Sponsors Link

Penyebab dan Gejala Bercak Coklat Pada Gigi

Sponsors Link

Selain mendukung penampilan, memiliki warna gigi yang putih bersih juga menjadi ciri dari tubuh yang sehat. Semua ini bisa anda dapat jika kebersihan gigi selalu dijaga dengan baik. Namun jika tidak menjaga kebersihan gigi, maka gigi yang semula berwarna putih akan mengalami perubahan warna seperti bercak coklat pada gigi yang bisa terjadi karena malas menyikat gigi. Lalu, apa saja sebenarnya yang menyebabkan bercak coklat muncul pada gigi? dan bagaimana cara mengatasinya?.

ads

Penyebab Bercak Coklat Pada Gigi

Bercak coklat pada gigi terkadang bisa terlihat seperti garis lurus atau tidak beraturan. Selain disebabkan karena tidak menjaga kebersihan gigi, bercak tersebut juga bisa menjadi pertanda penyakit tertentu seperti beberapa penyebab berikut ini.

  1. Nikotin

Nikotin umumnya terkandung dalam produk tembakau seperti cerutu, rokok, tembakau kunyah dan beberapa jenis tembakau lain. Pengaruh rokok pada gigi atau nikotin yang ada dalam tembakau ini menjadi salah satu timbulnya noda di permukaan gigi yang bisa anda lihat pada gigi perokok berat yang terlihat kusam dan bernoda.

  1. Makanan dan Minuman Berwarna

Makanan dan minuman yang berwarna gelap seperti kopi atau wine mengandung bahan kimia yang dinamakan chromogens. Jika selalu mengkonsumsi minuman atau makanan berwarna tersebut, maka bisa membuat email gigi yakni lapisan pelindung gigi terluar jadi ternoda.

Nantinya, gigi bisa ternoda permanen khususnya jika ditambah dengan malas menyikat gigi setiap hari. Untuk itu, pastikan anda menyikat gigi secara teratur dua kali sehari yakni pagi dan malam hari.

  1. Plak dan Karang Gigi

Plak pada gigi berasal dari sisa makanan yang masih menempel pada gigi dan tidak dibersihkan. Ketika seseorang mengkonsumsi makanan yang manis, maka bakteri bisa menghasilkan asam yang bisa merusak email gigi. Plak yang tidak dibersihkan dalam waktu lama nantinya akan mengeras dan membentuk karang gigi. Umumnya, karang gigi tersebut akan membuat gigi terlihat kuning sampai kecoklatan.

Apabila ini sudah terjadi, maka sudah tidak lagi bisa dihilangkan dengan cara menyikat gigi namun harus dibersihkan dengan alat khusus di dokter gigi.

  1. Kerusakan Gigi

Pada saaat email gigi mulai terkikis, maka kerusakan gigi semakin rentan terjadi dan plak yang dipenuhi bakteri akan terus terbentuk dan mengikis. Asam yang terbentuk pada plak juga akan memecah email gigi kemudian membuat gigi jadi bernoda coklat sekaligus menyebabkan gigi berlubang.

Gigi tersebut bisa berlubang kecil yang tidak terlihat yang membuat bakteri bisa masuk dan menyebabkan pembusukan. Ketika pembusukan tersebut mulai terjadi, maka bukan hanya bercak coklat yang terjadi namun juga muncul bintik hitam di tepi mahkota dan semakin lama akan membesar sehingga gigi sensitif akan terjadi.

  1. Hipoplasia Enamel

Hipoplasia enamel gigi atau email terjadi karena gigi kekurangan enamel dan juga disebabkan karena faktor genetik serta lingkungan. Umumnya, kondisi tersebut terjadi karena tubuh kekurangan vitamin, kurang nutrisi selama masa kehamilan, paparan racun berlebih dan berbagai faktor lain. Ini nantinya akan membuat gigi seseorang tidak seputih gigi normal dan bisa menyebabkan muncul bintik kasar berwarna coklat dan kuning.

  1. Penuaan

Dengan bertambahnya usia, maka email putih yang berfungsi melindungi gigi semakin lama juga menurun. Ini mengakibatkan lapisan kuning dibawahnya akan mulai terlihat yang menyebabkan gigi orang tua terlihat lebih kusam berwarna coklat agak kekuningan. 

Sponsors Link

Cara Mengatasi Bercak Coklat Gigi

Untuk mengatasi bercak coklat pada gigi, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah sekaligus mencegah bercak tersebut muncul pada gigi.

  • Sikat gigi dengan teratur: Menyikat gigi dengan teratur bisa menghilangkan noda pada permukaan gigi. Gunakan pasta gigi yang mengandung pemutih untuk menghilangkan noda pada permukaan gigi selama 2 sampai 3 kali sehari dalam waktu beberapa bulan.
  • Pakai baking soda: Baking soda bisa dicampur dengan sedikit air hingga menjadi pasta dan dipakai sebagai pengganti pasta gigi untuk menghilangkan bercak pada gigi. Lakukan cara ini sebanyak 2 hingga 3 kali seminggu untuk hasil yang maksimal selain juga bisa melakukan cara memutihkan gigi dengan cuka apel.
  • Pakai obat kumur: Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi bercak coklat pada gigi adalah dengan berkumur. Gunakan larutan hidrogen peroksida atau obat kumur anti bakteri yang bisa menghilangkan plak dan juga membunuh bakteri penyebab kerusakan gigi dan jangan lupa dibilas sesudah menggunakan obat kumur tersebut.
  • Bleaching: Jika hasil dari beberapa cara diatas kurang memuaskan, maka anda bisa melakukan perawatan bleaching di dokter gigi yang terbilang instan dan bisa bertahan lama. Dokter akan mengaplikasikan gel berbahan hidrogen yang kuat sehingga noda yang menempel pada gigi bisa terangkat dan hasilnya gigi bisa terlihat putih bersih namun waspadai juga tentang efek samping bleaching gigi yang bisa terjadi.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi