahan tambalan ini menempel dengan sangat kuat.

  1. Bahan Porselen

Terakhir bahan untuk melakukan tambalan gigi permanen diketahui adalah jenis bahan porselen. Bahan porselen ini yang pasti menjadi perbedaan tambal gigi sementara dan permanen yang diketahui adalah bahan yang paling mahal, namun jenis ketahanannya adalah yang paling kuat dibandingkan bahan tambalan gigi untuk permanen lainnya. Dibutuhkan suatu upaya yang lebih agar pembersihan gigi porselen ini tidak membuat anda lebih kesulitan. Pastikan juga anda memiliki bahan yang cukup untuk memenuhi harga tambal gigi yang cukup mahal ini. Diketahui juga bahwa jenis bahan ini adalah yang paling kecil resikonya terkena alergi pada penderitanya. Jadi pastikanlah untuk mencobanya, jika memang bahan yang lain menimbulkan alergi pada diri anda.

Sponsors Link

Berikut tadi informasi mengenai apa saja yang dapat anda ketahui tentang jenis bahan bahan tambalan gigi permanen yang mungkin sedang atau akan anda gunakan. Jika beberapa bahan di atas ada yang anda ketahui dapat menimbulkan alergi pada diri anda, maka lebih baik anda segera mengatasinya. Hindarkan diri anda dari resiko alergi dengan memilih jenis bahan lainnya sebagai alternatif untuk tambal gigi.

Memang setiap bahan memiliki perbedaan harga dan perawatan, namun jika beresiko alergi memang tidak dapat anda abaikan dan anggap remeh. Lakukan berbagai upaya yang terbaik untuk membuat anda memiliki gigi yang sehat. Bahkan jika memungkinkan jangan sampai anda menderita gigi berlubang. Jika anda terlanjur menderita gigi berlubang, maka sebaiknya segera lakukan penanganan. Namun dengan catatan penanganan berupa tambal gigi harus anda lakukan dengan penuh perhitungan dan pertimbangan.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi