Sponsors Link

Benarkah Bayi Tidur Lebih Lama Saat Tumbuh Gigi?

Sponsors Link

Tahun pertama bayi menjadi periode pertumbuhan dan perubahan yang sangat besar. Salah satu perubahan yang paling terlihat dari kelahiran sampai ulang tahun pertamanya adalah pertumbuhan gigi. Gigi sebenarnya sudah ada di bawah gusi ketika bayi masih di dalam rahim namun masih harus berjalan ke permukaan. Seperti yang kita bayangkan, proses ini bisa menyebabkan beberapa gejala yang tidak menyenangkan bagi si kecil. Anda mungkin bertanya tanya apakah bayi tidur lebih lama saat tumbuh gigi ketika baru memiliki bayi pertama. Untuk menjawab pertanyaan anda, silahkan simak ulasan yang akan kami berikan berikut ini.

ads

Gigi Bayi adalah Garis Waktu

The American Dental Association [ADA] menjelaskan jika bayi umumnya mempunyai 20 gigi di bawah gusi ketika lahir. Mengingat tanda tanda bayi tumbuh gigi tersebut akan keluar sekitar usia 3 tahun, maka akan banyak bergerak dan pemotongan yang terjadi dalam periode yang relatif singkat. Berikut adalah yang sedang dikerjakan oleh gigi bayi anda pada tahun pertama:

  • Gigi seri sentral di bagian bawah: Biasanya menyembul pertama kali antara 6 hingga 10 bulan yakni dua gigi paling bawah di tengah mulut bayi anda.
  • Gigi seri sentral di atas: Muncul sekitar 8 sampai 12 bulan.
  • Gigi seri sentral: Biasanya tumbuh pada usia 9 hingga 13 bulan dan 10 hingga 16 bulan masing masing.
  • Geraham pertama cenderung muncul berikutnya, kedua set pada usia 13 hingga 19 bulan.

Hal yang harus anda ingat, gigi bayi akan muncul sesuai jadwal unik masing masing bayi di beberapa bulan kehidupan pertamanya. Hal penting yang haus anda lakukan adalah menjadwalkan janji temu gigi pertama bayi anda segera sesudah gigi pertama mereka muncul atau paling lambat pada ulang tahun pertama mereka untuk menghindari gigi anak tumbuh tidak beraturan. Nantinya, dokter gigi juga akan memeriksa gigi mereka pada kunjungan tahunan untuk mencari tanda tanda kerusakan.

Gejala Tumbuh Gigi

Banyak orang tua yang menganggap gigi bisa menyebabkan diare atau demam namun sebenarnya para peneliti tidak mendukung klaim tersebut. Sebagai gantinya, ada beberapa tanda lain yang mungkin dikirimkan bayi untuk menunjukkan jika ada sesuatu yang sedang terjadi. Beberapa gejala tumbuh gigi paling umum meliputi:

Sedangkan beberapa bayi juga bisa melewati proses tumbuh gigi tanpa keluhan. Gejala ini bisa berubah dari satu gigi ke gigi baru lainnya.

Hubungan Tumbuh Gigi dan Tidur Lama

Sebagian informasi fokus pada bayi tidur lebih lama saat tumbuh gigi dan menjadi pengganggu waktu tidur mereka. Dalam sebuah penelitian, lebih dari 125 pasang orang tua yang melaporkan kebiasan tumbuh gigi yang meputi 475 erupsi gigi dan salah satunya adalah kebiasaan tidur.

American Academy of Pediatrics juga menyebutkan jika rasa sakit akibat tumbuh gigi atau kelainan gigi susu mungkin bisa membangunkan bayi dari tidur. Selain itu, respons terhadap iritabilitas bisa memperburuk masalah. Mereka menyarankan untuk memakai beberapa metode di rumah untuk menjaga agar bayi tetap nyaman sekaligus menjaga rutinitas tidur normal untuk konsistensi serta tidur yang lebih baik.

Sponsors Link

Apa Bayi Tidur Lebih Lama Saat Tumbuh Gigi?

Menurut sebuah situs bayi populer The Baby Sleep Site, beberapa orang tua melaporkan jika anak anak mereka akan tidur lebih banyak selama periode tumbuh gigi yang parah atau mengalami kelainan gigi tidak tumbuh. Di satu sisi, tumbuh gigi bisa menyebabkan pilek pada bayi. Namun, klaim ini tidak didukung dengan studi formal atau disebutkan oleh organisasi pediatrik terkemuka. Jika anak anda mengantuk, maka anda mungkin harus memanggil dokter untuk menyingkirkan penyebab lainnya.

Anak mungkin akan tidur lebih dari biasanya karena beberapa alasan yang tidak berhubungan dengan tumbuh gigi seperti pilek dan demam. Ketika gigi anda mulai tumbuh dengan teratur, maka anda akan lebih mudah untuk melihat tanda dan gejalanya. Sedangkan beberapa metode penghilang rasa sakit di rumah juga bisa anda lakukan untuk membantu bayi yang sedang tumbuh gigi merasa lebih baik.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi