Sponsors Link

6 Bahaya Gigi Palsu yang Ukurannya Tidak Tepat dan Wajib Diwaspadai

Sponsors Link

Apa yang ada dalam benak anda sobat jika kita berbicara mengenai gigi palsu? Tentuya yang ada dalam benak anda adalah gigi asli yang sudah pada keropos dan digantikan dengan sebuha benda yang fungsinya hampir sama dengan gigi asli pada umumnya namun sudah pasti fungsinya dan nayman nya tidak seperti gigi asli ya sobat, karena memang gigi palsu ini sekalipun bisa berfungsi seperti gigi asli tetap saja ada perbedaan yang mendasar diantara keduanya. Dalam memilihnya anda perlu memahami macam macam gigi palsu agar tidak salah pilih ya sobat.

ads

Adapun gigi palsu ini merupakan sebuah alternatif yang digunakan bagi mereka yang mengalami permasalahan pada gigi. Misalnya saja gigi ompong, gigi rusak atau berbagai jenis kerusakan gigi yang lainnya, pemasangan gigi palsu ini dirasa sebaagi salah satu alternatif yang lebih efektif.

Pada umumnya gigi palsu yang bagus ini dicari oleh mereka yang sudah berusia lanjut, karena mungkin gigi mereka sudah ompong atau rusak, dan tentunya kaan kesulitan sekali dalam hal mengunyah jika tidak memasang gigi palsu ini tentunya, namun pada beberapa kasus juga mereka yang masih berusia muda tidak menutup kemungkinan menggunakan gigi palsu ini karena biasanya faktor perawatan gigi yang tidak dijaga dengan baik.

Nah sobat semua, apabila anda ingin memasang gigi palsu ini, sebaiknya terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter gigi anda ya sobat, karena pada kebanyakan kasus yang menggunakan atau memasang gigi palsu, ternyata gigi yang dipasang tidak pas ukurannya atau cenderung lebih besar atau lebih kecil yang mengakibatkan si pemakai tidak nyaman.

Selain tidak nyaman, ada beberapa bahaya yang ditimbulkan oleh pemasangan gigi palsu yang ukurannya tidak tepat yang harus anda ketahui. Adapun bahaya gigi palsu yang ukurannya tidak tepat yang dimaksud adalah sebagai berikut :

1. Menyebabkan Iritasi

Bahaya gigi palsu yang ukurannya tidak tepat pertama yang bisa mengancam anda adalah iritasi. Iritasi ini biasanya diakibatkan oleh pemasangan gigi aplsu yang ukurannya terlalu besar, karena pemasangannya terlalu besar, pada saat anda menutup mulut maka gigi tersebut akan menyentuh bagian mulut anda yang lainnya ( normalnya harus menyentuh gigi dengan gigi ).

Apabila dibiarkan, lama kelamaan bagian mulut yang terus bersentuhan dengan gigi yang tadi akan berakibat pada iritasi. Nah sobat untuk menghindari hal ini sebaiknya pastikan ukuran gigi yang anda pasang ukurannya sesuai dengan gigi yang aslinya ya sobat agar anda terhindar dari bahaya yang satu ini. manfaat gigi palsu bisa dikatakan mampu menggantikan fungsi gigi asli. Oleh karena itu ketepatan memang sangat diperlukan untuk menimbulkan rasa nyaman.

2. Menyebabkan Rasa Sakit dan Nyeri

Bahaya pemasangan gigi yang tidak tepat ukurannya yang kedua adalah dapat menyebakan rasa sakti dan nyeri. Hal ini sudah pasti terjadi ya sobat, contohnya pada pemasangan gigi yang ukurannya terlalu besar. Pasalnya pada saat gigi yang anda pasang terlalu besar, maka otomatis selain akan tertekan ke bagian gusi akrena ukurannya yang tidak tepat, juga akan menyentuh langit –  langit mulut anda tentunya.

Sponsors Link

Jika hal ini terjadi maka sobat semua bisa membayangkan ya apa yang akan terjadi. Selain menimbulkan rasa sakit dan nyeri juga akan mengakibatkan anda terserang sariawan karena gesekan ataupun tekanan gigi anda kebagian gusi maupun kebagian langit –  langit mulut anda dan begitupun dengan bagian lidah anda. Nah untuk itu sobat, harap perhatikan kembali ukuran gigi yang akan anda pasang ya, jangan sampai mengalami hal seperti ini.

3. Mudah Terlepas

Bahaya gigi palsu yang ukurannya tidak tepat yang ketiga adalah gigi anda mudah lepas. Hal ini biasanya terjadi pada gigi yang dipasang dengan ukuran yang terlalu kecil. Selain itu bahan perekat yang digunakan untuk menempelkan gigi palsu tersebut tidak menggunakn perekat yang maksimal sehingga mudah saja bagi gigi tersebut untuk lepas dari gusi anda. Tanpa anda sadari ternyata gigi anda sudah tidak menempel pada gusi anda, da nada kemungkinan anda tidak tau terjatuhnya di mana.

ads

4. Resiko Gigi Tertelan

Bahaya atau resiko yang ke empat dari pemasangan gigi palsu yang ukurannya tidak tepat ini adalah resiko gigi tertelan. Hal ini bisa terjadi pada saat ukuran gigi palsu yang anda pasang terlalu kecil. Anda bayangkan saja ya sobat apabila anda mempunyai gigi palsu yang ukurannya lebih kecil dari yang normalnya, selain tidak berfungi maksimal untuk menjalankan fungsinya sebagai pengolah makana.

Bisa saja gigi palsu yang kecil ini akan mudah lepas dan kemungkinan bisa tertelan oleh anda bersama makanan yang sedang anda makan tanpa anda sadari. Dan ternyata setelah anda mau mengunyah lagi gigi anda sudah ada di perut bersama makanan yang lainnya hehehehe. Nah sobat untuk itu, sebaiknya perhatikan benar –  benar ukuran gigi palsu yang akan anda pasang ya sobat, untuk menghindari hal yang tidak di inginkan seperti ini.

5. Mempengaruhi Proses Pengunyahan Makanan

Bahaya atau  resiko yang kelima adalah anda akan kesusahan dalam proses pengunyahan makanan. Hal ini sudah pasti terjadi ya sobat, misalnya gigi anda dipasang terlalu kecil sudah pasti akan mengurangi fungsinya dalam mengunyah makanan tersebut menjadi tidak maksimal sehingga organ perut yang lainnya harus bekerja keras untuk mengolah makanan yang pengunyahannya tidak sempurna tersebut.

Begitupun dengan gigi yang dipasang terlalu besar, bisa kita bayangkan jangankan untuk mengunyah dengan maksimal, menggerakkan mulut pun mungkin anda akan kesusahan yang nantinya akan berpengaruh pada hasil pengunyahan makanan yang sedang anda kunyah. Nah sobat semua, pastikan gigi palsu yang akan anda pasang ukurannya pas ya sobat, tidak terllau kecil dan tidak terlalu besar, agar tidak mendatangkan masalah nantinya.

6. Tidak Nyaman

Bahaya atau resiko yang terakhir yang diakibatkan oleh gigi palsu yang dipasang tetapi ukurnanya tidak tepat yang terakhir adalah anda akan merasa tidak nyaman. Hal ini sudah pasti ya sobat jika ukuran gigi yang anda pakai tidak seperti ukuran yang sebelumnya, jadi anda akan merasa tidak nyaman menggunakan gigi tersebut dan harus butuh penyesuaian.

Oke sobat semua sampai disini dulu pembahasan mengenai bahaya gigi palsu yang ukurannya tidak tepat. Semoga informasi ini bermanfaat bagi sobat semua. Sampai jumpa, salam hangat.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini