Sponsors Link

Bayi Pilek Saat Tumbuh Gigi, Apakah Normal?

Sponsors Link

Banyak orang yang mengatakan jika ketika bayi tumbuh gigi, maka akan muncul beberapa tanda khas yang membuat bayi jadi rewel selama beberapa hari. Bahkan, proses pertumbuhan gigi juga sering dihubungkan dengan sakit pilek pada anak. Lalu, apakah bayi pilek saat tumbuh gigi memang benar bisa terjadi dan apakah merupakan hal yang normal?. Untuk menemukan jawaban selengkapnya, anda bisa melihat ulasan yang kami berikan berikut ini.

ads

Apakah Normal Bayi Pilek Ketika Tumbuh Gigi?

Kondisi yang tidak biasa pada bayi tentunya akan membuat anda sebagai orang tua akan merasa sangat khawatir khususnya ketika masa pertumbuhan gigi yang membuat anak anak lebih manja, rewel dan mudah menangis. Ditambah lagi, ada beberapa anggapan jika bayi pilek saat tumbuh gigi bisa terjadi.

Pendapat American Academy of Pediatrics mengatakan jika bayi yang pilek ketika tumbuh gigi disertai juga dengan suhu tubuh meningkat terjadi selama kurang lebih tiga hari adalah normal terjadi. Hal yang harus anda waspadai adalah saat flu dan demam sudah terjadi lebih dari tiga hari sehingga sebaiknya segera diperiksakan ke dokter.

Penyebab Bayi Pilek dan Tumbuh Gigi

Sebetulnya, pilek yang terjadi ketika bayi tumbuh gigi tidak selalu terjadi bahkan menurut penelitian tidak ada hubungannya dengan proses pertumbuhan gigi anak dan flu yang terjadi bukan merupakan efek samping dari ciri ciri gigi susu tumbuh namun terjadi karena sistem imun tubuh bayi yang sedang menurun sehingga rentan terserang infeksi. Ini kemudian menyebabkan kuman serta bakteri lebih mudah masuk ke tubuh bayi dan menyebabkan respon berbentuk penyakit seperti pilek, diare, demam sampai ruam popok selama sedang tumbuh gigi.

Tindakan alamiah bayi yang selalu ingin tahu tentang berbagai hal baru juga membuat bayi sering memainkan, memegang bahkan sampai menggigit berbagai benda yang bisa menarik perhatian bayi dan biasanya sering terjadi ketika bayi berusia 6 sampai 30 bulan bersamaan dengan waktu ciri ciri bayi akan tumbuh gigi. Tidak sekedar memainkan gigi, namun bayi juga sering memasukkan benda apapun ke dalam mulut untuk meredakan rasa tidak nyaman pada gusi yang akan ditumbuhi gigi. Benda benda yang mengandung kuman dan bakteri tersebut yang nantinya juga akan melemahkan sistem kekebalan tubuh anak dan memicu penyakit flu.

Tanda yang Harus Diperhatikan Ketika Tumbuh Gigi

Bisa dikatakan, pilek bukan kondisi khusus yang selalu menjadi tanda bayi akan tumbuh gigi dan mungkin hanya kebetulan terjadi ketika pertumbuhan gigi. Akan tetapi, anda juga harus bisa menyadari ketika bayi sedang tumbuh gigi dan muncul beberapa tanda tanda bayi tumbuh gigi berikut ini. 

Sponsors Link

  • Bayi sering mengeluarkan air liur atau sering disebut dengan ngeces.
  • Bayi selalu ingin mengunyah atau menggigit sesuatu yang semakin meningkat dibandingkan waktu biasanya.
  • Bayi akan lebih mudah rewel dan sering menangis.
  • Penyebab gusi bengkak karena nyeri ringan dan biasanya terjadi karena kuman yang tertinggal di area gusi.
  • Nafsu makan bayi semakin menurun karena rasa tidak nyaman yang terjadi pada gusi sehingga bayi akan menolak untuk makan.
  • Demam yang terjadi ketika peradangan gusi cukup serius namun tidak terlalu tinggi dan tidak lebih dari 38 derajat celcius.
  • Batuk dan muntah sebab bayi belum bisa mengendalikan semua otot dan saraf dalam mulut dan tenggorokannya.
  • Sering bangun di malam hari sebab rasa tidak nyaman yang dialami bayi tidak hanya terjadi pada pagi dan siang hari namun juga ketika bayi tertidur.
  • Menarik telinga dan menggaruk pipi yang dilakukan bayi untuk menghilangkan rasa gatal dan mungkin radang gusi namun bayi belum mengerti dan tidak bisa menjangkau bagian gusi tersebut.

Beberapa tanda ini bisa terjadi selama beberapa hari menjelang keluarnya gigi baru bayi. Sangat penting untuk diingat jika mungkin tidak semua bayi akan mengalami tanda tumbuh gigi yang sama. Ada beberapa bayi yang tidak mengalami gejala sama sekali sehingga mungkin akan menyulitkan anda untuk mengetahui kondisi yang sedang dialami bayi.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi