Sponsors Link

Bahaya Gigi Gingsul

Sponsors Link

Memiliki susunan gigi yang rapih dan indah memang menjadi dambaan setiap orang, khususnya kaum hawa. Namun tidak semua orang memiliki susunan gigi yang rapih, ada beberapa orang memiliki jenis gigi seperti gingsul, gigi tidak rapat dan juga gigi tonggos. Berikut dampak dan masalah yang dapat timbul dari gigi gingsul  yang patut diperhatikan.

ads

Memiliki gigi gingsul menjadi trend dikalangan wanita di Jepang, dengan gigi tersebut menjadikan mereka terlihat lebih cantik dan juga menawan. Namun, dibalik itu semua ternyata gigi gingsul memiliki resiko berbahaya yang bisa menyebabkan kerusakan susunan gigi. Berikut ini akan dijelaskan mengenai bahaya gigi gingsul beserta penyebab dan cara mengatasinya :

Penyebab Gigi Gingsul

Adapun salah satu penyebab terjadinya gigi gingsu yaitu kondisi pada gigi susu yang tanggal secara prematur, bisa dikarenakan bersinggungan dengan benda keras ataupun karena kecelakaan. Gigi susu yang tanggal secara prematur ini tidak memberikan ruang yang cukup untuk gigi tetap yang akan tumbuh, sehingga terjadi penjejalan. Adapun faktor keturunan atau bawan lahir juga bisa menjadi penyebab tumbuhnya gigi gingsul, begitu juga dengan kasus malnutrisi pada usia dini. Dampak bahaya gigi gingsul dan cara merapikan gigi gingsul dengan cepat dan aman.

Pada ilmu kedokteran gigi, posisi gigi ini disebut dengan ektopik atau menonjol. Pada dasarnya, setiap gigi berpotensi untuk mengalami gejala ektopik atau gingsul, akan tetapi gigi taring merupakan gigi yang paling sering mengalami kondisi gigi gingsul karena urutan tumbuhnya yang paling akhir atau terujung.

Penyebab lain gigi gingsul tumbuh yaitu ukuran gigi yang terlalu besar, ruang tumbuh gigi yang sempit, gigi susu yang belum tanggal secara normal, benih gigi yang letaknya salah dan lain sebagainya.

Dampak dan Bahaya Gigi Gingsul

Salah satu bahaya gigi gingsul yang dapat terjadi bagi kesehatan adalah :

  •  Gigi yang menjadi gigi gingsul akan terjadi gigi impaksi, dimana impaksi ini tidak tumbuh berkembang secara normal atau dengan baik sehingga akan terasa gigi sangat menyakitkan. Anda perlu memahami kiat dan cara menghindari gigi gingsul sejak dini yang baik dan benar.
  •  Bahaya gigi gingsul lainnya adalah posisi gigi yang mendorong pada bagian dalam dapat terjadi penumpukan di beberapa susunan gigi yang lain. Hal ini tentu menimbulkan rasa ngilu dan sakit pada daerah gigi tersebut.
  •  Kesulitan dalam membersihkan daerah gigi gingsul, mungkin saja gigi akan terlihat bersih. Namun, kondisi dalam pada bagian yang tidak tersentuh oleh sikat gigi yang bisa menyisakana kotoran, hal ini tentu akan menyebabkan gigi rusak dan berbau.
  •  Bisa jadi dari hal tersebut bahaya gigi gingsul akan bertambah yaitu terjadi penumpukan plak pada daerah gigi tersebut.
  •  Selain itu juga dapatv menyebabkan terjadi gigi menjadi terkikis atau bahkan bolong, karena timbunan plak dan kondisi gigi yang kurang bersih.
  •  Satu dari bahaya gigi gingsu lain yaitu fungsi normal gigi akan menjadi menyebabkan gigi tidak berfungsi dengan baik. Hal yang perlu Anda hindari dan waspadai ciri ciri gigi akan gingsul yang wajib diketahui sejak usia dini.
  •  Menjadi penyebab cedera pada gusi saat Anda melakukan pengunyahan pada makanan, terutama makanan yang keras.
  •  Bahaya gigi gingsul selanjutnya adalah menjadi penghambat pertumbuhan gigi atau bisa saja menyebabkan gigi itu tidak tumbuh sama sekali secara normal.

Cara Mengatasi Bahaya Gigi Gingsul

Menang tidak mudah untuk bisa melakukan perapihan pada gigi gingsul, namun dengan Anda memeriksakan kondisi gigi tersebut ke dokter gigi, maka semua solusi akan Anda dapatkan. Hal ini juga bisa Anda coba yaitu dengan cara merapikan gigi gingsul tanpa behel yang benar dan mudah.

Berikut ini cara mengatasi gigi gingsul menurut dokter dan juga lainnya :

  1. Melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada dokter ahli atau dokter gigi. Hal ini dimaksudkan agar dokter menegathui sejauh mana kondisi dan bahaya gigi gingsul Anda, setelah itu dokter akan menentukan langkah tepat. Apakah kondisi gigi akan dicabut ataukan ditindak dengan menggunakan perawatan kawat gigi atau yang biasa disebut dengan behel.
  2. Merawat gigi gingsul dengan cara melakuka pengawasan langsung dengan dokter ahlinya, seperti melakukan pemasangan behel pada gigi gingsul.  Dokter akan bertindak sesuai dengan permintaan pasien dan akan menjelaskan mengenai dampak baik dan buruk menggunakan behel, selain itu pemakaian behel haruslah dilakukan perawatan secara berkala dan mengikuti anjuran dokter agar kondisi gigi dan behel berfungsi dengan normal. Dan juga tidak berdampak kepada kondisi gigi yang lainnya. Berikut ini penjelasa mengenai gigi gingsul apakah harus dicabut ? beserta resikonya.
  3. Untuk mengatasi bahaya gigi gingsul Anda juga dapat melakukan cara seperti penggunaan alat yang disebut The Inman Aligner. Alat ini berfungsi untuk merapikan gigi gingsul Anda, pemakaiannya rata-rata 6 sampai 18 minggu. Cukup singkat dan praktis, dibandingkan Anda menggunakan behel yang memerlukan waktu sampai cukup lama. Untuk info lebih lanjut Anda bisa menghubungi dokter gigi Anda.
  4. Selanjutnya untuk menggunakan headgear untuk memperbaiki gigi atas yang tonggos atau gigi gingsul. Fungsi lainnya juga dapat memperbaiki bentuk rahang yang tidak normal. Umumnya alat ini digunakan pada saat Anda tidur, karena tidak dapat digunakan saat beraktifitas atau berkegiatan.
  5. Selanjutnya untuk merapikan dan menghindari bahaya gigi gingsul, Anda dapat melakukan pencabutan gigi secara permanen. Hal ini tentu sudah dikonsultasikan kepada dokter Anda. Cara ini juga dapat memudahkan pertumbuhan bagi gigi lainnya. Dokter akan memberikan obat bius sebelum melakukan pencabutan gigi, setelah itu barulah gigi gingsul Anda akan dicabut dengan alat pencabutan gigi. Beberapa resiko dan efek gigi gingsul dicabut yang perlu diwaspadai.
  6. Dengan cara operasi atau pengangkatan gigi gingsul secara surgery. Hal ini akan lebih mudah karena metodenya agak berbeda dengan cara cabut biasa. Hal ini bisa Anda konsultasikan dengan dokter Anda, sehingga masalah gigi gingsul dapat teratasi dengan baik dan tepat.

Demikianlah bebeapa penjelasan mengenai bahaya gigi gingsul dan penyebabnya, semoga menjadikan Anda manfaat untuk melakukan perawatan terbaik bagi kesehatan gigi gingsul Anda.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini