Sponsors Link

Bayi 1 Tahun Belum Tumbuh Gigi, Bahaya atau Tidak?

Sponsors Link

Sebagai orangtua yang masih baru, tentunya pertumbuhan gigi pertama menjadi hal yang menyenangkan untuk dinanti. Namun, bagaimana untuk bayi 1 tahun belum tumbuh gigi?, apakah hal ini normal?, berikut penjelasan selengkapnya untuk anda.

ads

Secara umum, gigi susu pertama akan tumbuh sekitar 4 hingga 8 bulan. Akan bayi 1 tahun belum tumbuh gigi juga bisa terjadi bahkan hingga usia 1 ½ tahun dan ini merupakan rentang normal untuk gigi yang muncul. Hal tersebut bisa terjadi karena kecepatan pertumbuhan setiap anak berbeda beda dan berikut adalah beberapa penyebab bayi telat tumbuh gigi yang sangat penting untuk diketahui.

1. Jenis Kelamin

Jenis kelamin menjadi faktor penyebab bayi belum tumbuh gigi hingga berusia 1 tahun. Bayi perempuan biasanya akan tumbuh gigi lebih awal dibandingkan laki laki. Untuk itu, tanda tanda bayi tumbuh gigi pada bayi laki laki biasanya akan terlambat.

2. Genetik

Faktor lain yang bisa mempengaruhi bayi 1 tahun belum tumbuh gigi adalah faktor genetik atau keturunan. Jika anda orang tua yang pernah memiliki masalah keterlambatan tumbuh gigi, maka bisa dipastikan hal ini juga akan diturunkan pada anak.

3. Kurang Gizi

Gizi buruk juga bisa menjadi faktor keterlambatan tumbuh gigi. Bayi berada di masa golden age sehingga sangat butuh banyak nutrisi untuk mendukung pertumbuhan. Jika bayi kekurangan nutrisi, maka bisa menyebabkan pertumbuhan terganggu.

Untuk itulah, ASI sangat direkomendasikan dibandingkan jenis makanan lain sebab bisa memberikan kebutuhan nutrisi bayi termasuk juga pada ciri ciri gigi bayi akan tumbuh.

4. Hipotiroidisme

Hipotiroidisme merupakan penyakit kelenjar tiroid yang kurang aktif. Hipotiroidisme ini bisa mengganggu pertumbuhan gigi, menghambat proses bicara dan juga berjalan pada bayi. Selain itu, bayi jika akan mengalami obesitas akibat hipotiroidisme yang tidak boleh dibiarkan.

5. Kekurangan Vitamin D

Fungsi dari vitamin D adalah untuk membantu tubuh mengelola kalsium yang dibutuhkan untuk mengelola kalsium yang dibutuhkan untuk membangun tulang dan gigi kuat.

Bayi yang kekurangan vitamin D maka bisa menyebabkan bayi tidak mengalami tumbuh gigi. Sinar matahari menjadi sumber vitamin D terbaik dan juga bisa didapat lewat suplemen. Hal ini juga bisa dilakukan untuk cara memperkuat gigi yang keropos.

6. Bantuan Medis

Gigi bayi yang tidak kunjung tumbuh sesudah masuk ke usia 12 bulan sebaiknya segera diperiksakan ke dokter gigi. Nantinya, dokter akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut pada bayi. Jika memang bayi masih tergolong sehat, maka dokter hanya akan menyarankan untuk bersabar menunggu hingga gigi bayi tumbuh dengan sendirinya.

7. Sindrom atau Penyakit

Penyakit lainnya mungkin bisa menyebabkan bayi telat tumbuh gigi seperti anemia, berat badan rendah, cerebral palsy dan sebagainya. Sedangkan untuk gangguan seperti anodontia yang menjadi kondisi genetik gigi tidak tumbuh atau hypodontia yang berarti ada beberapa gigi hilang juga bisa merusak gigi meski kasusnya sangat jarang ditemui.

Sponsors Link

Kapan Jadi Mengkhawatirkan?

Jika memang bayi sudah berumur 14 bulan dan masih belum memiliki satu gigi pun, maka bisa jadi bayi terkena displasia ektodermal yakni kelainan yang berhubungan dengan keturunan. Gejala salah satu dari jenis jenis penyakit gigi ini biasanya memiliki gejala demam tinggi, berkeringat, wajah datar tanpa ekspersi, maka segera periksakan bayi ke dokter.

Selain itu, hal yang semakin mengkhawatirkan adalah ketika bayi berusia 18 bulan juga belum tumbuh gigi. Jika ini terjadi, maka segera konsultasikan dengan dokter gigi anak untuk menyingkirkan segala masalah medis lewat tes darah. Pemeriksaan memakai sinar X atau manfaat penting rontgen gigi nantinya juga bisa dilakukan untuk memeriksa rongga mulut bayi.

Untuk merangsang pertumbuhan gigi bayi, maka anda bisa melakukan beberapa hal seperti memberikan biskuit bayi atau memakai teether untuk mempercepat kemunculan gigi. Berikan juga proses pemberian makanan yang sesuai yakni semi padat pada usia 6 bulan menjadi padat di usia 1 tahun.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini