Sponsors Link

6 Bahaya Gigi Berlubang Berdarah yang Perlu Diketahui

Sponsors Link

Kondisi darah yang keluar pada gigi berlubang bisa terjadi pada siapa saja. Keadaan ini dapat dipicu oleh bakteri yang ada pada gigi berlubang sudah berada dalam jumlah yang banyak sehingga pertumbuhan bakteri dapat menghasilkan racun. Racun yang ada di bakteri tersebut mampu menyerang pembuluh darah dan saraf pada gigi.

ads

Jika kondisi pembuluh darah dan saraf pada gigi sudah mengalami kerusakan yang parah maka akan menimbulkan berbagai risiko penyakit lain tidak hanya pada gigi dan mulut anda saja. Ada beberapa bahaya gigi berlubang berdarah yang bisa anda alami saat penyebab keluar darah pada gigi berlubang terjadi. Informasi dan keterangan mengenai bahaya gigi berlubang berdarah akan dijelaskan halogigi lebih lanjut.

1. Terganggunya Saluran Akar Gigi

Bahaya gigi berlubang berdarah menunjukan bahwa saluran pada akar gigi terganggu. Adanya interaksi antara bakteri yang terdapat di saluran akar yang terinfeksi dengan sistem pertahanan yang dilakukan oleh tubuh. Saluran akar gigi pada gigi berlubang cenderung lebih terbuka sehingga bakteri lebih mudah masuk ke saluran akar sehingga menginfeksi jaringan yang ada pada gigi berlubang anda. Jika ini terjadi pada anda, perawatan sekali ke dokter gigi saja tidak cukup. Untuk itu anda perlu melakukan tindakan cara tambal gigi berlubang sendiri maupun pembersihan gigi berlubang anda agar tidak menjadi penyebab keluar darah pada gigi berlubang anda.

2. Tanda Nanah Pada Gigi Berlubang

Nanah pada gigi berlubang bisa terjadi karena gigi berlubang tidak segera anda tangani. Pembentukan nanah pada gigi berlubang bisa saja terjadi karena gigi berlubang mengalami abses sehingga menunjukan benjolan berupa nanah. Nanah pada gigi berlubang akan menginfeksi bagian gigi lainnya yaitu gusi. Nanah pada gigi berlubang muncul akibat adanya penumpukan darah yang keluar pada gigi berlubang. Perawatan ekstra perlu dilakukan apabila nanah sudah mucul pada gigi berlubang. Jika dibiarkan maka nanah bisa mengalami penyebaran infeksi pada gigi anda lainnya

3. Kista Pada Gigi Berlubang

Pembentukan kista pada gigi manusia bisa terjadi pada saat kondisi imun sedang buruk. Jika kondisi imunitas anda tidak terjaga maka kecenderungan kista akan tumbuh pada gigi anda. Jenis kista pada gigi bermacam-macam yaitu kista odontogenik dan kista non odontogenik. Jenis kita odontogenik adalah kista yang ada dari sisa organ pembentukan gigi. Kista periapikal, kista residual dan kista erupsi termasuk dalam jenis ini. Sedangkan kista non odontogenik adalah kista yang muncul bukan dari organ pembentuk gigi. Jenis kista non odontogenik adalah kista nasopalatindal dan kista salivary.

Namun jenis kista yang biasa tumbuh pada gigi berlubang adalah jenis kista periapikal. Kista sendiri berupa kumpulan cairan darah yang ada pada kista, sehingga saat gigi berlubang anda keluar darah maka perlu diperhatikan keadaan selanjutnya apakah kemungkinan bisa menjadi kista.

4. Kebersihan Gigi Terganggu

Munculnya darah pada gigi berlubang pastinya akan menganggu kebersihan gigi anda. Terlebih lagi tidak hanya bakteri yang tumbuh pada gigi berlubang anda. Darah yang keluar pada gigi berlubang bisa menjadi agen penyebar bakteri untuk tumbuh di area gigi yang lainnya. Oleh karena itu saat gigi berlubang anda keluar darah, pastikan segera membersihkannya dengan berkumur terlebih dahulu agar tidak melukai gigi berlubang berdarah anda. Jika kondisi gigi berlubang sudah tidak mengalami pendarahan maka anda bisa melakukan kegiatan menggosok gigi agar kebersihan gigi berlubang tetap terjaga.

Sponsors Link

5. Kesulitan Makan Dan Minum

Aktivitas makan dan minum anda pasti akan terganggu jika mengalami penyebab keluarnya darah pada gigi berlubang. Pengaruh darah akan bercampur dengan makanan dan minuman yang anda santap pastinya membuat selera makan anda berkurang. Padahal kita mengetahui bahwa kebutuhan makan dan minum setiap orang harus terpenuhi. Oleh karena itu penyebab keluar darah pada gigi berlubang bisa berbahaya.

6. Radang Pada Gusi

Peradangan pada gusi bisa saja terjadi jika anda mengalami bahaya gigi berlubang berdarah. Peradangan pada gusi terjadi akibat bakteri yang tumbuh pada gigi berlubang menyebar ke area gusi. Penyebaran ruang tumbuh bakteri pada gusi bisa menyebabkan radang pada gusi karena bentuk respon gusi akibat ada benda asing yang masuk ke dalam gusi. Jika anda ingin mencegah hal ini tidak terjadi perlu dilakukan pembersihan area gusi yang mengalami peradangan atau meminum obat di apotik jika gusi mengalami rasa ngilu sebagai upaya pencegahan sementara.

Bahaya gigi berlubang berdarah perlu segera ditangai oleh dokter ahli gigi anda dengan segera. Tindakan ini berguna mencegah kerusakan gigi berlubang lebih parah dan bisa menambah masalah mulut dan gigi lainnya. Sebelum anda pergi ke dokter gigi untuk melakukan cek perawatan terlebih dahulu, sebaiknya anda perlu mengetahui penyebab keluar darah pada gigi berlubang dan gigi berdarah saat bangun tidur agar anda lebih memahami tentang bahaya gigi berlubang berdarah lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini