Sponsors Link

11 Bahaya Gigi Bungsu Tumbuh Miring dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Setiap orang pasti mengalami yang namanya tumbuh gigi bungsu, hal ini dapat terjadi pada usia belia dan remaja.  Akibatnya dapat menyebabkan terjadinya gangguan pada proses makan Anda, dan juga pengaruh dari rasa sakit, bengkak, radang dan infeksi yang juga banyak menimbulkan masalah gigi dan gusi lainnya. Berikut ini gigi bungsu tumbuh tidur  mulai dari penyebab, efek samping dan cara mengatasinya.

ads

Untuk mengetahui seberapa jauh efek dari bahaya gigi bungsu tumbuh miring, berikut ini beberapa penjelesannya untuk Anda :

Bahaya Yang Ditimbulkan Akibat Gigi Bungsu Tumbuh Miring

Ada beberapa faktor pencetus yang dapat membahayakan jika Anda tidak melakukan tindakan pencegahan untuk menghindari hal yang semakin parah dan serius.

1. Penimbunan plak 

Bahaya akibat gigi bungsu tumbuh miring yaitu dapat menimbulkan terjadinya timbunan plak dan bakteri pada gigi bungsu Anda. Hal ini jika tidak dirawat dan dibersihkan dengan baik dan rutin bisa kemungkinan terjadi hal yang lebih parah yaitu timbulnya infeksi atau luka akibat bakteri dan kuman.  Salah satu masalah gigi bungsu menusuk pipi yang perlu Anda ketahui.

2. Memicu karries gigi

Terjadinya karries pada gigi bungsu Anda, karena timbunan plak yang terlalu banyak dan Anda juga kurang merawat kesehatan gigi bungsu. Apalagi letaknya yang ujung, jika tidak dilakukan kebersihan gigi dengan benar maka hal ini bisa mengakibatkan gigi karries bahkan pemicu gigi berlubang. Inilah tanda dan  ciri-ciri gigi bungsu tumbuh yang wajib diketahui.

3. Masalah gusi dan gejala lainnya

Menimbulkan penyakit gusi, gigi bengkak sampai pada radang dan infeksi akut jika hal ini dibiarkan berlarut – larut. Mungkin bagi sebagian orang banyak yang kurang peduli dengan akibat dan bahayanya gigi bungsu yang tidak normal. Namun setelah merasakan efek dari bahaya tersebut barulah memahami akan pentingnya merawat dan menjaga kesehatan gigi sedari dini. Salah satu efek samping gigi bungsu tumbuh beserta gejalanya.

4. Menimbulkan penyakit berbahaya

Memicu penyakit tumor gigi jika tidak ditangani dengan baik dan benar. Akibat terlalu banyaknya kuman, bakteri, luka dan infeksi yang berlarut – larut bisa menimbulkan gejala tumor gigi yang bisa merusak gigi bungsu dan fungsi gigi lainnya. Anda dapat mencoba cara mengobati sakit gigi bungsu paling ampuh dan aman.

Efek Samping Gigi Bungsu Tumbuh Miring

Anda yang sudah memiliki riwayat masalah gigi, terutama gigi bungsu sebaiknya mewaspadai bahaya gigi bungsu tumbuh miring dan efek samping jika masalah tersebut tidak ditindaklanjuti dengan baik dan benar.

Sponsors Link

1. Sulit untuk makan dan mengunyah

Anda akan merasakan kesulitan dalam mengunyah makanan, akibat rasa sakit dan nyeri. Bisa juga akibat radang dan bengkak, untuk makan saja sulit, maka melakukan aktivitas lain pun jadi terhambat. Berikut ini ciri gigi bungsu bermasalah dan cara mengatasinya.

2. Menimbulkan gejala rasa sakit dan nyeri hebat

Menimbulkan luka pada gigi sehingga menimbukkan rasa sakit dan nyeri sampai kebagian kepala, pipi, rahang, dan leher Anda. Jika hal ini terlanjur semakin parah dapat berimbas pada sakit kepala dan bengkak akut. Lakukan cek kondisi kesehatan gigi Anda ke dokter gigi. Anda harus menghindari pantangan setelah operasi gigi bungsu.

ads

3. Adanya inflamasi dan infeksi

Bisa menyebabkan pembengkakan dan infeksi jamur parah. Jika luka yang dialami tidak diobati segera, dapat memicu pada infeksi dan bengkak yang lebih parah. Hal ini tidak bisa dibiarkan begitu saja, semakin cepat Anda mencegahnya semakin mungkin bengkak dan infeksi dapat teratasi. Cara mengatasi penyebab gigi geraham bungsu tumbuh tidur yang tidak nyaman.

4. Menimbulkan pendarahan dan nanah

Efek samping lain yaitu menimbulkan terjadinya nanah pada gigi bungsu Anda yang terluka. Akibat kurang dijaga dan dirawat dengan baik dan benar, efek lain yaitu pendarahan dan juga berakibat pada timbulnya nanah pada daerah gigi bungsu yang bermasalah. Penyebab dan cara mengatasi gigi geraham bungsu tumbuh miring yang patut Anda ketahui.

5. Dapat merusak jaringan lainnya

Faktor lain yang sangat berbahaya yaitu dapat merusak jaringan lunak lain, termasuk gusi, syaraf gigi lain dan juga syaraf kepala, otak dan menimbulkan gejala penyakit lainnya. Bisa jadi karena infeksi dan luka yang bernanah akan berdampak pada pembusukan gigi dan jaringan lunak, jika tidak segera ditangani timbul kemungkinan Anda akan mengalami trauma mulut dan rahang. Akibatnya susah untuk membuka mulut apalagi mengunyah makanan. Berikut ini tanda-tanda gigi geraham bungsu tumbuh yang perlu diketahui.

6. Memicu penyakit berbahaya

Menimbulkan penyakit komplikasi lain seperti tumor dan kanker gigi yang sangat berbahaya. Oleh karena itu sangat penting untuk menjaga kesehatan dan membersihkan gigi teratur dan tetap memeriksakan kondisi gigi Anda minimal 6 bulan baik di puskesmas maupun klinik dan rumah sakit terdekat. Contoh dari bahaya gigi geraham tumbuh miring yang harus diwaspadai.

Tindakan yang Perlu Dilakukan

Untuk mengatasi hal tersebut berikut ini beberapa tindakan dalam mencegah bahaya gigi bungsu tumbuh miring :

1. Melakukan pencabutan gigi

Anda dapat melakukan konsultasi ke dokter gigi terlebih dahulu, apakah memerlukan tindakan pencabutan atau hal lain. Jika kondisi gigi bungsu Anda mengalami posisi miring dan masih dalam tahap biasa saja, hal ini bisa ditangani dengan melakukan pencabutan gigi dengan menyayat gigi bungsu dengan alat medis, dimana posisi pasien sudah dibius terlebih dahulu. Setelah itu baru dilakukan pencabutan dan diberikan obat antinyeri dan juga anti biotik, dan lainnya. Berikut ini cara mengobati sakit gigi belakang dengan cepat dan ampuh.

2. Tindakan operasi gigi

Tindakan selanjutnya yaitu jika kondisi gigi bungsu Anda sudah alam tahap serius dan parah, maka dapat dilakukan tindakan operasi gigi bungsu. Dokter akan melakukan operasi sesuai dengan kondisi Anda dan melihat riwayat penyakit lainnya. Biasanya sebelum melakukan operasi, akan dilakukan hasil rontgen terlebih dahulu, baru akan melakukan konsultasi dan pada tahap akhir proses operasi gigi. Contoh dan cara mengobati sakit gigi berkepanjangan yang dapat dicoba.

Sponsors Link

Manfaat Tindakan Gigi Bungsu dicabut dan Dioperasi

Setelah Anda melakan tindakan medis terhadap gigi bungsu Anda, maka banyak manfaat dan keuntungan yang diperoleh dan pastinya Anda akan merasa lebih nyaman dan sehat. Penyebab dan pengobatan dari gigi bungsu.

  • Terbebas dari rasa sakit dan rasa nyeri, baik dibagian gigi, kepala, mulut dan gusi.
  • Terbebas dari penyakit dan masalah gigi lainnya seperti bau mulut, gusi berdarah dan bengkak.
  • Terbebas dari masalah plak dan gigi karries.
  • Terhindari dari masalah gigi berlubang.
  • Terhindari dari penyakit komplikasi lain seperti pemicu tumor dan kanker gigi.
  • Anda dapat menggunakan behel dan gigi palsu tanpa takut akan merusak gigi yang lain atau penyakit gigi lainnya.
  • Lebih nyaman dan merasa Anda memiliki gigi yang sehat dan terawat.

Demikianlah penjelasan mengenai bahaya gigi bungsu tumbuh miring, semoga menjadi manfaat dan jagalah kesehatan gigi Anda agar terhindar dari masalah gigi lainnya.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi