Sponsors Link

31 Bahaya Abses Gigi – Pengobatan dan Pencegahan

Sponsors Link

Perlu Anda ketahui penyakit dan masalah gigi sangat berbahaya terutama Anda yang mengalami abses gigi. Jika masalah ini dibiarkan begitu saja tanpa adanya pengobatan yang rutin dan tepat maka dapat menimbulkan pada masalah penyakit lainnya. Berikut ini penyeban abses gusi pada anak gejala, resiko dan pengobatan.

ads

Tentu hal ini haruslah dicegah sedari dini, masalah abses gigi muncul apabila kebersihan gigi tidak dirawat dengan baik. Abses gigi sendiri merupakan penyakit yang menimpa pada gigi akibat dari bakteri dan kuman yang menumpuk, lama kelamaan membentuk sebuah benjolan yang berisi nanah yang tentunya berdampak tidak sedap pada mulut. Salah satu masalah abses gusi gejala, penyebab dan cara mengobatinya.

Agar abses gigi tidak berlanjut pada tingkatan yang serius dan semakin parah, alangkah baiknya lakukan tindakan pengobatan. Apabila Anda belum terjangkit masalah ini, lebih baiknya untuk mencegah agar gejala tidak timbul sewaktu – waktu. Beberapa tanda kerusakan gigi penyebab, pencegahan dan cara mengatasinya.

Berikut ini akan dijelaskan mengenai beberapa bahaya, pengobatan dan juga pencegahan abses gigi untuk Anda :

Bahaya Abses Gigi Yang Timbul

Salah satu bahaya abses gigi yang dapat menimbulka kerusakan gigi lain yaitu Anda akan mengalami gigi goyang bahkan kehilangan gigi. Hal ini memang membutuhkan pengobatan dan tindakan agar abses tidak menjalar pada bagian yang lainnya. Berikut ini masalah gigi berlubang dan berdarah penyebab dan bahayanya.

Beberapa contoh berikut merupakan bahaya abses gigi yang harus Anda waspadai :

  1. Dapat memicu gejala sakit kepala hebat jika gejala abses gigi kambuh dan tidak ditangani dengan baik dan benar.
  2. Timbul pendarahan pada gigi, bahkan sampai pada keluarnya nanah. Dimana nanah tersebut akibat infeksi dan bakteri yang berkembang biang, hal ini dapat berimbas pada rasa sakit yang luar biasa.
  3. Menimbulan infeksi dan radang, sehingga akan membuat gigi, gusi, pipi, rahang Anda menjadi bengkak dan lebam.
  4. Infeksi kuman dapat menjalar pada bagian organ lain apabila tidak segera diobati dan dilakukan tindakan medis secara tepat.
  5. Dapat menyebabkan komplikasi penyakit lain seperti diabetes, tumor dan lainnya. Salah satu bahaya gigi bernanah penyebab dan pengobatannya.
  6. Menyebabkan bau mulut apabila nanah yang berada di benjolan pecah dan menjadikan rasa yang tidak enak di mulut.
  7. Menimbulkan kerusakan pada jaringan syaraf gigi apabila kondisi abses parah dan serius.

Pengobatan dari Bahaya Abses Gigi

Sebelum masalah abses gigi menjadi lebih parah, alangkah baiknya Anda segera berkonsultasi ke dokter ahli. Hal ini agar mendapat tindakan yang tepat karena bisa jadi dengan obat dan ramuan alami hal tersebut sudah tidak dapat diobati lagi. Masalah sakit gigi disertai sakit pada telinga penyebab dan pengobatannya.

Untuk mengetahui pengobatan apa sajay yang bisa dilakukan secara medis, berikut ini penjelasannya untuk Anda :

  • Dokter akan melakukan diagnosa mengenai kondisi gigi Anda sebelum melakukan tindakan medis berikutnya. Dengan melakukan pembersihan daerah sekitar abses gigi secara medis, hal ini supaya daerah gigi menjadi lebih steril dan bersih.
  • Pembuatan kanal pada akar gigi, dengan cara pengeboran pada bagian bawah gigi, kemudian dokter akan mengangkat jaringan lunak yang menjadi pusat infeksi yang meradang, dan selanjutnya mengeringkan abses. Cara ini merupakan salah satu cara yang dapat menghilangkan infeksi dan menyelamatkan gigi pasien.
  • Melakukan pengeringan pada bagian abses gigi, yaitu dengan cara membuat sayatan kecil pada benjolan abses gigi dan mengeluarkan cairan nanah dari dalamnya. Sehingga kondisi benjolan menjadi kempes dan kering. Berikut ini bahaya gigi berlubang berdarah yang perlu diketahui.
  • Dokter akan memberikan beberapa resep obat antibiotik agar kondisi luka dan bakteri dapat hilang dari abses gigi.
  • Dengan melakukan operasi kecil apabila kondisi gigi dan abses sudah sangat parah dan sulit untuk dilakukan pencabutan gigi.
  • Dengan cara melakukan pencabutan gigi yang terkena abses, tujuannya agar gigi lain tidak terkena dampak dari abses. Dan infeksi dapat dicegah lebih awal dan tidak menjalar pada bagian organ lainnya.

Pencegahan Bahaya Abses Gigi

Sebelum Anda mengalami gejala abses yang lebih serius dan semakin parah, alangkah baiknya melakukan tindakan pencegahan. Hal ini agar tidak menjalar pada bagian organ yang lain. Berikut dampak dan efek samping gigi berlubang jika tidak segera diobati.

Berikut ini cara pencegahan dan langkah – langkah agar abses gigi tidak menjadi parah dan semakin serius :

  • Merawat dan menjaga kebersihkan rongga mulut, gigi dan bagian sekitarnya. Dengan cara gosok gigi secara teratur minimal 3 kali dalam sehari, terutama sehabis makan dan minun dengan bahan yang lengket, seperti gula, perman, coklat, keju dan lain sebagainya.
  • Mengurangi makanan dan juga minuman yang manis dan lengket untuk mencegah gigi berlubang dan penimbuna plak pada gigi.
  • Mengganti sikat gigi setiap tiga atau empat bulan sekali atau ketika bulu sikat sudah rusak dan tidak mengembang. Hal ini agar kualitas sikat gigi lebih optimal membersihkan seluruh area gigi dan menghilangkan kuman.
  • Rajin berkumur dengan obat kumur anti septis, agar gigi tetap bersih dan kesehatan mulut terjaga dari kuman dan juga bakteri. Beberapa contoh obat antibiotik untuk abses gigi kandungan, fungsi dan efek sampingnya.
  • Lakukan sikat gigi dengan cara yang tepat dari arah gusi ke gigi dan gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride untuk membantu mencegah gigi berlubang, serta memiliki kandungan Microgranule yang mampu membersihkan gigi sampai pada sela-sela gigi dan kandungan Zinc Citrate yang melindungi gigi dari bakteri dan plak.
  • Lakukan pemeriksaan gigi pada dokter gigi paling tidak 6 bulan sekali. Hal ini agar kondisi Anda lebih terawat dan mendeteksi masalah gigi lebih awal.

Lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan ?. Semoga penjelasan mengenai bahaya abses gigi menjadi manfaat untuk Anda dalam memperhatikan kesehatan dan perawatan gigi agar menjadi lebih sehat dan juga bersih dari bakteri dan kuman.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini