Bahaya Obat Kumur yang Wajib Anda Ketahui

Bahaya Obat KumurBahaya obat kumur, bagi anda yang sering menggunakan obat kumur setelah menyikat gigi. Perlu anda ketahui juga bahwa obat kumur yang anda gunakan untuk membersihkan mulut dan gigi anda dari sisa sisa makanan yang anda konsumsi. Memang bagus karena sisa sisa makanan yang ada di dalam gigi dan mulut harus di bersihkan agar tidak terkena masalah gigi seperti gigi berlubang dan gigi keropos. Selain obat kumur juga ada beberapa Makanan yang Dapat Merusak Gigi dan makanan ini yang wajib anda hindari.

Akan tetapi anda juga harus mengetahui bahaya dari obat kumur yang anda gunakan bagi kesehatan gigi dan mulut yang banyak orang tidak sadar akan adanya bahaya dari obat kumur yang mereka gunakan. Cara untuk membersihkan sisa makanan yang berada di gigi dan mulut memang dengan berkumur atau dengan sikat gigi. Akan tetapi sebagai pengguna obat kumur juga harus hati hati, kita harus mengetahui kandungan apa saja yang ada di dalam obat kumur yang kita gunakan. Obat kumur ada yang berbahaya karena di dalam nya terdapat kandungan yang bisa merusak gigi dan gusi anda.

Zat yang bisa merusak gigi dan gusi adalah kandungan dari alkohol yang ada di dalam obat kumur. Semakin maju teknologi sehingga semakin banyak pula perusahaan yang memproduksi obat kumur dan memiliki kandungan yang beraneka ragam, ada juga yang memiliki kandungan sampai ± 30%. Jika di lihat memang benar bahwa alkohol memiliki peran yang baik untuk mengoptimalkan dari fungsi menthol, fungsi thymol dan juga fungsi eucalyptol yang akan menembus langsung ke lapisan gigi pada bagian luar dan juga membersihkan plak gigi anda.

Anda tak perlu takut dengan kandungan alkohol yang ada di dalam obat kumur karena alkohol tersebut tidak akan menyebabkan kematian. Hanya saja alkohol yang ada di dalam obat kumur akan membuat mulut anda menjadi kering, kenapa mulut menjadi kering? karena mulut anda kehilangan zat yang memiliki fungsi untuk menjaga agar mulut anda tetap basah dan juga tetap lembab. Baca juga : Cara Mengatasi Gigi Goyang

Bahaya Obat Kumur jika Sering digunakan

Ada penelitian yang menyebutkan bahwa kandungan alkohol dalam obat kumur memiliki resiko kanker mulut. Dalam penelitian yang sama juga ada yang mengatakan bahwa kandungan etanol yang terdapat di dalam obat kumur bisa membuat peningkatan dari zat berbahaya yang juga memiliki beberapa kemampuan seperti menembus dengan sangat mudah ke area mulut.

Anda juga harus tahu bahwa terdapat zat kimia seperti chlorhexidine gluconate yang ada di dalam obat kumur bisa membuat noda di gigi anda. Akan tetapi zat chlorhexidine gluconate memiliki peran yang bagus juga yaitu untuk menghilangkan plak yang ada di gigi anda dan juga bisa mengurangi bakteri yang ada di dalam mulut anda. Selain itu chlorhexidine gluconate ini juga memiliki efek samping, bisa membuat bau mulut anda tidak sedap dan terdapat noda di gigi. Terutama jika anda menggunakannya secara terus menerus maka akan membuat enamel gigi anda berubah warna menjadi kecokelatan.

Cara Aman Menggunakan Obat Kumur

Jika anda masih bingung dan menimbulkan pertanyaan tentang obat kumur yang anda gunakan, apakah harus berhenti atau tetap menggunakan obat kumur. Karena kita juga di sarankan menggunakan obat kumur untuk membersihkan sisa sisa makanan yang dikonsumsi agar gigi kita tetap bersih dan mulut kita tidak bau. Selain menggunakan obat kumur anda juga harus mengkonsumsi Makanan yang Menguatkan Gigi agar gigi anda terhindar dari segala masalah yang akan membuat gigi anda berlubang atau keropos. Jika gigi anda sudah terlanjur berlubang maka lebih baik anda segera menambal gigi anda dengan Jenis Bahan Tambal Gigi yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan anda.

Maka anda tak perlu takut lagi, kita semua masih bisa menggunakan obat kumur dengan aman tetapi kita juga harus hati hati, saat kita membeli obat kumur maka kita harus mencari obat kumur yang tidak memiliki kandungan alkohol sehingga sudah dipastikan bahwa obat kumur yang kita beli aman untuk di gunakan dan tidak akan membuat mulut kita kering atau menimbulkan nodal di gigi. Maka dari itu dalam memilih obat kumur kita harus hati hati agar mulut dan gigi kita tetap sehat selalu.