Bayi 8 Bulan Belum Tumbuh Gigi Normal atau Tidak? Ini Penjelasannya

Mengamati pertumbuhan dan perkembangan bayi memang menjadi pengalaman tersendiri bagi orang tua. Namun tidak jarang orang tua justru panik atau cemas berlebihan ketika bayi tidak juga mampu melakukan sesuatu sesuai dengan usia normalnya. Apalagi jika anak tetangga yang sebaya sudah bisa melakukan segala macam hal. Termasuk mengenai pertumbuhan gigi bayi. Mungkin ada bayi 8 bulan belum tumbuh gigi dan belum menunjukkan tanda-tanda gigi bayi tumbuh. Sebenarnya hal ini normal atau tidak? Atau justru merupakan salah satu pertanda adanya Penyakit Mulut pada Anak? Simak penjelasannya di bawah ini.

Kapan Gigi Bayi Tumbuh Pertama Kali?

Sebelum menjawab pertanyaan apakah bayi 8 bulan belum tumbuh gigi normal atau tidak, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu kapan biasanya gigi bayi tumbuh pertama kali. Ternyata gigi bayi tumbuh pertama kali adalah pada rentan usia 7 hingga 9 bulan. Namun, ada juga beberapa bayi yang mengalami pertumbuhan gigi lebih cepat dari itu. Malah mungkin ada bayi yang lahir sudah dengan gigi yang tumbuh. Dan ada juga bayi yang mengalami tumbuh gigi di usia lebih dari 9 bulan, misalnya 12 bulan, atau bahkan 18 bulan. Dan hal ini masih bisa dianggap normal secara medis.

Bayi 8 Bulan Gigi Belum Tumbuh, Normal atau Tidak?

Melihat penjelasan di atas, maka bisa dikatakan bahwa bayi 8 bulan belum tumbuh gigi itu masih sangat normal. Hal ini dikarenakan setiap bayi yang lahir ke dunia pasti memiliki kondisi fisik yang berbeda-beda. Selain itu, respons terhadap perlakuan orang di sekitarnya juga berbeda-beda. Makanan yang masuk ke dalam perutnya juga pasti berbeda dengan bayi lainnya. Bahkan anak kembar yang dirawat dengan cara yang sama dan orang tua yang sama pun bisa jadi mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang tidak sana.

Maka dari itu, seorang ibu atau ayah perlu lebih bijak dalam mengamati perkembangan si kecil. Hindari membandingkan dengan anak-anak sebaya lainnya dalam soal perkembangan dan pertumbuhan. Apalagi sampai berpikir bahwa hal tersebut dikarenakan Jenis Jenis Penyakit Gigi yang menyerang bayi. Kecuali, jika memang bayi menunjukkan tanda-tanda kesehatan yang tidak wajar. Selain itu, fase pertumbuhan bayi yang berbeda-beda ini juga telah dibahas oleh WHO (badan kesehatan dunia) dan juga IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia). Sehingga tidak perlu cemas berlebihan jika bayi 8 bulan belum tumbuh gigi.

Orang tua juga perlu tahu tanda bayi gigi mau tumbuh serta bagian gigi mana pada bayi yang akan tumbuh pertama kali, sehingga jika bayi menunjukkan ciri gigi akan tumbuh, orang tua bisa mengatasinya dengan baik. Karena biasanya bayi yang akan tumbuh gigi akan mengalami demam, rewel, hingga sariawan. Ketahui juga Cara Mengobati Sariawan pada Bayi untuk mengatasinya dengan baik.

Bagian gigi bayi yang akan pertama kali tumbuh adalah gigi depan bagian bawah, lalu akan disusul dengan gigi depan bagian atas. Baru kemudian gigi bagian lain akan menyusul untuk tumbuh. Biasanya juga akan muncul rasa sakit seperti orang dewasa yang akan tumbuh Gigi Bungsu.

Apa yang Perlu Dilakukan untuk Merangsang Pertumbuhan Gigi Bayi?

Perlu diketahui bahwa kesehatan gigi bayi dipengaruhi juga dengan nutrisi yang masuk ke dalam tubuhnya. Jika bayi 8 bulan belum tumbuh gigi, maka ibu bisa memberikan makanan dan minuman yang tepat. Serta ada juga beberapa hal yang perlu dilakukan untuk mempercepat pertumbuhan gigi bayi. Berikut di antaranya.

  1. Berikan bayi asupan ASI dan MPASI yang seimbang, terutama dengan memperbanyak asupan kalsium pada MPASI bayi. Banyak makanan yang mengandung kalsium yang bisa diolah menjadi MPASI bayi, misalnya sayur bayam, biji wijen, kacang almond, makanan laut, dan masih banyak lagi.
  2. Berikan bayi mainan gigit yang bertujuan untuk mmebantu merangsang pertumbuhan gigi bayi. Namun selalu pastikan bahwa mainan itu terbuat dari bahan yang aman, higienis, dan selalu bersih. Pemberian mainan gigit ini bisa diberikan sejak usia bayi menginjak 5 bulan.
  3. Hindari meletakkan benda-benda berbahaya di dekat bayi, karena pada usia pertumbuhan gigi, bayi akan lebih suka menggigit.
  4. Selalu kenakan pakaian yang bersih pada bayi dengan bahan kain yang bebas dari pernak-pernik berlebihan untuk mencegah bayi tertelan benda-benda kecil yang berbahaya.
  5. Berkonsultasi dengan ahlinya juga disarankan pada ibu dan ayah agar lebih memahami informasi atau wawasan baru mengenai pertumbuhan bayi.
  6. Jika gigi bayi sudah tumbuh, cari tahu mengenai Cara Merawat Gigi Bayi yang baru tumbuh agar bisa menjadi sehat.

Itulah beberapa penjelasan dari bayi 8 bulan belum tumbuh gigi. Bisa disimpulkan bahwa kondisi tersebut masih sangat normal dan aman bagi bayi. Orang tua tidak perlu cemas berlebihan. Tetap berikan makanan dan minuman yang sehat bagi bayi usia 8 bulan. Semoga artikel ini bermanfaat.