Sponsors Link

16 Bahaya Gigi Bengkak – Penyebab dan Cara Mengatasi

Sponsors Link

Betapa pentingnya gigi di dalam kehidupan kita sehari – hari. Karena gigi adalah salah satu organ yang di gunakan untuk mengunyah makanan yang dibutuhkan seluruh tubuh. Pentingnya gigi di dalam kehidupan sehari – hari membuat gigi seharusnya mendapat perhatian dan perawatan ekstra. Namun seringkali untuk menyikat gigi 2 kali sehari saja orang terburu – buru, malas, atau bahkan lupa. Oleh sebab itu hampir semua orang di dunia ini pernah mengalami sakit gigi dan mempunyai masalah dengan giginya.

ads

Apabila gigi sudah sakit dan bermasalah, barulah orang mulai sadar akan pentingnya menggosok gigi dan menjaga kebersihan rongga mulut. Banyak penyakit gigi yang sering dialami, antara lain gigi bengkak. Berikut ini merupakan beberapa bahaya gigi bengkak, penyebab, dan cara mengatasinya.

Bahaya Gigi Bengkak

  1. Dapat Mengganggu Aktifitas Hingga Harus Kehilangan Gigi

Gigi yang membengkak pasti akan menimbulkan rasa nyeri atau sakit yang tidak nyaman Hal ini tentunya akan mengganggu aktifitas sehari – hari. Selain rasa tak nyaman, nafaspun menjadi tak sedap karena adanya infeksi pada gigi. Bahaya lain sampai kepada harus kehilangan gigi atau gigi tanggal.

  1. Dapat Mengakibatkan Demam dan Bengkak Menyebar ke Wajah

Gigi yang infeksi, meradang apalagi sampai membengkak dan rasa nyeri yang sangat kuat jika dibiarkan akan menimbulkan demam hingga pembengkakan dapat menyebar ke seluruh wajah. Selain itu juga  bakteri dapat menyebar ke tulang rahang gigi dan area sinus dekat hidung pada pipi bagian depan.

  1. Dapat Mengganggu Perncernaan

Pada pencernaan sudah pasti terganggu. Hal ini dikarenakan rasa nyeri disaat mengunyah makanan, sehingga makanan yang masuk tidak terkunyah dengan sempurna yang mengakibatkan kerja pencernaan menjadi lebih berat. Dan tentu saja rasa nyeri dan sakit pada gigi akan mengakibatkan berkurangnya nafsu makan.

  1. Dapat Mengganggu Kesehatan Ibu dan Perkembangan Janin

Pada ibu hamil hendaknya melakukan perawatan gigi untuk ibu hamil dan bila terdapat masalah kesehatan gigi harus diatasi sejak awal. Karena adanya perubahan hormon seringkali banyak masalah gigi yang muncul. Jika sampai terjadi masalah gigi seperti gigi bengkak hal ini sangat berbahaya terhadap kesehatan ibu dan perkembangan janin didalam kandungan. Ibu menjadi terganggu kenyamanannya dan pada janin, hal ini dapat mengakibatkan keguguran atau bayi lahir dalam keadaan tidak normal.

  1. Dapat Menyebabkan Penyakit Jantung dan Strok

Bahaya lain dari gigi bernanah yang tidak segera diatasi yaitu bakteri yang terbawa oleh peredaran darah dapat mengakibatkan peradangan dari lapisan jantung, jantung otot, dan katup jantung (endocraditis). Selain itu dapat menyumbat pembuluh darah dan mengakibatkan strok.

  1. Dapat Menyebabkan Penyakit Paru

Selain jantung, bakteri yang terbawa oleh peredaran darah dapat mengakibatkan penyakit radang paru – paru (pneumonia).

Sponsors Link

  1. Dapat Menyebabkan Abses Otak

Salah satu bahaya gigi bengkak adalah, penyebaran infeksi hingga ke tulang rahang gigi (osteomyelitis of the jaw) dan dapat mengakibatkan abses otak.

  1. Dapat Mengakibatkan Komplikasi Serius

Komplikasi serius hingga kematian dapat terjadi jika kita tetap membiarkan gigi membengkak tanpa ada tindakan perawatan. Karena daya tahan tubuh yang sudah tidak mampu melawan bakteri yang sudah berkembang biak dan menyebar ke seluruh organ penting lainnya.

Setelah kita mengetahui bahaya gigi bengkak, maka sebaiknya kita kenali penyebab mengapa terjadi pembengkakan pada gigi. Berikut ini adalah beberapa penyebabnya.

ads

Penyebab Gigi Bengkak

  • Karena Timbunan Plak

Plak merupakan sumber utama dari penyakit gigi, seperti gingivitis dan karies gigi. Melakukan pembersihan gigi yang tidak sempurna akan meninggalkan sisa – sisa makanan yang membentuk plak. Plak yang semula lunak lambat laun akan mengeras dan menjadi penyebab karang gigi hitam.

  • Karena Terjadi Infeksi

Luka pada gigi yang disebabkan oleh karang gigi atau benda lainnya seperti sikat gigi dan tusuk gigi, dapat mengakibatkan infeksi. Jika dibiarkan infeksi ini akan mengakibatkan gigi bengkak hingga bernanah.

  • Karena Kehamilan

Pada ibu hamil masalah gigi sering terjadi. Salah satunya adalah gigi bengkak. Hal ini terjadi disebabkan karena perubahan hormon estrogen dan progesteron yang berpengaruh terhadap cairan servikular, serum, saliva dan gingiva.

  • Karena Kekurangan Vitamin

Kurangnya asupan nutrisi seperti vitamin C dan D dapat menyebabkan gigi bengkak. Selain itu banyak mengkonsumsi makanan yang manis dan kebiasaan buruk merokok juga dapat mengakibatkan kerusakan pada gigi hingga pembengkakan.

Cara Mengatasi Gigi Bengkak

  • Dengan Air Putih dan Air Garam

Untuk pertolongan pertama di rumah, anda dapat berkumur dengan air garam. Larutkan 1 sendok teh garam dengan segelas air hangat. Berkumurlah selama 1 menit dan lakukan 3-4 kali dalam sehari. Perbanyaklah minum air putih untuk menghilangkan sisa – sisa makanan dan merangsang bertambahnya air liur yang berfungsi sebagai anti septik alami.

  • Dengan Menghindari Terjadinya Iritasi

Iritasi bisa disebabkan dari pasta gigi, kawat gigi, obat – obatan, bahkan makanan sebagai reaksi alergi. Oleh sebab itu hindari hal – hal yang menyebabkan gigi teriritasi.

  • Dengan Menambah Konsumsi Nutrisi

Mengkonsumi vitamin C dan D sangat bagus untuk kesehatan gigi. Selain itu hindari makanan yang dapat merusak gigi dan makanan yang dapat merusak gigi anak. Gantilah dengan makanan yang menguatkan gigi dan makanan yang menyehatkan gigi.

Sponsors Link

  • Dengan Mengunjungi Dokter Gigi

Jika pembengkakan tak kunjung reda, segeralah mengunjungi dokter gigi. Dokter akan mengambil tindakan pembersihan plak seperti scalling atau root planning, dan tindakan lain yang dianggap perlu sesuai kondisi gigi. Anda dapat mengetehui lebih jauh tentang manfaat scaling gigi.

Bahaya gigi bengkak, penyebab dan cara mengatasinya yang telah dibahas diatas, semoga bermanfaat dan dapat membantu anda. Jangan biarkan gigi bengkak terjadi pada anda, segeralah mengunjungi dokter gigi dan selalu menjaga kebersihan gigi dan mulut. Karena gigi dan mulut sangat penting di dalam kehidupan sehari – hari.

Demikianlah antikel singkat ini kami sajikan, nantikan artikel – artikel  informatif kami lainnya hanya di Halogigi.com. Tetaplah menjaga kesehatan gigi dan mulut anda.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini