Sponsors Link

11 Penyebab Bintik Coklat Pada Gigi

Sponsors Link

Merawat gusi dan gigi akan membantu anda agar terhindar dari kerusakan gigi serta bau mulut. Ini juga membantu untuk mencegah penyakit gusi. Bagian terpenting dari kebersihan mulut yang baik adalah menghindari bintik coklat pada gigi. Bintik coklat pada gigi bisa terlihat atau sangat halus yang berwarna kuning hingga coklat gelap. Beberapa bintik coklat juga terlihat membentuk bercak bercak dan yang lainnya tampak sangat halus. Bentuk dari bintik coklat ini juga tidak teratur atau juga bisa hampir seragam. Bintik coklat pada gigi sering menandakan masalah kesehatan seperti penyakit celiac.

ads

Penyebab Bintik Coklat Pada Gigi

Bintik coklat pada gigi dan perubahan warna yang lain bisa disebabkan karena banyak hal. Beberapa diantaranya adalah:

1. Nikotin

Tembakau yang menjadi penyebab umum dari noda pada permukaan gigi. Nikotin bisa ditemukan dalam produk tembakau seperti pengaruh rokok pada gigi, tembakau kunyah, cerutu dan tembajau pipa.

2. Makanan dan Minuman

Perubahan warna pada gigi termasuk bintik coklat, abu abu dan kuning juga bisa disebabkan karena makanan dan minuman seperti teh, kopi, anggur merah, soda, blackberry dan buah delima.

3. Kerusakan Gigi

Pada saat enamel gigi yakni lapisan luar gigi yang keras mulai terkikis, maka bisa menyebabkan pembusukan gigi. Plak pada gigi yang terus terisi dengan bakteri akan terbentuk pada gigi. Ketika anda mengonsumsi makanan yang mengandung gula, maka nantinya bakteri akan menghasilkan asam. Jika plak tidak disikat dengan teratur, maka asam bisa merusak enamel gigi kemudian menghasilkan ringga dan noda coklat. Kerusakan gigi bisa berkisar pada tingkat keparahan. Saat tidak dirawat, maka akhirnya menyebabkan bintik coklat pada gigi.

4. Karang Gigi

Ketika anda tidak membersihkan plak pada gigi secara teratur, maka plak tersebut akan mengeras kemudian berubah menjadi karang gigi. Tartar bisa berkisar dari warna kuning sampai coklat dan muncul di sepanjang garis gusi.

5. Fluorosis

Fluoride dalam air berguna untuk melindungi gigi. Namun jika terlalu banyak, maka bisa menyebabkan fluorosis gigi yang biasa terjadi pada anak anak pada saat gigi mereka terbentuk di bawah garis gusi. Fluorosis biasanya bersifat ringan dan memiliki tampilan putih. Namun dalam kondisi yang parah, maka enamel gigi bisa berlubang dan bintik coklat akan muncul meski kejadian fluorosis gigi terbilang jarang terjadi.

6. Hipoplasia Enale

Faktor genetik atau lingkungan terkadang bisa menyebabkan gigi mempunyai enamel yang lebih sedikit dari yang dibutuhkan yang dikenal dengan enamel hipoplasia. Hal ini bisa terjadi karena kekurangan vitamin, penyakit ibu atau kekurangan gizi selama kehamilan, paparan racun dan beberapa faktor lainnya. Hipoplasia enamel bisa mempengaruhi satu atau lebih gigi dan biasa muncul dengan bentuk bintik bertekstur kasar berwarna coklat atau kuning.

7. Saluran Akar

Saat pulpa gigi salah satu gigi anda mati, maka bisa menyebabkan kerusakan pada saraf gigi. Hal ini bisa mengakibatkan gigi membentuk bintik coklat atau berubah menjadi coklat sepenuhnya.

8. Perawatan Gigi yang Buruk

Perawatan gigi yang memburuk seperti tambalan perak, logam atau putih juga bisa menodai gigi dari waktu ke waktu. Tambalan putih juga dapat menyebabkan noda permukaan dan membuat gigi terlihat kecoklatan.

9. Obat Obatan

Antibiotik seperti doksisiklin dan tetrasiklin bisa juga menjadi penyebab gigi kusam dan bernoda. Kemungkinan besar, hal ini terjadi pada anak anak yang masih memiliki gigi berkembang. Ini juga bisa disebabkan karena mengonsumsi obat selama masa kehamilan. Glibenclamide yakni obat yang digunakan untuk diabetes mellitus neonatal permanen juga bisa menimbulkan bercak coklat pada gigi.

10. Penyakit Celiac

Cacat enamel gigi termasuk bercak coklat pada gigi terkadang bisa disebabkan karena penyakit celiac atau seliaka. Bercak coklat pada gigi akan sering terjadi pada seseorang dengan kondisi tersebut khususnya anak anak.

Sponsors Link

11. Penuaan

Seiring dengan pertambahan usia, maka gigi bisa berubah menjadi gelap yang disebabkan karena kombinasi faktor yang berkembang seiring berjalannya waktu, seperti:

  • Pewarnaan permukaan dari tembakau, makanan atau minuman.
  • Penggelapan dentin gigi yang merupakan zat mengelilingi setiap gigi dan terdiri dari lapisan di bawah email gigi.
  • Penipisan enamel.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi