Sponsors Link

Bahaya Operasi Gigi Saat Hamil – Penyebab, Gejala dan Pengobatan

Sponsors Link

Saat hamil kemungkinan ibu hamil sering mengalami masalah gigi dan mulut seperti gingivitis, benjolan gusi dan karies gigi. Bagi para ibu hamil yang sudah mengalami masalah gigi dan mulut seringkali keputusan untuk melakukan kegiatan operasi adalah berat. Beberapa bahaya operasi gigi saat hamil bisa mengintai mereka. Berikut ini bahaya operasi gigi saat hamil akan disampaikan dengan mudah untuk anda.

ads

1. Hipertensi

Hipertensi adalah kondisi tekanan darah tinggi pada dinding arteri meningkat. Hipertensi pada saat operasi gigi bisa terjadi karena pengaruh posisi duduk ibu hamil saat di meja operasi. Oleh karena itu ibu hamil perlu menanyakan kepada dokter gigi yang menanganinya selama operasi gigi mengenai posisi yang aman ketika sedang operasi gigi.

2. Stress Pada Ibu Hamil

Tidak semua orang memiliki mental yang kuat saat menghadapi operasi meskipun itu operasi gigi. Pada ibu hamil tingkat emosi dan stress ibu hamil sangat fluktuatif, tentunya apabila ibu hamil tidak memiliki kesiapan mental, ibu hamil akan mudah mengalami stress. Tingkat stress pada ibu hamil akan mempengaruhi janin atau bayi yang dikandung. Ternyata stress ketika operasi gigi bisa terjadi sebelum operasi gigi. Berikut ini dampak stres terhadap kesehatan gigi perlu anda ketahui.

3. Hilang Kesadaran

Hilang kesadaran pada ibu hamil bisa terjadi selama kegiatan operasi gigi karena pemberian obat anestesi. Oleh karena itu dokter gigi yang menangani perlu memperhatikan kondisi ibu hamil selama operasi gigi.

4. Kontraksi Saat Operasi Gigi

Kotraksi pada ibu hamil bisa menyebabkan perut terasa kram sehingga menimbulkan rasa nyeri pada ibu hamil. Upaya pencegahan oleh dokter bisa dilakukan dengan memberikan obat anestesi yang aman untuk ibu hamil.

5. Bahaya Pada Janin Atau Bayi yang Dikandung

Saat melakukan operasi gigi ketika hamil, bahaya pada janin atau bayi yang dikandung bisa terjadi. Penggunaan obat anestesi pada saat operasi gigi perlu digunakan untuk mempermudah proses selama pembedahan. Sayangnya penggunaan anestesi bisa memberikan komplikasi lain. oleh karena itu dokter yang menangani pasien hamil ketika operasi gigi perlu mengetahui upaya pencegahan komplikasi akibat obat anestesi.

6.Infeksi Pasca Operasi Gigi

Infeksi setelah proses operasi gigi bisa  terjadi karena setelah operasi akan ada pendarahan. Apabila kebersihan gigi tidak terjaga melalui cara menyikat gigi dengan benar. Adapun infeksi setelah proses operasi gigi bisa dicegah dengan cara pemberian antibiotik oleh dokter. Namun untuk ibu hamil dosis yang digunakan akan lebih rendah sehinggan aman diberikan pada ibu hamil dan tidak menganggu kondisi janinnya.

Sponsors Link

Cara Mengatasi Bahaya Operasi Gigi Saat Hamil

Cara mengatasi bahaya operasi gigi saat hamil diharapkan bisa menjadi cara alternatif ibu hamil untuk mengurangi resiko bahaya operasi gigi saat hamil. Berkut ini beberapa cara yang bisa dilakukan oleh ibu hamil untuk mengatasi bahaya operasi gigi saat hamil.

ads

1. Tingkatkan Pengetahuan Kesehatan Gigi

Perlunya meningkatkan pengetahuan ibu hamil akan kesehatan gigi khususnya saat hamil sangat penting. Tingkat pengetahuan ibu hamil berdasarkan kondisi kesehatan gigi bisa sangat mempengaruhi dan sudah terbukti dari beberapa hasil penelitian. Ibu hamil bisa menambah pengetahuan dengan membaca beberapa artikel kesehatan seperti artikel kesehatan gigi dari halogigi, konsultasi dengan dokter, ikut kegiatan penyuluhan kesehatan gigi dan bertanya kepada sesama ibu hamil.

2. Pola Hidup Sehat

Pola hidup sehat perlu dilakukan oleh setiap orang tidak terkecuali oleh ibu hamil. Pada ibu hamil pola hidup sehat bisa dilakukan dengan manfaat rolahraga bagi kesehatan gigi dan memilih makanan dan minuman yang sehat dan bergizi. Pola hidup sehat tidak akan memberikan hasil yang langsung instant, untuk itu anda perlu melakukan pola hidup sehat secara rutin. Perlu ibu hamil ketahui pola hidup sehat bisa mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan janin atau bayi sehingga ketika ibu hamil akan melahirkan bayi yang dilahirkan pun akan memiliki kondisi yang sehat.

3. Konsultasi ke Dokter Terpecaya

Bagi anda yang belum pernah berkonsultasi selain ke dokter kandungan. Ibu hamil yang mengalami masalah gigi dan mulut perlu melakukan konsultasi ke dokter gigi terpercaya. Cara anda supaya mengetahui dokter tersebut terpercaya dan aman dengan cara mengecek ijin praktek dokter tersebut dan cek jadwal praktek dokter tersebut. Biasanya dokter berpengalaman memiliki jadwal praktek yang cukup banyak. Dengan anda berkonsultasi ke dokter terpercaya tentunya anda akan diberikan informasi dan masukan mengenai prosedur perawatan gigi sebelum dan pasca operasi seperti pantangan setelah operasi gigi bungsu saat hamil sehingga aman.

4. Pertimbangkan Bahaya Operasi Gigi dengan Kondisi Kehamilan

Pertimbangan bahaya operasi gigi perlu dilakukan oleh ibu hamil dengan dokter gigi maupun dokter kandungan. Dengan mempertimbangkan bahaya dan resiko operasi gigi saat hamil bisa membantu ibu hamil terhindar dari hal tersebut. Selain itu pertimbangan yang dilakukan dalam prosedur operasi gigi saat hamil perlu direncanakan dengan matang. Bahaya operasi gigi saat hamil bisa dilihat dari pengaruh usia kehamilan. Beberapa dokter menyarankan kegiatan operasi gigi dilakukan pada usia kehamilan trisemester kedua. Anda perlu mengetahui cabut gigi saat hamil 9 bulan.

Demikian informasi halogigi terkait dengan bahaya operasi gigi saat hamil dan cara mengatasi bahaya operasi gigi saat hamil. Semoga dapat memberikan manfaat bagi anda semua. Salam gigi sehat.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini