Behel Lingual – Penjelasan lengkap

Behel bukan lagi alat yang asing terdengar sebab banyak yang minat seperti penggunaan embrace behel gigi tanpa sakit. Behel saat ini selain digunakan untuk perawatan dalam  memperbaiki susunan gigi  tetapi juga digunakan untuk estetika. Behel yang diketahui pada umumnya adalah behel yang terlihat di depan gigi tetapi selain itu ada juga behel yang tidak terlihat.

  • Apa itu behel lingual?

Lingual Braces adalah salah satu perkembangan teknologi dalam bidang ortodonti yang dilakukan oleh spesialisasi dokter gigi. Salah satunya didasari oleh kebutuhan pasien yang menginginkan pemasangan behel yang tidak terlihat dan tidak menyebabkan bentuk mulut menjadi maju karena pemasangan behel biasa. Tetapi tidak semua orang bisa menggunakan jenis behel ini, salah satunya adalah orang yang mempunyai pembukaan rahang yang kecil.

Behel lingual merupakan alat ortodonti permanen yang dipasang di balik gigi-gigi rahang atas dan bawah sehingga tidak terlihat saat seseorang tersenyum seperti incognito braces. Bahan utamanya logam baik biji behel maupun kawatnya. Bedanya dengan behel pada umumnya, behel lingual menggunakan mekanisme ‘self-ligating’ antara kawat dengan biji behelnya jadi tidak menggunakan karet yang berwarna-warni.

  • Proses pemasangan

Proses pemasangan behel ini cenderung lebih lama dibanding behel biasa. Dan setelah pemasangan, pasien juga dituntut untuk lebih hati hati dalam mengunyah makanan. Serta untuk perawatan sehari-hari dibutuhkan kesabaran, ketelitian dan kehati-hatian dalam menyikat gigi, karena posisinya ada di bagian dalam. Dan pastinya pasien harus lebih rajin untuk kontrol ke dokter gigi.

Karena ini adalah jenis behel yang tidak biasa dan tingkat kerumitan yang tinggi dalam pemasangan, maka sudah bisa dipastikan harganya juga tidak murah. Harga paling murah untuk jenis behel ini adalah sekitar 12 (dua belas) juta rupiah, dan tiap daerah mungkin harganya juga berbeda tergantung dari ketersedian bahan

Tren menggunakan behel lingual mulai muncul di Indonesia sejak tahun 2010 di Jakarta, lalu menyebar ke Bandung, Jogjakarta, Surabaya, dan Medan. Biaya pemasangan behel lingual bervariasi mulai dari 12juta hingga 30juta rupiah, tergantung sistem yang digunakan (Incognito, In-Ovation-L, Harmony, atau Alias). Biayanya lebih mahal karena kawat behel perlu dibuat khusus berdasarkan bentukan rahang ke pabrik produsennya langsung.

  • Keuntungan

Beberapa keuntungan behel lingual antara lain pengguna tidak akan mengalami sariawan pada bibir dan pipi seperti pada pengguna behel labial. Selain itu lesi ‘white spot’, yaitu bintik-bintik putih karies pada gigi yang banyak ditemukan pada pengguna behel labial setelah selesai perawatan, tidak ditemukan pada pengguna behel lingual.

Jadi setelah perawatan selesai, tidak terdapat lubang pada gigi. Meskipun begitu, sariawan pada lidah dan kesulitan bicara pada bulan pertama perawatan merupakan keluhan yang umum pada pengguna behel lingual.

  • Perawatan yang harus dilakukan

Soal perawatan memang sedikit sulit. Gigi sulit bersih karena sulitnya jangkauan sikat gigi untuk menggapai sela-sela terlebih bagian belakang gigi. Untuk itu dibutuhkan kehati-hatian serta ketelitian untuk perawatannya saat memilih Lingual Braces.

Oleh karena itu, jika merasa membutuhkan perawatan ortodonti, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter gigi spesialis ortodonti mengenai pilihan perawatan yang sesuai dengan kebutuhan anda. Bagi yang tidak percaya diri atau enggan menggunakan behel karena terlihat menggangu penampilan, maka behel  ini dapat menjadi pilihan.