Sponsors Link

8 Cara Menghilangkan Bau Mulut Akibat Gigi Berlubang

Sponsors Link

Bau mulut memang sangat mengganggu aktivitas terutama saat berbicara dengan orang lain. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan bau mulut seperti salah satunya gigi berlubang yang tidak dirawat. Bahkan gigi berlubang dengan ukuran kecil sudah bisa menjadi penyebab bau mulut. Bau mulut akibat gigi berlubang terjadi pada saat lubang pada gigi menjadi sarang sisa makanan. Jika jarang dibersihkan, maka sisa makanan semakin menumpuk dan menjadi media bakteri. Nantinya, bakteri akan mencerna sisa makanan tersebut sebagai sumber makanan dan akhirnya terjadi pembusukan dan timbul bau tidak sedap. Jika anda memiliki masalah ini, berikut kami punya cara ampuh untuk mengatasinya.

ads

1. Tambal atau Cabut Gigi

Manfaat cabut gigi berlubang atau tambal gigi menjadi cara pertama untuk mengatasi bau mulut akibat gigi berlubang yang bisa anda lakukan. Selain untuk mengatasi bau mulut, ini juga menjadi cara terbaik untuk mencegah kerusakan gigi lebih lanjut.

Jika lubang masih kecil, maka disarankan untuk ditambal, Namun jika dokter sudah tidak mungkin melakukan penambalan, maka pilihan terakhir yang bisa dilakukan adalah cabut gigi dan sebaiknya jangan tolak saran tersebut.

2. Sikat Gigi Teratur

Menyikat gigi memakai cara menyikat gigi dengan benar juga menjadi cara termudah untuk merawat gigi sekaligus mengatasi bau mulut. Rajin menyikat gigi setidaknya 2 kali sehari sesudah makan dan sebelum tidur bisa sangat membantu menjaga kebersihan gigi dan mulut.

3. Flossing

Flossing gigi atau benang gigi adalah alat berbentuk benang yang bisa dipakai untuk membersihkan sela sela gigi. Dental floss ini mampu mencapai bagian gigi yang tidak bisa dijangkau ketika memakai sikat gigi.

Flossing ini juga menjadi cara terampuh untuk mencegah pembentikan plak pada gigi penyebab gigi berlubang dan bau mulut. Meski memang ini bukan menjadi cara langsung menghilangkan bau mulut, akan tetapi menggunakan alat ini bisa menjaga kebersihan dan kesehatan gigi serta gusi anda.

4. Pakai Obat Kumur Anti Bakteri

Sesudah rutin menyikat gigi dan memakai benang gigi, maka pastikan juga untuk berkumur memakai obat kumur anti bakteri yang sangat ampuh untuk mencegah gigi berlubang sekaligus mengurangi bau mulut serta cara untuk menghilangkan bau jigong. Pastikan obat kumur yang anda pakai sesuai dengan kondisi mulut dan jika perlu konsultasikan juga dengan dokter gigi.

5. Pastikan Makanan Tidak Tersangkut

Sesudah makan, maka ini menjadi waktu yang paling tepat untuk membersihkan gigi. Selain bisa membersihkan segala sisa makanan, menyikat gigi atau membersihkan lidah bisa membuat mulut anda lebih bersih dan lebih segar sekaligus mencegah penyebab gigi bau.

6. Hindari Kebiasaan Buruk Merokok

Rokok dan banyak kandungan kimia didalamnya menjadi salah satu penyebab masalah pada gigi dan mulut karena memang banyak pengaruh rokok pada gigi. Pada awalnya, rokok bisa mempengaruhi suplai darah ke gusi dan gusi akan kekurangan nutrisi serta oksigen sehingga infeksi semakin rentan terjadi.

Sponsors Link

Selain itu, bahan kimia yang terkandung di dalam rokok juga bisa menyebabkan kerusakan pada lapisan paling luar gigi dan akhirnya memicu timbulnya kerak gigi.

7. Konsultasikan Kesehatan Gigi dan Mulut

Meski kondisi gigi dan mulut terlihat sehat, namun memeriksakan kondisi gigi sebaiknya tetap dilakukan.Sangat disarankan untuk minimal 6 bulan sekali berkonsultasi tentang kesehatan gigi dan mulut bersama dokter gigi. Pastikan juga jika tidak ada gigi yang berlubang dan jika memang terjadi khususnya gigi berlubang tembus gusi, maka segera lakukan perawatan atau penambalan jika memang dibutuhkan.

8. Perhatikan Jenis Makanan

Makan tentunya sangat berpengaruh pada ciri gigi sehat termasuk juga mulut. Untuk itu, pastikan anda hanya mengkonsumsi makanan yang ramah pada gigi dan mulut atau hindari makanan yang bisa menyebabkan kerusakan gigi. Beberapa jenis makanan yang harus dihindari diantaranya adalah permen dan minuman yang memiliki kadar gula serta asam tinggi termasuk juga buah dengan rasa yang asam.

Sponsors Link
, , , , ,