Bahaya Kandungan Detergen Pasta Gigi Untuk Kesehatan Jangka Panjang

Tujuan menyikat gigi memang menjadi cara wajib untuk menjaga kebersihan area mulut dan juga gigi. Meski begitu, sikat gigi juga harus dilakukan dengan hari hati karena pasta gigi yang biasa anda gunakan mungkin saja bisa menyebabkan masalah pada kesehatan tubuh anda. Bahkan, bahaya kandungan detergen pasta gigi juga dikatakan berhubungan dengan begitu banyak masalah kesehatan secara menyeluruh. Kenapa hal ini bisa terjadi?, simak penjelasannya dalam ulasan yang akan kami berikan berikut ini.

Kandung SLS Harus Diwaspadai

Umumnya, orang membeli pasta gigi dengan asal tanpa membaca terlebih dulu apa saja komposisi yang terdapat dalam pasta gigi tersebut. Perlu diketahui jika ini merupakan kebiasaan yang bisa berakibat fatal. Banyak produk pasta gigi yang memiliki kandungan bahan berbahaya untuk kesehatan seperti bisa menyebabkan masalah kesehatan untuk jangka panjang khususnya bahaya menelan pasta gigi.

Salah satu kandungan yang harus anda cermati adalah sodium lauryl sulfate atau SLS. SLS merupakan zat yang berguna untuk menghasilkan busa agar kotoran dan juga plak pada gigi bisa diluruhkan. Selain itu, SLS juga dikatakan bisa dipakai sebagai cara memutihkan gigi yang kuning membandel sekaligus memberi efek mulut yang selalu segar dan terlihat bersih.

Bahaya Kandungan Pasta Gigi

Ada banyak bahaya kandungan detergen pasta gigi yang bisa berdampak pada kesehatan anda. Sebagai contoh, anda mungkin pernah memiliki luka atau sariawan di mulut ketika anda menyikat gigi terlalu keras. Namun jika anda masih saja tetap sariawan meski sudah menggunakan cara menyikat gigi yang benar, maka ini bisa jadi disebabkan karena kandungan detergen dalam pasta gigi tersebut termasuk dalam pasta gigi anak enzim.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan Journal of Dentistry Norwegia juga dilaporkan jika SLS bisa menghambat fungsi dari mineral fluoride untuk pencegahan gigi berlubang. Selain itu dalam penelitian berbeda di European Journal of Dentistry juga dikatakan jika pemakaian SLS sebagai detergen dalam pasta gigi juga bisa menyebabkan iritasi di jaringan lunak dalam rongga mulut jika dibandingkan dengan pasta gigi yang mengandung detergen jenis cocoamudopropyl betaine atau CAPB. Sedangkan untuk pasta gigi yang benar benar tidak mengandung detergen maka sama sekali juga tidak akan menyebabkan iritasi.

Hal serupa juga dikatakan dalam hasil penelitian Journal of Oral Disease tahun 2012 dimana dilaporkan jika kandungan SLS dalam pasta gigi bisa menyebabkan sariawan terjadi berulang dan juga memberikan rasa nyeri yang lebih parah dibandingkan dengan pasta gigi tanpa SLS. Dari American College of Toxicology dikatakan jika SLS yang tertelan bisa bertahan sampai 5 hari dan akan terus menumpuk dalam paru paru, jantung, hati dan juga otak seiring dengan penggunaan dalam menyikat gigi.

Ketika SLS berinteraksi dengan bahan kimia lain, maka sodium laurel sulfate tersebut bisa berubah menjadi nitrosamin yakni agen karsinogen kuat yang bisa membuat tubuh menyerap nitrat berbahaya. 

Apa Pentingnya Membaca Komposisi?

Dari ulasan di atas bisa disimpulkan jika membaca label kemasan pasta gigi sangat penting untuk dilakukan khususnya pasta gigi untuk anak 2 tahun. Dari hasil beberapa penelitian yang sudah dilakukan, batas aman penggunaan detergen pasta gigi SLS dalam pasta gigi hanya di bawah 0.5%. Selain SLS, detergen lain yang juga bisa menyebabkan sariawan terjadi adalah pyrophosphate dan juga zat perasa yang juga bertanggung jawab atas terjadinya sariawan pada mulut anda.

Apabila memang dalam pasta gigi yang sering anda gunakan mengandung beberapa bahan seperti yang sudah disebutkan di atas, maka sebaiknya segera ganti pasta gigi anda dan jika perlu konsultasikan dengan dokter gigi untuk memastikan apakah pasta gigi yang anda gunakan aman atau tidak.

Ternyata meski terlihat sepele, pasta gigi juga ikut andil terhadap berbagai gangguan kesehatan mulut dan seluruh tubuh pada saat kandungan detergen dalam pasta gigi sampai tertelan dan terjadi setiap hari. Semoga ulasan dari kami ini bisa memberikan banyak informasi untuk anda dan kesehatan gigi serta tubuh secara menyeluruh.