Sponsors Link

9 Bahaya Gigi Impaksi yang Wajib Diketahui Beserta Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Bagi anda yang mempunyai gigi dengan kondisi gigi yang tertahan dalam tulang rahang dan kadang-kadang gigi tertutup kembali, berarti anda mengalami gigi impaksi. Gigi impaksi bisa memberikan beberapa dampak yang dapat ditimbulkan. Dalam hal ini bahaya gigi impaksi bisa menyebabkan anda memiliki masalah pada kesehatan gigi. Tentunya anda penasaran bukan, apa saja yang bisa ditimbulkan dari bahaya gigi impaksi ?. Ini dia informasi selengkapnya halogigi hadirkan untuk anda.

ads

Bahaya Gigi Impaksi

1. Gigi Tidak Beraturan

Gigi impaksi sendiri adalah kondisi gigi yang pertumbuhannya tidak normal sesuai dengan yang seharusnya. Hal ini menjadikan gigi anda tidak beraturan, dimana kondisi gigi pada rahang atas dan bawah saat kondisi gigi impaksi menyebabkan gigi satu dengan yang lain tidak rapi. Kasus terburuk adalah kondisi gigi anda berjejal antara satu gigi dengan gigi lainnya. Oleh karena itu anda perlu melakukan tindakan perawatan gigi seperti cara merapikan gigi yang tidak beraturan penggunaan alat merapikan gigi tanpa behel.

2. Penumpukan Plak

Saat kondisi gigi anda tidak beraturan sisa makanan pada gigi cenderung lebih mudah terselip. Dengan menyelipnya sisa makanan pada gigi yang tumbuh tidak normal makan sisa makanan tersebut sulit dibersihkan sempurna. Oleh karena itu, sisa makanan yang masih tersisa dapat menyebabkan penumpukan plak pada gigi. Maka dari itu anda perlu melakukan perhatian ekstra untuk cara merawat gigi agar tetap putih supaya terhindar dari masalah kesehatan gigi lainnya.

3. Bau Mulut

Bau mulut tidak hanya menurunkan tingkat percaya diri seseorang. Namun bau mulut bisa menjadi penanda bahwa kondisi mulut atau gigi anda memiliki masalah. Pada gigi impaksi, bau mulut tentunya pasti akan terjadi. Mengapa demikian ?. Pengaruh dari ruang kosong pada rahang yang menyebabkan gigi tidak tumbuh dalam keadaan normal menyebabkan sisa makanan mudah menempel pada bagian tersebut. Pastinya sisa makanan yang menumpuk, jika lama tidak dibersihkan dengan baik dan benar akan menyebabkan bau mulut pada anda bertambah. Untuk itu anda perlu mengetahui tentang bau mulut padahal sudah gosok gigi ; penyebab dan cara mengatasi.

4. Gigi Berlubang

Masalah gigi berlubang menjadi masalah lanjutan dari gigi impaksi. Saat gigi impaksi tidak segera anda tangani, maka gigi anda akan berlubang. Kondisi gigi berlubang pada kasus gigi impaksi dipengaruhi karena gigi yang mengalami impaksi maupun gigi yang ada disebelahnya mengalami penumpukan plak. Penumpukan plak lebih lanjut bisa menyebabkan email gigi terkikis sehingga gigi anda cenderung lebih mudah berlubang. Tempat tumbuh bakteri dan kuman yang didukung dengan kebersihan gigi yang tidak terjaga menyebabkan gigi berlubang pasti akan terjadi pada anda.

5. Radang dan Infeksi Gusi

Radang gusi bisa terjadi, salah satunya saat gigi anda tumbuh. Pada gigi impaksi radang pada gusi terjadi karena kondisi gigi geraham molar ketiga merobek bagian gusi ketika mengalami pertumbuhan. Jika radang gusi didiamkan saja maka akan mengalami infeksi gusi. Radang gusi pada gigi impaksi ditandai dengan munculnya pembengkakan menahun dan kemerahan pada gusi.

Sponsors Link

6. Demam

Pada kasus gigi impaksi, demam bisa saja terjadi karena kondisi kondisi gigi yang mengalami impaksi sudah terjangkit masalah gigi lainnya seperti gigi berlubang dan radang pada gusi. Keadaan kesehatan gigi yang buruk seperti ini menyebabkan daya tahan tubuh berkurang sehingga menyebabkan demam pada tubuh. Oleh karena itu, jika anda mengalami demam pada gigi impaksi pastikan jangan lupa meningkatkan kesehatan tubuh anda.

7. Sakit Kepala

Tanda dan keluhan gigi impaksi sering kali menyebabkan sakit kepala. Kalau dilihat dari struktur syaraf manusia, syaraf  kepala berhubungan dengan syaraf yang ada pada bagian mulut. Jika kondisi gigi anda mengalami masalah seperti gigi impaksi, tentunya ada kemungkinan anda akan mengalami sakit kepala. Rasa sakit kepala pada gigi impaksi menunjukkan bahwa adanya kerusakan saraf. Oleh karena itu, jika anda sedang mengalami sakit kepala pastikan jangan lupa untuk mengobati sakit kepala agar rasa sakit tidak berangsur lama. Selain itu ada hubungan sakit gigi dengan pusing yang belum banyak diketahui agar anda terhindari darinya.

Sponsors Link

8. Kista Gigi

Kista pada gigi pada gigi impaksi biasanya ditandai dengan adanya cairan antara epitel tereduksi dengan email gigi. Biasanya saat gigi impaksi yang disetai kista terjadi paling sering di rahang dibandingkan dengan tulang lainnya. Kista pada gigi impaksi bisa tumbuh dengan berbagai ukuran. Pada kasus ini, kondisi kista pada gigi impaksi jika mengalami perluasan akan menyebabkan wajah berbentuk asimetri karena ada pergeseran gigi yang ekstrem dan resorpsi akar gigi yang dekat dengan rasa sakit

9. Mulut Terasa Nyeri

Saat gigi mengalami gigi impaksi, sebagian orang ada yang merasakan mulut terasa nyeri. Rasa nyeri pada mulut ini berasal dari gigi impaksi mendorong gigi tetangganya sehingga menimbulkan reaksi tubuh melalui rasa nyeri. Selain itu rasa nyeri pada gigi impaksi bisa merupakan respon lanjutan dari munculnya radang dan infeksi pada gusi dan gigi anda yang mengalami gigi impaksi.

Setelah anda semua mengetahui bahaya impaksi gigi oleh karena itu anda perlu mengetahui cara mengatasi gigi impaksi tanpa operasi dan operasi. Dengan anda mengetahui cara mengatasi gigi impaksi, pastinya masalah gigi impaksi bisa anda cegah. Demikian masalah gigi dan mulut lainnya bisa anda hindari. Semoga bermanfaat. Salam gigi sehat.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi