Sponsors Link

4 Bahaya Mencabut Gigi Saat Masih Sakit yang Harus Dihindari

Sponsors Link

Sobat semua pernah sakit gigi? Saya pernah sobat dan rasanya memang sangat luar biasanya sakit sampai ke ubun – ubun ya sobat. Jika sudah mengalami hal ini emosi kita cepat naik karena memang rasa sakit tersebut tidak tertahankan.

ads

Selain emosi, kita juga jadi malas berbicara apalagi untuk makan dan minum. Karena setiap makanan dan minuman yang masuk ke mulut apalagi kena ke gigi yang sakit akan sangat berdampak tidak enak bagi kita. Untuk itu tetaplah jaga kebersihan gigi anda ya sobat agar tidak samapi merasakan hal tidak enak seperti ini. Baca juga mengenai gigi retak dan ngilu.

Pada umumnya apabila sedang sakit gigi, kebanyakan orang ingin segera mencabutnya dengan alasan karena sudah tidak tahan dengan rasa sakit yang dialaminya. Padahal sebenarnya pencabutan gigi pada saat masih sakit tidak dianjurkan atau bahkan dilarang oleh dokter gigi loh sobat.

Alasannya adalah jika mencabut gigi pada saat kondisi masih sakit akan menimbulkan bahaya yang dapat mengancam keselamatan pasien tersebut. Wah, serem juga ya sobat. Baca juga mengenai efek mencabut gigi yang sedang sakit.

Untuk itu ada baiknya sobat semua mengerti dan mengetahui apa saja bahaya mencabut gigi saat masih sakit. Yuk sobat kita simak saja penjelasan berikut ini.

  • Bisa Menimbulkan Infeksi

Bahaya mencabut gigi saat masih sakit yang pertama ialah menimbulkan infeksi. Gigi yang dicabut pada saat masih sakit akan berpotensi mendatangkan infeksi pada gigi anda. Jika sudah terjadi infeksi bukannya sembuh tetapi malah menambah sakit ya sobat. Sebaiknya jangan dilakukan ya. Baca juga mengenai gusi bengkak pada ibu hamil.

  • Penggunaan Obat Bius Akan Sia – Sia

Saat infeksi dan meradang, obat bius yang disuntik dan digunakan sebagai penghilang rasa sakit pada proses pencabutan gigi tersebut, tidak akan bekerja maksimal atau bahkan tidak bekerja sama sekali.

Jadi sudah bisa ya sobat anda bayangkan jika gigi anda dicabut tetapi tidak menggunakan obat bius sama sekali. Pastinya rasanya akan sangat sakit dan mungkin anda tidak kuat untuk menahannya. Jadi lebih baik tunggu agar rasa sakitnya hilang dulu ya sobat. Baca juga mengenai penyebab gusi bengkak pada gigi berlubang.

  • Bisa Menimbulkan Pendarahan

Pada proses pencabutan, maka pasti akan ada pendarahan, yang berarti bahwa terbukanya saluran pembuluh darah, kuman yang terdapat pada gigi akan bisa masuk ke pembuluh darah yang tadi terbuka.

Jika hal ini sudah terjadi, bukan hanya sakit gigi yang anda rasakan, tetapi peluang sakit yang lainnya juga mungkin saja akan anda alami apabila kuman – kuman sudah bebsa masuk ke pembuluh darah anda. Serem ya sobat, sebaiknya ikuti anjuran dokter saja ya, hitung – hitung cari aman buat anda saja sobat. Baca juga mengenai gusi bengkak tapi tidak sakit.

Sponsors Link

  • Bisa Menyebabkan Peradangan

Bahaya mencabut gigi saat masih sakit yang terakhir yakni menyebabkan peradangan. Pada peradangan, tentu saja aliran pembuluh darah kebagian nyeri akibat gigi bengkak tersebut, akan lebih banyak sehingga potensi terjadinya pendarahan yang banayak serta waktu yang lebih lama akan berpeluang sangat besar untuk anda alami.

Sponsors Link

Karena kondisi mulut yang disebabkan oleh gigi anda yang sakit, kemungkinan besar mulut anda tidak akan bisa dibuka lebar pada saat akan pencabutan gigi. Selain susah bagi dokter untuk melakukan pencabutan tersebut, ini sama saja halnya anda menyiksa diri sendiri sobat karena pasti sakitnya akan luar biasa.

Jadi sebaiknya anda bersabar dahulu dan buang jauh  – jauh niat untuk mencabut gigi anda pada saat masih sakit ya sobat karena berdampak negatif bagi keselamatan anda.

Sampai disini dulu sobat pembahasan mengenai bahaya mencabut gigi saat masih sakit. Semoga informasi dalam artikel ini bermanfaat bagi sobat semua. Sampai jumpa dan salam gigi sehat.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini