Sponsors Link

Bahan Tambalan Gigi Sementara – Jenis – Kelebihan

Sponsors Link

Bahan tambalan gigi sementara adalah jenis campuran yang digunakan untuk menutup kembali gigi berlubang secara sementara, sebelum ditutup secara permanen. Sebelumnya, tahukah anda apa fungsi tambalan gigi sementara ini? Tambal gigi sementara diketahui adalah jenis tambal gigi yang pasti harus dilakukan sebelum tambal gigi permanen.

ads

Hal ini sudah tidak asing lagi bagi banyak masyarakat, karena pasti semua yang ingin menambal giginya akan mengalami tambal gigi sementara dahulu. Walau lebih sederhana dari tambal gigi permanen, tetap saja tambal gigi sementara ini memiliki efek samping. Salah satu efek tambal gigi sementara diketahui berkaitan dengan alergi akibat bahan yang digunakan. Itulah mengapa anda perlu mengetahui apa jenis bahan tambalan gigi sementara ini dan ketahui apakaha menyebabkan alergi pada anda?

Makan makanan manis diketahui adalah salah satu penyebab gigi berlubang parah busuk yang paling sering ditemukan. Karena anak anak adalah penikmat utama makanan manis, maka gigi berlubang ini pun pasti akan menyerang banyak anak anak. Jadi anda yang memiliki anak, sangat disarankan untuk melakukan berbagai cara mencegah gigi berlubang pada anak dan juga tanggap dalam melakukan penanggulangan gigi berlubang pada anak anda. Salah satu penanggulangan tersebut adalah dengan menambal gigi. Tambal gigi sementara ini biasanya akan anda alami dan lebih baik agar tidak menimbulkan efek samping anda pelajari dari sekarang apa saja bahan yang digunakan.

Jenis Bahan Tambalan Gigi Sementara yang Biasa Digunakan

Sebelumnya, sudah dijelaskan apa manfaat yang akan anda dapatkan dengan mengetahui informasi mengenai bahan tambal gigi yang digunakan pada tambal gigi sementara. Yaitu anda dapat menurunkan resiko efek samping berupa alergi. Selain itu, informasi ini pun dapat membuat anda lebih berhati hati dan tidak mudah lagi mengabaikan pentingnya menjaga kesehatan gigi.

Pasalnya, anda tahu bahwa anda menggunakan tambal gigi yang terbuat dari bahan yang dapat lepas dan sangat disarankan untuk tidak membiarkan gigi anda kembali berlubang setelahnya. Jadi tidak menunggu lama lagi, berikut ini beberapa bahan yang pasti akan anda gunakan saat melakukan tambal gigi sementara.

  1. Bahan Zinc Oxide Phospate Cement

Bahan pertama yang pasti digunakan dalam campuran tambalan gigi adalah semen. Tahukah anda dari senyawa kimia apa semen terbuat? Ada jenis semen khusus yang digunakan untuk tambal gigi anda. Jenis bahan tambal gigi tersebut disebut zinc oxide phosphate ceme. Bahan ini memiliki sifat compressive strength yang begitu ampuh untuk menempel ke bagian gigi yang berlubang.

Ketahui bahwa bahan ini juga pasti digunakan pada tambal gigi permanen dan penting untuk anda ketahui apakah ada kemungkinan anda alergi pada bahan semen seperti ini. Jika iya, maka cobalah konsultasikan dengan dokter gigi anda terkait penanggulangan lain yang bisa menjadi alternatif untuk mengembalikan kesehatan gigi anda yang sudah berlubang. Selain semen, biasanya aka nada bahan lain yang melengkapinya. Ketahui bahan tersebut pada bagian di bawah ini.

Sponsors Link

  1. Bahan-bahan Tambalan Pelapis dan Basis

Bahan tambalan gigi sementara yang selanjutnya ini dikenal sebagai bahan pelapis dan basis. Bagian bahan yang tergolong tipis diketahui adalah bahan yang pasti akan diletakkan terakhir yaitu sejajar dengan permukaan cavita. Jadi bahan ini disebut pelapis, di mana keberadaannya memberikan perlindungan untuk cavita dalam melakukan fungsinya seperti semula dan tidak mengalami gangguan lagi karena sebelumnya berlubang. Lalu biasanya ada suatu bahan yang menjadi basis disebut dengan phosphape cement.

Bahan ini memiliki bentuk lapisan yang sangat tebal maka digunakan di bagian paling dalam gigi berlubang, dengan tujuan memungkinan dapat menggantikan dentin yang rusak, melindungi pulpa anda dari iritasi kimia, dan menangkal bakteri serta kotoran bermukim di dalam gigi berlubang kembali. Itulah mengapa anda harus selalu melakukan cara merawat gigi tambalan tetap kuat.

  1. Bahan perekat.

Bahan tambalan gigi terakhir ini merupakan bahan yang digunakan sebagai perekat. Bahan ini mampu memberikan kegunaan dari bahan yang sudah dicampurkan sebelumnya untuk menambal dapat menempel dengan sangat kuat di bagian pulpa gigi. Jenis bahan perekat ini biasanya adalah campuran dari semen juga yang dapat selalu menempel di pulpa sehingag karenanya dapat melindungi bagian dalam gigi yang berlumbang menjadi tidak mudah iritasi lagi. Selain itu, gigi anda pun akan kembali memiliki permukaan yang rata dan tidak lagi menjadi tempat masuknya sisa makanan yang menyebabkan gigi bau busuk.

Sponsors Link

Demikianlah tadi informasi mengenai apa saja bahan tambalan gigi sementara yang perlu anda ketahui. Informasi ini walau mungkin sudah dijelaskan sebelumnya apa fungsinya, anda mungkin saja menemukan manfaat lainnya nanti. Pastinya, informasi ini sangat dibutuhkan untuk anda ataupun keluarga anda. Khususnya bagi anda yang memiliki anak-anak yang sangat rentan dengan gigi berlubang.

Jadi bagaimana menurut anda? Apakah bahan bahan yang digunakan dalam tambal gigi sementara ini sudah cukup jelas? Tentu tidak akan ada bahan bahan yang membahayakan dan membuat gigi anda infeksi. Infeksi yang terjadi setelah tambal gigi biasanya murni terjadi karena kondisi gigi yang belum siapuntuk ditambal. Jadi selalu perhatikan kondisi gigi anda dan segera lakukan penanganan yang tepat dengan kehati-hatian mulai dari sekarang.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi