Sponsors Link

9 Bahaya Gigi Ompong di Masa Muda dan Cara Menanganinya

Sponsors Link

Tanggalnya gigi yang menyebabkan keompongan memang sangat mengganggu kenyamanan dalam beraktivitas terutama pada mulut. Hal ini disebabkan oleh faktor usia, faktur lain juga menyebabkan tanggalnya gigi seperti kecelakaan yang menyebabkan benturan keras pada gigi.

ads

Gigi ompong menyebabkan orang menjadi kurang percaya diri untuk menampilkan keindahan senyumannya oleh karena itu, gigi ompong tentu hal yang paling kita hindari. Meski demikian, sekeras-kerasnya gigi tetap saja akan engalami permasalahan  seperti gigi berlubang atau karies gigi, plak dan lain sebagainya.

Apabila tidak ditangani dengan baik maka akan menyebabkan masalah gigi semakin parah, dan membuatnya harus dicabut. Gigi yang dicabut akan menyebabkan ruang kecil, dan mungkin terlihat jelas ketika berbicara.  Maka inilah yang disebut gigi ompong.

Gigi ompong berakibat buruk pada kesehatan manusia, terutama bagi mereka yang mengalami gigi ompong diusia muda. Akibat tersebut dapat dialami secara perlahan tanpa disadari penderita dalam kurun waktu yang cukup lama.

Pada artikel kali ini, saya akan membahas tentang bahaya gigi ompong di masa muda, langsung aja kita simak penjelasan di bawah ini. Berikut ini bahaya yang timbul pada penderita gigi ompong dan efek samping gigi ompong yang akan anda rasakan ke depannya serta cara penanganannya :

1. Kempot dan Peyot Pada wajah

Bahaya gigi ompong di masa muda yang pertama ialah kempot dan peyot. Gigi ompong menyebabkan wajah menjadi kempot dan juga  mempengaruhi penampilan terutama untuk gigi depan. Kehilangan semua gigi akan menyebabkan wajah terlihat lebih tua karena pipi akan nampak kempot dan bibir kelihatan menipis.hal ini disebabkan gigi yang tanggal dengan demikian kulit pipi menjadi tertarik ke dalam.

2. Wajah Jadi Terlihat Tua Dari Usia yang Sebenarnya

Bahaya gigi ompong di masa muda yang kedua ialah wajah terlihat lebih tua. Ompong juga menyebabkan wajah menjadi terlihat tua dari usia sebenarnya. Kenapa demikian? Saat anda sedang membuka mulut dan tersenyum, wajah secara otomatis akan menampakkan pemandangan kurang baik yakni peyot dan kempot.

3. Gigi di Sekitar Bergeser Mengikuti Ruang Kosong Sehingga Gigi Menjadi Renggang

Bahaya gigi ompong di masa muda selanjutnya yakni gigi menjadi renggang. Gigi ompong juga menyebabkan gigi disekitar bergeser perlahan, itu karena ruang yang terdapat pada gigi sehingga gigi pun bergeser mengikuti ruang akibatnya terciptanya jarak pada gigi yang satu dengan yang lain. Kerenggangan yang terjadi ini akan mengurangi estetika penampilan gigi.

Sponsors Link

4. Menyebabkan Jarak Antar Gigi

Gigi ompong juga mengakibatkan gigi berjarak. Jarak tersebut mengakibatkan mudahnya sisa makanan menyelip digigi hal ini yang menjadi timbulnya sakit gigi. Makanan yang bersarang di antara sela – sela gigi dan kemudian akan mendorong anda melakukan korek – korek gigi menggunakan tusuk gigi, maka gigi akan semakin bermasalah.

5. Sakit Kepala

Gigi ompong juga bisa menyebabkan sakit kepala, itu karena akar gigi yang tersisa. Saat gigi lepas dan tidak sempurna karena masih meninggalkan akar. Tanpa anda sadari akan memunculkan sakit kepala pada sebagian orang ya sobat.

6. Mengurangi Tingkat Pengunyahan

Gigiompong menyebabkan juga akan menjadi kesulitan dalam mengunyah makanan, sehingga proses pencernaan terganggu apalagi jika yang hilang gigi graham. Ketidaknyamanan tersebut juga dapat membuat orang mengunyah hanya di sebagian sisi saja, sehingga sisi yang lain menjadi tempat bertumpuknya karang gigi. cara membersihkan karang gigi disini akan menjadi solusi terbaik untuk mengatasinya.

ads

7. Mempengaruhi Nutrisi

Seseorang yang mengalami hilang gigi, cenderung mengubah pola diet dengan mengkonsumsi makanan lunak. Sehingga akan berpengaruh pada kesehatan seseorang secara keseluruhan. Malas makan ini jika dibiarkan dalam jangka panjang akan membuat anda kekurangan gizi (gizi buruk).

8. Merusak Rahang

Gigi ompong juga menyebabkan perubahan pola gigitan, hal ini akhirnya menjadi penyebab kerusakan sendi rahang dan gangguan ketika membuka atau menutup mulut. Rahang yang berinteraksi langsung dengan makanan keras lama kelamaan akan mengalami gangguan. Pada akhirnya tidak jarang menjadi salah satu penyebab gigi berantakan yang tidak disadari.

9. Tidak Percaya Diri

Gigi ompong menimbulkan dampak psikologis menjadi kurang percaya diri terutama bagi yang mengalami kehilangan gigi depan. Gigi yang telah dicabut sebaiknya segera diganti dengan gigi tiruan, melihat banyaknya masalah yang dapat timbul dari membiarkan gigi tetap ompong. Saat ini terdapat berbagai cara untuk mengganti gigi yang ompong dengan anda memperhatikan macam macam gigi palsu yang akan dijelaskan di bawah ini, berikut adalah cara menangani gigi ompong :

  • Implan

implan gigi merupakan akar gigi buatan yang dibuat dari titanium dan  dipasang pada tulang rahang untuk menggantikan akar gigi asli. Oleh karena itu,implan biasanya lebih mahal, karena hasilnya akan terlihat sangat natural dan nyaman seperti gigi asli.

Hanya digunakan untuk mengganti satu atau beberapa gigi saja, dan belum tentu cocok untuk semua orang karena pemasangan implan membutuhkan operasi yang hanya dapat dilakukan pada orang-orang yang secara umum sehat. Implan dipasang dengan memasukkan sekrup titanium ke dalam tulang rahang guna menyokong pilihan gigi palsu yang bagus, bridge, atau crown

Gigi  tiruan yang dipasang pada implant akan persis menyerupai dan terasa seperti gigi asli serta tidak akan terasa seperti menggunakan gigi palsu. Keutungan lainnya dari pemasangan implant sebagai pengganti gigi yang hilang adalah tidak perlu mengasah gigi tetangga untuk dijadikan pegangan. Implan membantu mencegah rahang mengecil akibat gigi ompong, juga bisa digunakan slama beberapa tahun, bahkan sampai beberapa dekade.

  • Gigi Palsu

karena harganya yang relatif murah dan mudah untuk dibersihkan. Gigi palsu biasanya menjadi pilihan untuk menutup gigi ompong, karena bisa dipasang-copot. Ada dua jenis gigi palsu yang bisa dipilih, yaitu gigi tiruan lengkap (GTL) : GTL ditujukan untuk mereka yang sudah tidak memiliki gigi satu buah pun. Gigi tiruan sebagian (GTS) yaitu ditujukan bagi mereka yang masih memiliki gigi alami.

Gigi palsu sangat diperlukan terutama jika gigi ompong membuat Anda kesulitan untuk mengunyah makanan. Gigi palsu biasanya terbuat dari bahan logam atau plastik. Bentuknya pun disesuaikan dengan gelombang permukaan gusi pasien agar pas di mulut.

Kelebihan lainnya yaitu gigi palsu juga mencegah otot-otot wajah mengendur. Kekurangan gigi palsu atau pun efek samping penggunaan gigi palsu yaitu mudah rusak atau lepas dan mungkin butuh diganti lebih sering dibandingkan pilihan terapi gigi lainnya.

  • Bridge

Jika tidak ingin dengan dua pilihan di atas, Anda bisa pilih bridge apabila ingin “menumbuhkan” gigi ompong. Bridge bisa bertahan hingga 15 tahun atau lebih tanpa perlu diganti dengan yang baru. Tentunya dengan syarat apabila Anda selalu menjaga kebersihan mulut dengan baik dan rutin memeriksakan gigi secara teratur ke dokter gigi.

Sponsors Link

Dalam metode ini, gigi palsu pada dasarnya disangga oleh dua gigi yang ada di sampingnya. Caranya, agar mudah dipasangi crown , enamel gigi sebelah kanan dan kiri dari  gusi yang ompong dikikis. Kemudian, dibuatlah gigi palsu yang diapit oleh dua crown. Nah, gigi palsu ini lalu ditempatkan di gusi yang sudah tidak ada giginya dengan crown dimasukkan ke gigi kiri dan kanan yang sudah dikikis enamelnya.

Gigi palsu pada bridge dapat dibuat dari emas, logam campuran, porselen, atau kombinasi dari bahan-bahan tersebut. Itulah bahaya gigi ompong di masa muda, dan juga cara mengatasi gigi ompong. Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat, selamat membaca sampai jumpa dilain artikel. Terima kasih

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini