Sponsors Link

5 Penyebab Bintik Putih Pada Gigi dan Pengobatannya

Sponsors Link

Gigi putih bisa dijadikan pertanda kesehatan gigi yang sangat baik dan beberapa orang melakukan segala cara supaya bisa menjaga senyum mereka seputih mungkin. Ini termasuk diantaranya menyikat gigi setiap hari, melakukan pembersihan gigi dengan teratur dan memakai produk pemutih gigi. Namun terkadang, perubahan warna seperti timbul bintik putih pada gigi bisa terbentuk. Warna putih ini berbeda dari sisa gigi anda  dan beberapa orang menganggap ini adalah hal yang merepotkan. Bintik putih pada gigi mungkin menjadi tanda pembusukan seperti penyebab gigi busuk pada anak sehingga sangat penting untuk mengidentifikasi penyebabnya.

ads

Penyebab Bintik Putih Pada Gigi

Bintik putih pada gigi umumnya terjadi karena lebih dari satu penyebab. Dokter gigi bisa menjelaskan penyebabnya secara spesifik dan kemudian menentukan cara terbaik untuk merawat kondisi tersebut. Beberapa penyebab umum meliputi:

1. Diet

Makan terlalu banyak makanan asam bisa menyebabkan bintik putih pada gigi. Ini terjadi karena makanan yang sangat asam menggerogoti email gigi yakni lapisan luar yang melindungi gigi dari kerusakan. Diet tinggi gula juga bisa menyebabkan pembentukan plak asam yang bisa mengikir enamel gigi. Makanan dan minuman asam tersebut diantaranya adalah soda dan beberapa buah tertentu seperti jeruk, lemon dan jeruk bali.

Acid reflux merupakan pemicu lain yang bisa menghasilkan asam di lambung, tenggorokan dan juga mulut. Pada saat enamel gigi rusak, maka anda mungkin akan mengalami gejala lain seperti kepekaan pada makanan dan minuman dingin atau panas penyebab gigi ngilu tiba tiba.

2. Fluorosis

Fluoride berguna untuk menguatkan gigi dan mencegah pembusukan. Namun jika terlalu banyak fluorida dalam gigi yang berkembang, maka bisa menyebabkan efek sebaliknya yakni mengakibatkan kerusakan dan perubahan warna. Ini bisa terjadi pada saat anak anak mengonsumsi minuman berfluoride terlalu banyak atau menelan pasta gigi fluoride. Fluorosis juga menyebabkan enamel berlubang sehingga semakin sulit untuk menyikat dan membersihkan gigi.

3. Hipoplasia Enamel

Cacat ini mengacu pada enamel yang lebih sedikit dari biasanya. Hipoplasia enamel bisa terjadi karena defisiensi nutrisi yang mengakibatkan kehilangan mineral pada gigi. Penyebabnya termasuk kondisi seperti penyakit celiac di mana tubuh akan mengalami kesulitan menyerap nutrisi sebab sistem kekebalan yang menurun.

Menggunakan antibiotik untuk mengobati demam juga bisa mengganggu penyerapan nutrisi. Selain itu, merokok selama hamil bisa menyebabkan kondisi ini pada anak anak. Gejala lain dari enamel hipoplasia termasuk memiliki lekukan atau garis pada gigi dan sensitivitas gigi.

4. Akumulasi Plak

Bintik putih pada gigi juga bisa terbentuk karena penumpukan bakteri plak pada gigi. Ini merupakan hasil dari kebersihan gigi yang buruk seperti tidak menyikat gigi atau membersihkan gigi dengan teratur. Ini juga bisa terjadi sebagai efek samping memakai kawat gigi.

Bintik tersebut mungkin bisa muncul sesudah melepaskan kawat gigi yang disebabkan karena penumpukan endapan plak di bawah atau sekitar kurung yang sebetulnya. Kebersihan mulut yang tidak mencukupi atau tidak bisa menghilangkan plak di antara kurung menyebabkan demineralisasi gigi dan gigi akan terlihat kasar atau mengelupas.

5. Tidur Dengan Mulut Terbuka

Anda mungkin akan melihat bintik putih pada gigi ketika bangun di pagi hari. Ini sering disebabkan karena tidur dengan mulut terbuka sepanjang malam. Bintik putih tersebut disebabkan karena dehidrasi dan ketika minum air dalam jumlah cukup, maka bintik putih akan hilang.

Perawatan Bintik Putih Pada Gigi

Perawatan bintik putih pada gigi bisa mengganggu untuk sebagian orang. Namun tetap ada beberapa pilihan perawatan untuk menghilangkan bintik putih tersebut, seperti:

Sponsors Link

1. Mikro-abrasi

Prosedur ini menghilangkan lapisan enamel dari permukaan gigi memakai abrasi ringan. Ini bisa menghilangkan bintik putih serta memberbaiki penampilan gigi anda, cara supaya gigi rata.

2. Pemutihan

Pemutihan merupakan prosedur memutihkan gigi yang dilakukan di bawah pengawasan dokter. Proses tersebut akan membantuk menyeimbangkan warna enamel gigi untuk mencerahkan seluruh gigi sehingga cocok dengan warna bintik putih sebagai cara memutihkan gigi yang kuning membandel. Namun, pemutihan bukanlah pengobatan yang efektif untuk orang yang mengalami bintik putih akibat terlalu sering memakai fluoride. Perawatan ini selanjutnya bisa memutihkan bintik putih dan menghasilkan warna putih yang berbeda.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi