Sponsors Link

Bahaya dan Risiko Gigi Berlubang Bagi Organ Tubuh

Sponsors Link

Salah satu jenis jenis penyakit gigi yang paling sering dialami adalah gigi berlubang. Hampir semua orang pernah mengalami masalah ini namun hanya dianggap hal sepele meski sebenarnya gigi berlubang yang tidak segera diatasi bisa berakibat sangat fatal bagi kesehatan. Gigi berlubang yang tidak segera mendapatkan penanganan nantinya bisa menimbulkan infeksi pada jaringan tubuh karena bakteri yang ada dalam gigi berlubang. Apabila infeksi sudah berkembang biak dalam jaringan, maka hanya tinggal menghitung waktu saja hingga beberapa organ dalam tubuh juga ikut terinfeksi. Lalu, apa saja sebenarnya bahaya dan risiko gigi berlubang yang patut anda waspadai?.

ads

Risiko Gigi Berlubang Pada Tubuh

Baik kesehatan gigi atau mulut sangat berhubungan dengan kesehatan tubuh menyeluruh begitu pun sebaliknya. Sebagai contoh, gigi taring berlubang bisa menyebabkan sakit gigi yang tentu sangat mengganggu aktivitas. Jika sakit gigi ini tidak diobati, maka penurunan berat badan juga terjadi sebab rasa sakit ketika mengunyah membuat penderita tidak ingin makan.

Selain itu, gigi berlubang nantinya juga bisa menyebabkan abses gigi yakni terjadinya kantong nanah di dalam gigi dan juga gusi. Sedangkan bahaya dan risiko gigi berlubang lainnya adalah sinusitis dan endokarditis. Endokarditis merupakan infeksi pada lapisan dalam ruang jantung dan katup jantung. Sedangkan sinusitis bisa terjadi ketika kuman yang ada pada gigi bungsu berlubang parah menyebar ke dalam rongga sinus dan akhirnya membuat infeksi sinus atau sinusitis tersebut.

Para ibu hamil juga harus lebih waspada karena bakteri yang nantinya masuk ke dalam aliran darah bisa menyebar ke seluruh tubuh termasuk ke dalam kandungan dan janin. Ini nantinya bisa meningkatkan risiko kelahiran bayi prematur karena pertumbuhan janin mengalami gangguan karena infeksi. Gangguan yang terjadi pada pertumbuhan janin ini juga bisa menyebabkan bayi terlahir dengan berat badan kurang.

Tidak hanya itu, namun masalah gigi berlubang tembus gusi juga bisa menyebabkan bahaya lain seperti:

  • Kerusakan tulang rahang: Ketika gigi berlubang tidak segera ditangani, maka infeksi semakin luas yang kemudian terjadi pada gusi dan akhirnya menyebabkan kerusakan tulang rahang.
  • Stroke: Infeksi yang terjadi karena gigi berlubang nantinya juga bisa meningkatkan stroke sebab aliran darah yang terhambat karena infeksi membuat darah tidak sampai ke otak dan akhirnya terjadi stroke iskemik.
  • Gingivitis: Gingivitis atau penyakit gusi bisa menyebabkan gejala nyeri dan peradangan pada gusi, pembengkakan gusi dan mudah berdarah yang terjadi karena efek samping dari gigi berlubang.
  • Infeksi pembuluh darah: Gigi berlubang juga bisa menyebabkan infeksi pembuluh darah karena bakteri, kuman dan kotoran dari gigi berlubang sudah masuk dan membuat pembuluh darah terinfeksi.

Pencegahan Gigi Berlubang

Meski cara mengobati gigi berlubang saat ini memiliki banyak pilihan, akan tetapi langkah pencegahan menjadi cara terbaik untuk menghindari bahaya dan risiko gigi berlubang. Ada beberapa langkah pencegahan gigi berlubang yang bisa anda lakukan, seperti: 

Sponsors Link

  1. Kunjungi Doker Gigi Dengan Teratur

Mengunjungi dokter gigi dengan teratur menjadi cara paling baik untuk mencegah masalah gigi seperti gigi berlubang. Melakukan konsultasi dengan ahli ini sangat penting agar bahaya dari gigi berlubang tidak sampai terjadi.

  1. Lakukan Diet Sehat

Gigi berlubang biasanya terjadi karena timbunan gula yang kemudian diubah menjadi asam oleh bakteri mulut yang juga bisa menyebabkan infeksi gigi. Untuk itu, lakukan diet sehat dengan cara membatasi asupan makanan dan minuman yang mengandung gula terlalu tinggi. Semakin sering anda minum atau makan makanan manis, maka akan semakin banyak asam yang dihasilkan bakteri kemudian menyebabkan gigi berlubang. 

Sponsors Link

  1. Teratur Menyikat Gigi

Cara pencegahan gigi berlubang yang satu ini sebenarnya sangat mudah dilakukan namun sayangnya sering diabaikan. Menyikat gigi dengan teratur sangat penting untuk membersihkan segala sisa makanan yang tersimpan di dalam gigi dan mulut anda. Pakai selalu pasta gigi yang mengandung flouride agar gigi berlubang bisa dicegah dan berguna untuk menjaga lapisan pelindung gigi sekaligus untuk mencegah gigi keropos pada orang dewasa dan anak anak.

  1. Minum Banyak Air

Tugas utama dari air liur adalah untuk mengalirkan flouride ke semua bagian gigi sehingga risiko gigi berlubang bisa diminimalisir. Untuk menjaga agar produksi air liur tetap normal, maka pastikan anda minum air putih dalam jumlah yang cukup setiap hari.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi