Sponsors Link

15 Bahaya Mencabut Gigi Sembarangan yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Pernahkah anda merasakan sakit gigi? Sakit gigi adalah salah satu penyakit umum yang hampir setiap orang didunia ini pernah merasakannya. Sakit gigi bisa terjadi pada siapapun juga, baik anak – anak maupun orang dewasa. Sakit gigi dapat dicegah dengan cara disiplin membersihkan gigi dan rongga mulut dengan benar. Pada saat kita merasakan sakit gigi barulah kita sadar akan pentingnya menjaga kebersihan gigi dan mulut. Anda dapat membaca informasi tentang jenis jenis penyakit gigi.

ads

Gigi yang sakit tidak harus langsung di cabut,  karena gigi mempunyai beberapa bagian. Bagian pada gigi yang terluar adalah email gigi, kemudian dibawah email ada dentin, dan bagian dalam gigi adalah pulpa. Jika terjadi kerusakan pada email gigi dan dentin maka gigi masih dapat dipertahankan dan tidak perlu dicabut. Namun apabila yang rusak adalah bagian pulpa, maka harus dilakukan perawatan saraf. Hal ini dikarenakan pulpa merupakan suatu rongga yang terdapat dibawah dentin yang didalamya merupakan elemen jaringan seperti pembuluh darah dan saraf.

Gigi yang harus dicabut karena tidak dapat dipertahankan lagi, hendaknya dilakukan oleh dokter gigi yang memang sudah ahlinya. Apabila dilakukan pencabutan gigi yang tidak melalui prosedur atau sembarangan, maka hal itu dapat berakibat fatal. Berikut ini adalah beberapa bahaya mencabut gigi sembarangan.

Bahaya Mencabut Gigi Sembarangan

  1. Mengakibatkan Sakit dan Tidak Nyaman

Yang paling utama dari bahaya mencabut gigi sembarangan yaitu rasa nyeri dan sakit yang tak tertahankan. Rasa sakit ini disebabkan karena anda tidak tau apakah diperlukan obat bius (anastesi) atau tidak, untuk kondisi pencabutan gigi anda.

  1. Mengakibatkan Terjadinya Infeksi

Infeksi sangat mungkin terjadi jika anda melakukan pencabutan gigi sendiri atau tidak dengan ahlinya. Hal ini disebabkan alat – alat yang di gunakan mungkin tidak steril, sehingga luka yang timbul dari pencabutan gigi menjadi konsumsi bakteri sehingga terjadilah infeksi.

  1. Mengakibatkan Terjadinya Peradangan

Radang atau bengkak bisa terjadi karena saraf dan rahang mengalami trauma, selain itu radang juga adalah reaksi lanjutan dari infeksi. Jika luka sudah terinfeksi dan tidak segera ditangani maka dapat terjadi peradangan.

  1. Mengakibatkan Terjadinya Pendarahan

Mencabut gigi sembarangan juga sangat berbahaya bagi penderita diabetes, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung. Pada penderita diabetes akan sulit menghentikan pendarahan dan menghambat penyembuhan luka. Sementara pada penderita tekanan darah tinggi dan jantung, beberapa obat tertentu yang dikonsumsi dapat menghambat proses pembekuan darah.

  1. Mengakibatkan Sakit Kepala dan Demam

Selain peradangan, infeksi yang disebabkan oleh pencabutan gigi yang sembarangan dapat mengakibatkan demam dan sakit hingga ke kepala.

Sponsors Link

  1. Mengakibatkan Gangguan Pencernaan

Rasa sakit yang ditimbulkan, apalagi jika sampai terjadi infeksi dan peradangan tentunya akan berakibat kapada daya kunyah makanan. Makanan yang semula di kunyah dengan baik, kini hanya dikunyah beberapa kali dan kemudian langsung di telan. Hal ini tentunya akan membuat kerja pencernaan menjadi lebih berat sehingga dapat menimbulkan gangguan pada pencernaan.

ads

  1. Mengakibatkan Masalah Mulut

Masalah mulut yang dapat terjadi antara lain adalah bahaya gigi ompong. Selain itu terjadinya infeksi, peradangan atau pendarahan sudah tentu akan mengakibatkan nafas tak sedap. Hal ini dapat mengganggu aktifitas dan pergaulan sehari – hari.

  1. Mengakibatkan Kerusakan Akar Gigi

Bahaya lain dari pencabutan gigi yang sembarangan adalah, jika gigi yang dicabut sudah pecah dan rapuh. Maka ada kemungkinan akar gigi patah atau tertinggal pada saat pencabutan.

  1. Mengakibatkan Gangguan Sinusitis

Salah satu bahaya cabut gigi sembarangn adalah dapat terjadi trauma pada bagian sinus dan menimbulkan infeksi. Gangguan terhadap sinus ini ditandai dengan sakit kepala, flu, bersin – bersin, nyeri pada bagian rahang hingga sekitar rongga sinus.

  1. Mengakibatkan Retak atau Pergeseran Rahang

Retak atau pergeseran pada rahang adalah salah satu bahaya yang dapat ditimbulkan bila gigi dan akar gigi yang dicabut masih melekat kuat pada rahang. Tekanan alat yang digunakan untuk mencabut dapat mengakibatkan pergeseran atau keretakan pada rahang.

  1. Mengakibatkan Gusi Robek

Resiko lain adalah dapat mengakibatkan gusi robek. Adanya udara yang masuk ke dalam jaringan mengakibatkan bagian gusi menjadi rentan.

  1. Mengakibatkan Kerusakan dan Gangguan Saraf Gigi

Kerusakan dan gangguan pada saraf gigi dapat menjadi salah satu dari bahaya pencabutan gigi yang sembarangan. Gangguan saraf gigi ini misalnya, lidah menjadi kaku atau terjadi mati rasa.

  1. Mengakibatkan Aleargi dari Obat Antibiotik

Mencabut gigi sembarangan sangat berbahaya. Bila setelah mencabut gigi kita mengkonsumsi obat – obatan antibiotik yang tidak sesuai dengan anjuran dokter. Hal ini dapat mengakibatkan alergi obat dengan gejala seperti gatal – gatal, mual, atau bahkan pembengkakan pada wajah.

  1. Mengakibatkan Osteoradionekrosis pada Penderita Kanker

Pada penderita kanker yang sedang dalam perawatan penyinaran atau kemoterapi, sangat tidak dianjurkan untuk mencabut gigi. Karena dapat mengakibatkan terjadinya osteoradionekrosis (radang tulang akibat terpapar radiasi yang berlebihan). Luka yang terjadi akibat pencabutan gigi akan sulit sembuh dan dapat mengakibatkan radang tulang, karena adanya radiasi dari proses kemoterapi.

  1. Mengakibatkan Komplikasi Terhadap Organ Penting

Komplikasi terhadap organ penting lain dapat terjadi bila kita mencabut gigi sembarangan dan tidak sesuai dengan prosedur serta tidak dengan ahlinya. Komplikasi terhadap organ penting lain seperti dengan jantung, paru – paru, ginjal dan organ lainnya.

Begitu banyaknya bahaya yang diakibatkan oleh mencabut gigi yang sembarangan. Oleh sebab itu sebaiknya kita tidak mencabut gigi sendiri atau tidak dengan dokter atau ahli gigi. Rawatlah gigi anda selagi gigi masih sehat dan dapat dipergunakan dengan maksimal. Berikut beberapa tips merawat gigi.

Sponsors Link

Tips Perawatan Gigi

  • Sikatlah gigi secara rutin 2 kali sehari, pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Berikut cara menyikat gigi dengan benar.
  • Sebaiknya jangan langsung menyikat gigi setelah makan. Karena setelah makan, mulut sedang dalam kondisi asam yang dapat menimbulkan iritasi pada gusi. Lakukanlah setelah 1 jam kemudian di saat PH mulut sudah naik, dan sikat gigipun menjadi lebih efisien.
  • Hindari rokok, minuman yang terlalu panas, dan terlalu dingin, serta minuman yang mengandung kafein dan alkohol. Karena semua itu dapat merusak email gigi.
  • Mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi sangat baik untuk kesehatan tubuh dan gigi. Konsumsilah makanan yang menyehatkan gigi dan makanan yang menguatkan gigi. Hindari makanan yang dapat merusak gigi.
  • Kunjungi dokter gigi anda minimal 6 bulan sekali untuk mendapatkan perawatan yang maksimal serta tindakan yang cepat dan tepat jika memang dianggap perlu.

Bahaya mencabut gigi sembarangan berikut tips perawatan gigi yang kami sajikan melalui artikel ini, semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat buat anda. Nantikanlah artikel – artikel informatif kami lainnya hanya di Halogigi.com. Tetaplah menjaga kesehatan gigi dan mulut anda.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini