Sponsors Link

Benjolan di Gusi Anak – Jenis – Penyebab – Gejala – Pengobatan

Sponsors Link

Seringkali kesehatan gigi sedikit diabaikan sehingga sering muncul berbagai masalah yang lebih serius. Hal tersebut lebih banyak terjadi pada usia anak-anak yang mana belum bisa merawat giginya secara lebih intens. Hal yang mungkin terjadi adalah masalah seperti gigi gigis, gigi keropos, atau bahkan masalah pada gusi.

ads

Sebagai jaringan lunak pada organ mulut, gusi seringkali mengalami berbagai masalah seperti gusi bengkak, gusi berdarah tiba-tiba, atau bahkan terdapat benjolan di gusi yang tak kunjung mengempes.

Biasanya orang tua akan mengetahui tanda-tanda adanya benjolan ketika anak memberikan reaksi, seperti merasa sakit saat digunakan untuk makan, rewel dan sebagainya. Lantas, apa penyebab benjolan pada gusi anak?

Jenis Benjolan

Benjolan atau bengkak pada gusi dapat dibedakan berdasarkan besar atau kecilnya benjolan yang muncul, yaitu sebagai berikut:

  1. Peradangan

Saat gigi susu mulai tumbuh, maka para orang tua hendaknya lebih memperhatikan kesehatan dan kebersihan gigi anak. Biasanya permasalahan yang paling umum adalah terjadinya karies gigi atau lubang yang menuju ke arah gigi berlubang.

Selain itu, masalah gusi pun juga sering terjadi. Untuk masalah gusi biasanya ditandai dengan peradangan yang mana akan muncul benjolan kecil di bagian gusi anak. Hal tersebut terjadi karena kurangnya menjaga kebersihan gusi sehingga terjadi fistula yang akan mengarah ke peradangan yang lebih berat.

  1. Fibropapilloma

Selain disebabkan adanya peradangan atau fistula gusi, penyebab benjolan pada gusi balita disinyalir karena kurangnya perhatian para orang tua. Saat gigi susu mulai muncul, kemungkinan akan terjadi peradangan jika kebersihan tidak dijaga. Peradangan bisa diakibatkan oleh tumbuhnya bakteri di sekitar mulut anak yang jarang dibersihkan.

Untuk fibropapilloma sendiri biasanya ditandai dengan munculnya benjolan yang lebih besar. Dalam kasus seperti ini orang tua bisa membawa anaknya pergi ke dokter gigi untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat. Namun, sangat jarang dalam kasus fibropapilloma dilakukan pemotongan benjolan. Biasanya dokter hanya akan memberikan obat untuk mengempeskannya saja.

  1. Periodontitis

Periodontitis adalah peradangan pada gusi yang disebabkan adanya infeksi akut yang menyerang jaringan lunak dan tulang penyangga gigi. Untuk jenis peradangan ini dapat dikatakan lebih berbahaya, selain menimbulkan benjolan pada gusi anak, peradangan juga menimbulkan infeksi yang dapat menyebar ke bagian tubuh lain lewat pembuluh darah.

Sponsors Link

Namun, untuk kasus benjolan ini sangat jarang ditemukan pada usia balita atau anak-anak. Selain gigi masih terbilang baru, umumnya gigi anak juga belum banyak temukan masalah layaknya gigi orang dewasa yang sering ditemukan plak bahkan karang gugi yang mengeras dan sulit dihilangkan.

Penyebab

Selain mengetahui jenis benjolan pada gusi anak-anak, beberapa penyebab timbulnya benjolan pun bisa disebabkan oleh beberapa faktor berikut ini:

ads

  • Abses gusi pada anak – merupakan kondisi dimana terjadi infeksi yang menimbulkan penyebaran di daerah sekitar gusi. Akibatnya akan timbul benjolan yang berisi cairan nanah.
  • Fistula Gusi – merupakan saluran yang terbentuk dari gusi itu sendiri. Umumnya benjolan pada gusi anak sangat banyak ditemukan akibat terbentuknya fistula.
  • Mukokel – merupakan pembengkakan di daerah gusi yang menyebabkan timbulnya benjolan pada gusi.
  • Kista Gusi – merupakan kondisi dimana terjadi pembentukan sebuah kantong di daerah gusi yang berisi cairan nanah dan darah.
  • Gingivitis – merupakan peradangan pada gusi yang menyebabkan timbulnya benjolan yang bersifat keras dan berwarna kemerahan.
  • Tumor pada gusi – merupakan kondisi abnormal dari pertumbuhan sel yang menyebabkan adanya bagian yang tumbuh secara abnormal. Tumor biasanya disebut dengan daging tumbuh yang memiliki 2 sifat, yakni ganas dan tumor jinak pada gusi.
  • Kanker Mulut – merupakan tumbuhnya sel secara abnormal yang bersifat ganas dan dapat menyerang bagian sel lainnya. Jika sudah merujuk ke kanker mulut, maka harus segera ditangani dengan cara medis yang lebih serius.

Gejala

Saat anak mengalami gangguan di bagian mulut dan gigi khususnya di bagian gusi, beberapa gejala pun bisa dialami, seperti

  • Terdapat benjolan yang tak kunjung mengempes
  • Anak sering rewel saat makan
  • Gangguan kesehatan lain, seperti demam, nafsu makan yang menurun, dan lainnya.

Cara Mengobati

Beberapa pengobatan bisa dilakukan untuk menghilangkan benjolan di gusi anak, seperti:

  • Membersihkan Gigi Anak – Jika benjolan belum parah dan masih terlihat kecil, para orang tua bisa lebih rutin untuk membersihkan gigi anak. Membersihkan gigi dapat mencegah pertumbuhan bakteri yang lebih banyak. Sehingga infeksi pun bisa dihindari sedini mungkin.
  • Melakukan Pengecekan Ke Dokter Gigi – Apabila benjolan sudah berbentuk besar dan beberapa gejala di atas sudah dialami. Maka sebaiknya segera lakukan pengecekan di dokter spesialis gigi. Untuk benjolan yang sudah membesar, biasanya dokter akan melakukan beberapa tindakan medis, seperti pembedahan, pemberian obat media, dan sebagainya.
  • Pengobatan Medis – Untuk pengobatan lebih lanjut, biasanya akan dilakukan terapi untuk menghilangkan benjolan di gusi anak. Pengobatan tergantung dari dokter yang menanganinya.

Itulan beberapa penyebab benjolan di gusi anak yang harus anda ketahui. Biasanya benjolan bisa dikarenakan adanya trauma atau luka pada gusi yang menimbulkan adanya benjolan pada gusi. Ketahui penyebabnya agar anda bisa melakukan pengobatan secara lebih tepat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi