Sponsors Link

22 Bahaya Gigi Berdarah – Penyebab dan Pengobatannya

Sponsors Link

Gigi adalah bagian dari tubuh yang sangat penting. Setiap hari kita menggunakannya untuk mengunyah makanan yang menjadi sumber nutrisi tubuh. Apabila gigi mengalami masalah, dapat kita bayangkan bagaimana kita akan menyalurkan nutrisi kedalam tubuh kita? Oleh sebab itulah kesehatan gigi dan mulut merupakan hal yang sangat penting untuk selalu dijaga dan diberi perhatian ekstra.

ads

Apakah anda pernah mengalami gigi yang bermasalah? Seperti gigi berdarah? Hampir semua orang pernah mengalaminya. Hal ini tidak boleh diabaikan, karena gigi yang berdarah bisa merupakan gejala penyakit yang serius. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas bahaya gigi berdarah, penyebab dan cara mengatasinya.

Bahaya Gigi Berdarah

  1. Dapat Mengganggu Kenyamanan dan Aktifitas

Gigi yang berdarah pasti akan menimbulkan rasa nyeri atau sakit yang tidak nyaman Hal ini tentunya akan mengganggu aktifitas sehari – hari. Selain rasa tak nyaman, nafaspun menjadi tak sedap karena adanya infeksi pada gigi.

  1. Dapat Mengganggu Pencernaan dan Hilang Nafsu Makan

Pada pencernaan sudah pasti terganggu. Hal ini dikarenakan rasa nyeri disaat mengunyah makanan, sehingga makanan yang masuk tidak terkunyah dengan sempurna yang mengakibatkan kerja pencernaan menjadi lebih berat. Dan tentu saja rasa nyeri dan sakit pada gigi akan mengakibatkan berkurangnya nafsu makan.

  1. Dapat Menyebabkan Periodontitis

Periodontitis adalah infeksi dan radang pada gusi. Apabila gigi berdarah tidak segera diatasi maka akan semakin parah sehingga infeksi dapat menyebat hingga tulang rahang, dan jaringan penghubung antara gigi dan gusi.

  1. Dapat Menyebabkan Gigi Tanggal

Bahaya lain dari gigi berdarah adalah, dapat mengakibatkan kesehatan tulang gusi terganggu. Hal ini akan berdampak pada kehilanggan gigi aatau gigi tanggal. Simak bahaya gigi ompong.

  1. Dapat Mengganggu Kenyamanan Pada Ibu Hamil dan Pertumbuhan Pada Janin

Pada ibu hamil masalah kesehatan gigi harus diatasi sejak awal kehamilan. Karena adanya perubahan hormon seringkali banyak masalah gigi yang muncul. Jika sampai terjadi masalah gigi seperti gigi berdarah, hal ini sangat berbahaya terhadap kesehatan ibu dan perkembangan janin didalam kandungan. Ibu menjadi terganggu kenyamanannya dan pada janin, hal ini dapat mengakibatkan keguguran dan bayi lahir dalam keadaan tidak normal. Anda dapat mlihat informasi karies gigi pada ibu hamil.

  1. Dapat Megakibatkan Penyakit Lebih Parah

Bahaya gigi berdarah jika dibiarkan dan tidak segera di tangani oleh dokter , maka akan berdampak lebih parah. Misalnya pada penderita diabetes dan demam berdarah.

Sponsors Link

  1. Dapat Merupakan Pertanda Penyakit Leukemia

Gigi berdarah jika dibiarkan dapat merupakan pertanda adanya penyakit Leukemia. Infiltrasi gingival oleh sel – sel leukemia dapat menyebabkan pendarahan.

  1. Dapat Merupakan Pertanda Penyakit Trombositopenia

Salah satu bahaya gigi berdarah jika dibiarkan, dapat menjadi penyebab adanya penyakit trombositopenia. Penyakit Trombositopenia adalah penyakit yang disebabkan oleh kekurangan traombosit di dalam darah. Penyakit ini dapat menyebabkan pendarahan jaringan gusi dan pembekuan darah.

ads

  1. Dapat Merupakan Pertanda Penyakit Hemofilia

Bahaya gigi berdarah jika dibiarkan akan sangat fatal, karena bisa jadi merupakan pertanda penyakit hemofilia. Penderita hemofilia sering mengalami pendarahan, hal ini disebabkan darah tidak dapat membeku dengan normal. Hemofilia merupakan salah satu penyakit keturunan akibat kerusakan kromosom X di dalam tubuh. Hemofilia dapat merusak persendian organ dan jaringan lunak.

  1. Dapat Merupakan Pertanda Penyakit HIV

Membiarkan gigi yang sering berdarah tanpa penanganan dokter gigi akan berdampak buruk. Hal ini disebabkan gigi yang sering berdarah bisa jadi merupakan pertanda penyakit berbahaya seperti HIV. Karena berdasarkan penelitian, penderita HIV positif  90 % setidaknya mengalami gangguan oral termasuk gigi berdarah.

Setelah kita mengetahui bahaya gigi bergarah yang sangat banyak, alangkah baiknya kita juga mengetahui apa penyebab dari gigi yang berdarah. Berikut beberapa penyebabnya.

Penyebab Gigi Berdarah

  • Plak dan Karang Gigi

Plak merupakan sumber utama dari penyakit gigi, seperti gingivitis dan karies gigi. Melakukan pembersihan gigi yang tidak sempurna akan meninggalkan sisa – sisa makanan yang membentuk plak. Plak yang semula lunak lambat laun akan mengeras dan menjadi penyebab karang gigi hitam.

  • Luka dari Benda Luar

Luka pada gigi yang disebabkan oleh benda luar seperti gigi palsu, kawat gigi, sikat gigi dan penggunaan tusuk gigi.

  • Kekurangan Nutrisi dan Kebiasaan Buruk

Kurangnya asupan nutrisi seperti vitamin C dan D dapat menyebabkan gigi berdarah. Selain itu banyak mengkonsumsi makanan yang manis dan kebiasaan buruk merokok juga dapat mengakibatkan kerusakan pada gigi.

  • Trauma Gigi

Trauma gigi misalnya disebabkan karena jatuh atau kecelakaan dan benturan keras yang mengenai gigi. Menyebabkan gigi patah atau tanggal.

  • Iritasi Kimia

Misalnya pemakaian zat – zat pada prosedur perawatan saluran akar gigi (perawatan endodontik) dapat bersifat toksik. Hal ini dapat menyebabkan peradangan pada jaringan pulpa gigi.

  • Hormon yang Tidak Stabil dan Stress

Pada ibu hamil masalah gigi sering terjadi. Salah satunya adalah gigi berdarah. Hal ini terjadi disebabkan karena perubahan hormon estrogen dan progesteron yang berpengaruh terhadap cairan servikular, serum, saliva dan gingiva. Informasi terkait dapat anda baca perawatan gigi untuk ibu hamil.

  • Kelainan Darah

Beberapa kelainan darah juga dapat menjadi penyebab gigi berdarah. Seperti leukemia, hemophilia. Trtombositopenia, diabetes, HIV, dan demam berdarah.

Sponsors Link

Cara Mengatasi Gigi Berdarah

  • Berkumur Air Garam dan Perbanyak Minum Air Putih

Gunakan kain kasa dan es batu untuk menghentikan pendarahan. Kemudian berkumurlah dengan air garam selama 1 menit, dan lakukan 3 – 4 kali dalam sehari. Perbanyaklah minum air putih untuk merangsang produksi air liur yang berguna sebagai anti septik alami.

  • Merawat Gigi Dengan Baik dan Benar

Pentingnya menggosok gigi dan cara menyikat gigi dengan benar adalah langkah awal mengatasi gigi berdarah. Selain itu pilihlah sikat gigi yang lembut agar dapat menjangkau sela – sela gigi dan tidak melukai sisi gigi dan gusi.

  • Memperbaiki Asupan Nutrisi dan hindari Makanan Manis

Memperbaiki asupan nutrisi seperti makanan yang kaya akan Vitamin C dan D.  Selain itu hindari makanan yang manis, konsumsilah makanan yang menguatkan gigi dan makanan yang menyehatkan gigi.

  • Hindari Kebiasaan – kebiasaan Buruk

Hindari kebiasaan buruk seperti menggunakan tusuk gigi, merokok, minum minuman beralkohol, dan menggunakan obat – obatan terlarang.

  • Mengunjungi Dokter Gigi

Segeralah mengunjung dokter gigi untuk mendapatkan perawatan dan tindakan yang cepat dan tepat. Selain itu rutin memeriksakan gigi minimal 6 bulan sekali adalah langkah yang tepat dalam menjaga gigi tetap sehat.

Bahaya gigi berdarah, penyebab, dan cara mengatasinya yang telah kami sajikan pada artikel ini, semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi para pembaca. Nantikanlah artikel – artikel informatif kami lainnya hanya di Halogigi.com. Tetaplah menjaga kesehatan gigi dan mulut anda.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi