Sponsors Link

Bahaya Memutihkan Gigi Dengan Arang yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Sebelumnya halogigi pernah menyampaikan kepada anda bahaya arang untuk gigi. Namun ada beberapa bahaya lannya dari penggunaan arang untuk gigi anda. Berikut ini penjelasan bahaya memutihkan gigi dengan arang yang perlu anda ketahui. Yuk kita simak infomasi selengkapnya.

ads

1. Potensi Luka Terbuka, Lecet atau Abrasi Meningkat

Bahaya memutihkan gigi dengan arang bisa membuat potensi luka terbuka, lecet atau abrasi pada mulut dan gigi anda meningkat. Faktor pentingnya menggosok gigi dengan teknik yang tidak benar bisa menjadi penyebabnya. Selain itu pemilihan sikat gigi yang tidak sesuai dengan struktur gigi dan bulu sikat gigi yang kasar bisa menyebabkan kotoran sulit dibersihkan dan menyebabkan mudah terjadinya luka terbuka, lecet atau abrasi pada gigi dan mulut anda. Dalam kasus memutihkan gigi dengan arang, pemilihan jenis arang berpengaruh pada kondisi gigi anda.

Hal ini karena beberapa bahan baku pembuat arang memiliki tingkat kehalusan tekstur yang berbeda. Oleh karena itu jika anda memilih arang dengan tekstur yang tidak tepat, salah-salah bisa menjadi penyebab luka terbuka, lecet atau abrasi pada anda. Parahnya lagi, saat anda salah memilih jenis arang yang digunakan, teknik mengosok gigi, dan jenis sikat gigi secara bersamaan. Tentunya hal tersebut bisa memperparah luka terbuka, lecet atau abrasi.

Dengan demikian perlunya anda mengetahui jenis arang apa yang baik digunakan sebagai cara untuk memutihkan gigi. Solusi tersebut bisa menjadi langkah awal apabila anda ingin memutihkan gigi dengan arang. Anda pun perlu mengetahui cara membuat pasta gigi dengan arang dan cara pakai charcoal powder untuk gigi.

2. Akumulasi Plak Bertambah

Akumulasi plak bertambah adalah penambahan jumlah plak pada gigi anda. Plak bisa terjadi akibat kondisi mulut dan gigi anda tidak dibersihkan dengan baik dan benar. Perawatan kesehatan secara rutin seperti pentingnya menggosok gigi, berkumur dengan obat kumur dan membersihkan sela gigi saja tidak cukup. Anda perlu melakukan pengecekan kesehatan gigi dengan melakukan manfaat cuci gigi supaya gigi anda bersih.

Teknologi bahan dan kandungan pasta gigi banyak yang menawarkan cara memutihkan gigi secara alami. Cara ini tentunya memang efektif dan banyak menarik perhatian konsumen. Namun ada sebagian konsumen yang lebih tertarik membuat pasta gigi dari arang dan membeli produk pasta gigi dari arang secara online untuk memutihkan gigi mereka.

Sebenarnya bahaya arang untuk gigi bisa saja mengintai mereka. Hal ini karena formulasi dan dosis yang digunakan tidak semua cocok pada setiap orang. Pada sebagian orang memutihkan gigi dengan arang bisa menyebabkan gigi malah menambah plak.

Faktor bubuk arang yang belum tercampur sempurna dan pada saat menggosokkan pasta gigi dari arang tidak dibersihkan dengan bersih sehingga masih ada arang yang terselip pada gigi anda. Jika tidak dibersihkan dengan segera, justru arang yang bisa memutihkan gigi malah membantu meningkatkan jumlah kotoran pada gigi dan mulut anda. Peningkatan jumlah kotoran ini bisa menyebabkan bakteri mudah berkembang dan menyebar pada gigi anda.

Sponsors Link

3. Enamel Gigi Hilang

Pada poin ke 2 (dua) halogigi sudah menyampaikan bahwa jenis arang, teknik menyikat gigi dan pemilihan sikat gigi bisa mendukung akumulasi plak bertambah. Selain itu, masalah lain bisa menimbulkan permukaan enamel gigi hilang. Tanda enamel gigi anda hilang adalah munculnya warna gigi yang transparan (bening) di bagian ujung gigi, tepi gigi mulai bergerigi, retak atau penyok pada gigi, karies gigi, gigi menguning dan gigi anda mudah mengalami sensitif.

Cara mencegah supaya enamel gigi tidak hilang adalah menggunakan pasta gigi berlouride untuk memperkuat gigi melawan kerusakan, mencegah kebiasan makanan terlalu panas atau dingin, mengurangi kebiasan yang dapat menghilangkan enamel gigi seperti mengeretakkan gigi dan menggosok gigi terlalu keras.

4. Keausan Pada Gigi

Keausan pada gigi adalah hilangya struktur gigi karena faktor lain selain karies gigi. Faktor seperti diet, kebiasaan parafungsional (gerakan gigi yang tidak sesuai fungsinya), penuaan bsa mempengaruhi keausan pada gigi. Tahapan keausan pada gigi bisa terjadi akibat kontak antara gigi dengan gigi, erosi pada gigi, Penyebab gigi abrasi, pemilihan pasta gigi yang salah, cara menggosok gigi.

Sponsors Link

Bahaya memutihkan gigi dengan arang tentunya bisa terjadi pada siapa saja. Memang benar produk herbal seperti maupun arang yang saat ini sedang trend di masyarakat memberikan manfaat dan khasiat tertentu, khususnya dalam kesehatan gigi anda. Namun anda perlu mengetahui bahwa setiap perawatan herbal perlu disesuaikan dengan kondisi gigi anda. Oleh karena itu, konsultasi ke dokter gigi perlu dilakukan supaya perawatan kesehatan gigi menggunakan arang dan produk herbal lainnya dapat memberikan manfaat dan mencegah efek samping dari pemakaiannya.

Bagi anda sekalian yang memang tidak berkonsultasi ke dokter gigi karena faktor lain, sebaiknya anda menggunakan dosis dan takaran yang tepat yang sesuai dengan anda. Oleh karenanya, anda bisa mencari beberapa referensi seperti resep, tips dan aturan pemakaian menggunakan arang untuk gigi anda. Jika treatment tersebut memberikan efek samping negatif kepada anda sebaiknya hentikan sebelum terjadi masalah gigi dan mulut lainnya. Demikian yang bisa halogigi sampaikan. Salam gigi sehat.

Sponsors Link
, ,




Oleh :
Kategori : Masalah Gigi