Sponsors Link

Biaya Operasi Abses Gigi yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Abses gigi, dikutip dari dentaltownsmiles.com adalah kondisi ketika terdapat tumpukkan cairan (nanah) di dalam gigi. Cairan ini terbentuk akibat reaksi gigi saat melawan infeksi.

ads

Seringkali area yang terinfeksi terlihat normal-normal saja. Namun hal ini akan sangat menyakitkan, karena cairan yang ada di dalam tulang dapat menciptakan tekanan pemicu rasa nyeri. Area yang terinfeksi cenderung lebih lembut dan kelihatan seperti jerawat yang timbul pada permukaan gusi. Jika Anda menekan jerawat pada gusi ini, maka cairan yang ada di dalamnya akan keluar.

Beberapa orang mungkin penasaran, bagaimana caranya bakteri bisa masuk ke gigi? Bakteri umumnya dapat masuk ke dalam gigi melalui lubang-lubang kecil (cavity) pada gigi. Cavity adalah area kerusakan gigi yang ada di area tertentu yang dapat berkembang menjadi lubang besar. Penyebabnya bisa karena faktor buruknya kesehatan gigi dan makanan yang dikonsumsi. Lain halnya dengan retak di gigi yang dapat ditimbulkan oleh trauma suatu luka atau karena pekerjaan dokter gigi sebelumnya.

Abses gigi juga dapat disebabkan oleh gingivitis atau penyakit gusi. Namun masalah mulut ini biasanya dialami oleh orang dewasa dibanding dengan anak-anak.

Apa Saja Bahaya Abses Gigi?

Anda perlu berhati-hati jika mengalami abses gigi. Karena abses gigi memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan si penderitanya. Berikut adalah beberapa contohnya.

  1. Dapat memicu gejala sakit kepala hebat jika gejala abses gigi kambuh dan tidak ditangani dengan baik dan benar.
  2. Timbul pendarahan pada gigi, bahkan sampai pada keluarnya nanah. Dimana nanah tersebut akibat infeksi dan bakteri yang berkembang biang, hal ini dapat berimbas pada rasa sakit yang luar biasa.
  3. Menimbulan infeksi dan radang, sehingga akan membuat gigi, gusi, pipi, rahang Anda menjadi bengkak dan lebam.
  4. Infeksi kuman dapat menjalar pada bagian organ lain apabila tidak segera diobati dan dilakukan tindakan medis secara tepat.
  5. Dapat menyebabkan komplikasi penyakit lain seperti diabetes, tumor dan lainnya. Salah satu bahaya gigi bernanahpenyebab dan pengobatannya.
  6. Menyebabkan bau mulut apabila nanah yang berada di benjolan pecah dan menjadikan rasa yang tidak enak di mulut.
  7. Menimbulkan kerusakan pada jaringan syaraf gigi apabila kondisi abses parah dan serius.

Bagaimana Cara Menangani Abses Gigi?

Abses gigi bukanlah penyakit yang dapat sembuh begitu saja. Dokter gigi perlu mengambil tindakan untuk mengobati pasien abses gigi dan mencegah komplikasi yang lebih serius di masa mendatang. Penanganan abses gigi yaitu dengan mengeluarkan cairannya serta mencabut atau mengobati gigi yang terinfeksi.

Antibiotik biasanya diresepkan oleh dokter gigi supaya pasien dapat melawan infeksinya. Selain itu air garam hangat juga dapat meredakan sakit akibat abses gusi. Jika abses berada di dalam gigi, maka operasi root canal biasanya dianjurkan.

Sponsors Link

Berapa Biaya Operasi Abses Gigi?

Operasi memang dapat menjadi cara tercepat dan terampuh untuk mengatasi abses gigi, namun biayanya tentu tidaklah murah. Mahal atau murahnya Biaya Operasi Abses Gigi tergantung dari tingkat keparahan abses gigi yang diderita. Selain itu, hasil analisis dari sinar-X juga dapat membantu dalam menentukan seberapa besar sayatan yang diperlukan ataupun metode dalam mengeluarkan cairannya. Kisaran harga yang dipatok adalah 150$ hingga 300$ atau sekitar Rp.2.100.000 hingga Rp.4.100.000.

Demikianlah penjelasan mengenai Biaya Operasi Abses Gigi. Biaya dalam menjalani operasi abses gigi memang tidak murah. Tetapi Anda dapat mengantisipasinya dengan cara mengikuti asuransi kesehatan. Asuransi nantinya dapat menanggung sebagian biaya, sehingga Anda tidak perlu membayar penuh untuk operasi abses gigi ini.

Sponsors Link
, ,
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini