Sponsors Link

20 Bahaya Gigi Bernanah – Penyebab dan Pengobatannya

Sponsors Link

Gigi merupakan bagian organ yang sangat penting di dalam kehidupan kita, namun sering kali kebersihan dan perawatannya terabaikan. Setelah terjadi kerusakan pada gigi, merasakan nyeri dan tidak nyaman, barulah orang sadar akan pentingnya menjaga kebersihan gigi dan area sekitarnya. Gigi yang sudah mengalami kerusakan jika dibiarkan akan sangat berbahaya, seperti terjadi infeksi dan bernanah.

ads

Nanah (pus) dapat terlihat pada celah – celah gigi atau berkumpul dan tersimpan di dalam gusi mengakibatkan pembengkakan (abses). Nanah terbentuk karena adanya perlawanan sel darah putih terhadap bakteri yang menyerang gigi. Berikut ini Halogigi akan membahas tentang bahaya gigi bernanah, penyebab, dan cara mengatasinya.

Bahaya Gigi Bernanah

  1. Merasa Nyeri dan Tidak Nyaman

Gigi yang bernanah pasti akan menimbulkan rasa nyeri atau sakit yang tidak nyaman Hal ini tentunya akan mengganggu aktifitas sehari – hari.

  1. Menimbulkan Nafas Tak Sedap dan Gigi Tanggal

Selain rasa tak nyaman, nafaspun menjadi tak sedap karena adanya infeksi pada gigi. Bahaya lain sampai kepada harus kehilangan gigi atau gigi tanggal, jika memang gigi sudah tidak bisa di pertahankan lagi.

  1. Menyebabkan Pembengkakan Pada Wajah

Gigi yang infeksi seperti infeksi gigi geraham bawah, meradang apalagi di sertai nanah, selain menimbulkan rasa nyeri yang sangat kuat jika dibiarkan akan menimbulkan bengkak yang dapat menyebar ke seluruh wajah.

  1. Menyebabkan Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Apabila terus dibiarkan bahaya gigi bernanah akan sampai kepada demam tinggi dan adanya pembengkakan kelenjar getah bening.

  1. Dapat Menyebar ke Tulang Rahang Gigi dan Area Sinus

Selain itu juga  bakteri dapat menyebar ke tulang rahang gigi dan area sinus dekat hidung pada pipi bagian depan.

  1. Mengakibatkan Penyakit Jantung

Bahaya lain dari gigi bernanah yang tidak segera diatasi yaitu bakteri yang terbawa oleh peredaran darah dapat mengakibatkan peradangan dari lapisan jantung, jantung otot, dan katup jantung (endocraditis). Selain itu dapat menyumbat pembuluh darah dan mengakibatkan strok.

  1. Mengakibatkan Radang Paru

Selain jantung, bakteri yang terbawa oleh peredaran darah dapat mengakibatkan penyakit radang paru – paru (pneumonia).

  1. Mengganggu Perkembagan Janin

Pada ibu hamil masalah kesehatan gigi harus diatasi sejak awal. Karena adanya perubahan hormon seringkali banyak masalah gigi yang muncul. Jika sampai terjadi gigi bernanah hal ini sangat berbahaya terhadap perkembangan janin didalam kandungan. Hal ini dapat mengakibatkan keguguran atau bayi lahir dalam keadaan tidak normal. Anda dapat menambah informasi tentang karies gigi pada ibu hamil.

  1. Mengganggu Pencernaan dan Hilangnya Nafsu Makan

Pada pencernaan sudah pasti terganggu. Hal ini dikarenakan rasa nyeri disaat mengunyah makanan, sehingga makanan yang masuk tidak terkunyah dengan sempurna yang mengakibatkan kerja pencernaan menjadi lebih berat. Dan tentu saja rasa nyeri dan sakit pada gigi akan mengakibatkan berkurangnya nafsu makan. 

Sponsors Link

  1. Dapat Menyebar ke Area Otak Hingga Komplikasi Serius

Salah satu bahaya gigi bernanah adalah, penyebaran infeksi hingga ke tulang rahang gigi (osteomyelitis of the jaw) dan dapat mengakibatkan abses otak. Komplikasi serius hingga kematian dapat terjadi jika kita tetap membiarkan gigi bernanah tanpa ada tindakan perawatan. Karena daya tahan tubuh yang sudah tidak mampu melawan bakteri yang sudah berkembang biak dan menyebar ke seluruh organ penting lainnya.

Setelah kita mengetahui banyaknya bahaya gigi bernanah, alangkah baiknya jika kita juga mengetahui apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya. 

ads

Penyebab Gigi Bernanah

  • Plak dan Karang Gigi

Penyebab utama kerusakan gigi yaitu karena kurangnya menjaga kebersihan gigi. Sisa – sisa makanan akan menumpuk dan menjadi Plak. Plak yang semula bersifat lunak lama kelamaan mengeras dan menjadi penyebab karang gigi hitam. Bakteri dan mikroorganisme pada plak menyerang gigi dan gusi sehingga terjadilah infeksi dan bernanah.

Karies gigi adalah kerusakan atau pembusukan pada gigi. Sebelum terjadinya lubang, bakteri terus menyerang gigi hingga menembus ke akar gigi. Hal ini lah yang menyebabkan terjadinya infeksi hingga bernanah.

  • Saluran Abnorman Sekitar Gigi (Oral Fistula)

Oral Fistula adalah saluran abnormal atau rongga yang terdapat disekitar gigi, yang biasanya disebabkan oleh gigi berlubang. Makanan yang masuk ke dalam lubang dan  infeksi bakteri menjadi pemicu terjadinya pembengkakan dan nanah.

  • Makanan dan Kebiasaan Buruk

Mengkonsumsi makanan yang manis dan kebiasaan merokok serta minuman keras sangat berpengaruh hingga terjadinya karies gigi.

Cara Mengatasi Gigi Bernanah

  • Dengan Berkumur Air Garam

Seperti yang kita ketahui bahwa air garam merupakan anti septik. Campur satu sendok teh garam dengan segelas air hangat. Berkumurlah selama 1 menit dan lakukanlah 3 – 4 kali dalam sehari. Setelah itu segeralah mengunjungi dokter gigi.

  • Perbanyak Minum Air Putih

Untuk merangsang produksi air liur yang juga merupakan anti septik alami didalam rongga mulit, maka perbanyaklah mengkonsumsi air putih.

  • Dengan Obat Penghilang Rasa Sakit dan Antibiotik

Mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit dan anti biotik sebaiknya sesuai dengan yang dianjurkan dokter gigi anda.

  • Dengan Membersihkan Nanah

Dokter akan melakukan drainase abses atau mengeluarkan nanah dengan cara menyayat area yang bernanah, agar bakteri keluar dan nanah hilang serta kering. 

Sponsors Link

  • Dengan Perawatan Saluran Akar Gigi

Perawatan saluran akar gigi degan cara menyingkirkan jaringan yang rusak dari pulpa gigi agar nanah dapat dikeluarkan.

  • Dengan Pencabutan Gigi

Ini adalah cara mengatasi jika gigi sudah sangat rusak dan tidak dapat dilakukan perbaikan lagi. Maka hal terakhir yang akan dilakukan dokter adalah pencabutan gigi. Pencabutan gigi merupakan alasan terakhir, namun ada beberapa alasan gigi harus dicabut begitu juga dengan efek samping gigi dicabut.

Bahaya gigi bernanah, penyebab dan cara mengatasinya yang dapat kami sajikan pada kesempatan kali ini semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan bagi para pembaca. Selain itu semoga dapat membantu mengatasi masalah gigi bernanah yang sedang dialami.

Demikianlah artikel singkat ini kami sajikan. Nantikan artikel – artikel informatif kami lainnya hanya di Halogigi.com dan tetaplah menjaga kesehatan gigi dan mulut anda.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi