Sponsors Link

Benjolan Pada Gusi Saat Hamil – Penyebab, Gejala dan Pengobatan

Sponsors Link

Kesehatan ibu hamil berhubungan dengan kesehatan gigi dan mulutnya. Beberapa ibu hamil ada yang mengeluhkan munculnya benjolan di area gusi sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman terutama saat makan dan minum, berbicara dan membersihkan gigi. Pengetahuan ibu hamil akan penyebab, gejala, resiko dan cara mengatasi benjolan di gusi ini diharapkan mampu mencegah dan mengatasi masalah benjolan di gusi saat hamil. Berikut ini penjelasan selengkapnya dari halogigi.

ads

Penyebab Benjolan di Gusi Saat Hamil

Beberapa penyebab benjolan di gusi saat hamil akan disampaikan oleh halogigi berikut ini.

1. Infeksi Gusi

Infeksi gusi bisa terjadi karena bakteri akibat sisa makanan tertinggal pada gigi dan tidak dibersikan dengan benar sehingga bakteri menyebar sampai ke area gusi dan menginfeksi area gusi.

2. Radang Gusi

Pembiaran penyebab peradangan pada gigi dan gusi pada saat hamil bisa menyebabkan radang membesar sehingga membentuk benjolan di gusi lebih besar. Radang gusi ditandai dengan munculnya warna kemerahan pada area gusi dan menimbulkan rasa sakit. Radang gusi bisa dipicu oleh perubahan hormon, kurang memelihara kesehatan gigi dan mulut serta kurang pengetahuan seseorang tentang masalah penyakit gigi dan mulut.

3. Jumlah Plak Meningkat

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, infeksi gusi bisa disebabkan karena sisa makanan tertinggal pada gigi yang tidak dibersihkan dengan benar. Penumpukan sisa makanan pada gigi ini bisa menjadi penyebab jumlah plak meningkat. Pembersihan plak bisa perlu dilakukan untuk mencegah penyebaran ke area gusi.

4. Kebersihan Gusi Tidak Terjaga

Segala penyakit gigi dan mulut berasal dari kebersihan gigi dan mulut yang tidak terjaga. Tidak ada perbedaan dengan munculnya benjolan di gusi saat hamil. Kebersihan gusi pun perlu anda jaga dengan cara jika ada makanan yang terselip pada area gusi dibersihkan dengan baik.  Proses cara menyikat gigi dengan benar bisa mencegah gusi terluka sehingga penyebab masalah pada gusi seperti benjolan pada gusi bisa dihindarkan.

Gejala Benjolan di Gusi Saat Hamil

1. Muncul Kemerahan di Gusi

Munculnya warna kemerahan pada gusi bisa menjadi tanda awal munculnya benjolan pada gusi. Ciri gusi sehat adalah memiliki warna gusi pink segar dengan struktur gusi yang kuat.

2. Ukuran Gusi Berubah

Selanjutnya apabila warna kemerahan berubah kondisi tidak sama dengan kondisi gusi yang ada disekitarnya maka anda perlu mewaspadai potensi benjolan pada gusi.

Sponsors Link

3. Ada Penumpukan Cairan Pada Gusi

Penumpukan cairan pada gusi yang benjol bisa menjadi bagian. Apabila anda tekan area benjol dengan area yang tidak benjol akan terasa perbedaan. Isi dari cairan tersebut adalah kumpulan nanah dan darah yang merupakan respon gusi karena ada infeksi.

4. Rasa Tidak Nyaman Pada Gusi

Rasa tidak nyaman pada gusi sangat mudah anda rasakan seperti ada benda asing di dalam gusi. Seringkali benjolan pada gusi apabila sudah lama pada seseorang bisa menimbulkan rasa sakit.

ads

Resiko Benjolan di Gusi Saat Hamil

Resiko benjolan di gusi saat hamil apabila penderita tidak mengobatinya dengan cara yang tepat dan benar. Kemungkinan resiko yang terjadi apabila seseorang memiliki benjolan di gusi saat hamil adalah sebagai berikut.

1. Pendarahan pada Gusi

Cairan yang ada di dalam benjolan gusi tidak hanya berisi nanah, tetapi terdapat darah sehingga saat gusi dalam kondisi bertahan ia akan mengeluarkan darah. Pendarahan pada gusi perlu ditangani dengan cara membersihkan pendarahan melalui proses berkumur. Munculnya pendarahan pada gusi bisa menjadi resiko awal munculnya benjolan di gusi saat hamil.

2. Abses Gusi

Benjolan pada gusi bisa menunjukkan resiko abses gusi. Abses gusi yang dibiarkan bisa mengalami komplikasi dengan munculnya infeksi pada beberapa organ tubuh lain seperti rahang, leher atau kepala.

Cara Mengatasi Benjolan di Gusi Saat Hamil

Cara mengatasi benjolan di gusi saat hamil bisa menjadi cara bagi anda yang belum menderita dan bagi anda yang mengalami benjolan di gusi saat hamil. Berikut ini cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi benjolan di gusi saat hamil.

1. Kompres Area Benjolan Gusi

Ketika ibu hamil sudah mengalami benjolan di gusi. Langkah awal untuk meredakan rasa sakit pada gusi dengan kompres menggunakan air hangat. Diharapkan dengan kompres area bnjolan gusi bisa membantu mengkempiskan benjolan di gusi.

2. Jaga Kebersihan Gusi

Kebersihan gusi dan gigi perlu dijaga dengan cara menyikat dengan benar sehingga anda mengetahui bahwa pentingnya menggosok gigi baik untuk kesehatan gigi dan mulut anda. selain itu proses kebersihan gusi bisa anda lakukan dengan membersihkan gigi melalui proses cuci gigi (scalling gigi) sehingga anda dapat merasakan manfaat cuci gigi.

3. Konsultasi ke Dokter Gigi

Konsultasi ke dokter gigi perlu ibu hamil lakukan apabila anda belum dan sudah memiliki masalah benjolan pada gusi. Manfaat konsultasi ke dokter gigi adalah anda bisa mengetahui seberapa bahaya pengaruh perubahan hormon saat hamil terhadap benjolan di gusi dan perawatan apa yang perlu dilakukan jika anda mengalaminya. Selain konsultasi ke dokter gigi anda bisa mengontrol kondisi kesehatan gigi anda untuk mencegah masalah gigi dan mulut. Sebagai ibu hamil anda perlu mengetahui cabut gigi saat hamil 9 bulan apakah aman dilakukan apabila mengalami masalah gigi seperti gigi berlubang dan lainnya.

Bertambahnya ilmu pengetahuan anda mengenai informasi benjolan di gusi saat hamil semoga bisa memberikan manfaat lain bagi anda maupun orang lain disekitar anda. Sekian informasi dari halogigi mengenai benjolan di gusi saat hamil. Semoga bermanfaat dan salam gigi sehat.

Sponsors Link
, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini