Sponsors Link

10 Bahaya Gigi Bolong Jika Dibiarkan

Sponsors Link

Memiliki gigi yang sehat dan bersih adalah dambaan setiap orang, bukan? Namun, tidak semua orang bisa beruntung untuk mendapatkan kesehatan gigi yang seperti hal tersebut. Kebanyakan dari kita selalu memiliki masalah gigi dan yang paling sering adalah masalah gigi bolong atau berlubang. Tidak banyak kita sadari tentang efek atau bahaya gigi bolong tersebut. Walupun orang-orang kerap kali menyepelekan masalah cara mengobati gigi berlubang, namun memiliki gigi bolong memiliki dampak kesehatan, loh. Berikut akan kami jabarkan beberapa bahaya gigi bolong yang harus kamu waspadai:

ads

1. Infeksi Pembuluh Darah

Walau terlihat sepele namun sebenarnya membiarkan gigi tetap bolong dan tidak melakukan tambal gigi berlubang sendiri adalah hal yang fatal. Salah satunya adalah adanya infeksi yang terjadi dan menyerang bagian dari pembuluh darah yang akan memicu beragam penyakit fatal lainnya. Infeksi ini berasal dari beragam kuman maupun bakteri yang menumpuk dan berkumpul di sekitaran area gigi bolong tersebut, dimana akan menyebabkan kemunkinan untuk menginfeksi pembuluh darah yang akan menyebabkan beberapa gejala seperti demam yang turun naik, nafas pendek. kurangnya produksi urun dan denyut jantung yang lebih cepat.

2. Rasa Nyeri

Salah satu penyebab mengapa seseorang mencaritau tenatng cara menghilangkan gigi berlubang besar adalah karena adanya rasa nyeri yang sangat menggangu. Dimana keadaan gigi yang bolong tersebut akan mengenai syaraf gigi ketika bolongnya sudah sangat besar dan parah yang akan menuntut anda untuk mencari tau solusi gigi berlubang parah.

3. Radang gusi

Ketika anda mengalami pendarahan gusi maupun pembengkakan maka ini boleh jadi akibat dari adanya radang atau proses inflamasi yang menyerang gusi yang diakibatkan oleh penjalaran dari bakteri yang menumpuk di sekitar area gigi yang bolong tersebut.

4. Radang Rongga Sinus

Tidak hanya membehayakan daerah gusi dan area mulut namun bahaya gigi bolong juga menyebabkan adanya radang di sekitar rongga sinus. Peradangan ini akan menyebabkan beberapa tanda seperti tersumbatnya hidung, demam dan gejala flu.

5. Keropos Gigi

Sudah jelas gigi yang bolong akan memberikan dampak pengeroposan di daerah gigi yang masih baik jika tidak di tangani dalam waktu yang lama.

6. Munculnya Stress

Terdengar lucu memang, namun jika seseorang menderita gigi bolong maka akan memicu timbulnya stress dikarenakan adanya rasa tidak nyaman dan nyeri di sekitar area gigi bolong yang menyebabkan penurunan nafsu makan, rusaknya mood dan memicu stress.

Sponsors Link

7. Bau Mulut

Makanan yang tidak sepenuhnya di proses ketika melakukan pengunyahan dengan gigi bolong akan menyebabkan bau mulut pada penderita. Dimana bau mulut ini sendiri diakibatkan oleh sisa sia makanan yang masuk kedalam gigi yang berlubang.

8. Gejala Stroke

Peradangan bakteri di gigi bolong yang tadinya menginfeksi pembuluh darah dalam kasus yang parah bisa memicu timbulnya penyakit stroke. Dimana pasokan oksigen yang mengalir bersama aliran darah akan terhambat.

Sponsors Link

9. Gangguan Mata

Syaraf mata sebenarnya memiliki hubungan yang erat dengan syaraf gigi dimana nantinya orang yang menderita gigi bolong akan menyebabkan gangguan pada matanya yang mengakibatkan penurunan syaraf mata oleh penjalaran bakteri di gigi tersebut.

10. Diabetes

Infeksi yang bisa menjadi penyebab tersering seseorang terpicu penyakit diabetes akan meninggi resikonya ketika anda memiliki gigi yang bolong.

Demikianlah 10 bahaya gigi bolong yang merupakan efek dan dampak negatif yang serius yang menyebabkan anda harus segera memahami cara mengatasi dan juga menjauhi pantangan gigi berlubang.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini