Sponsors Link

Bolehkah Langsung Makan Setelah Pembersihan Karang Gigi, Simak Penjelasannya

Sponsors Link

Permukaan gigi kita tidak pernah betul-betul bersih. Segera setelah kita sikat gigi pun, lapisan tipis (disebut biofilm) akan segera terbentuk, yang mengandung banyak sekali mikroorganisme baik maupun jahat, dan akan bergabung dengan sisa makanan yang kemudian disebut plak gigi.

ads

Plak akan “matang” setelah 1-2 hari tanpa penyikatan gigi sama sekali, dan mengandung material organik seperti lemak, protein dan enzim serta material anorganik yaitu mineral terutama kalsium dan fosfor. Plak yang menumpuk dapat menyebabkan peradangan pada gusi, akibatnya gusi bengkak, warnanya merah terang, dan mudah berdarah.

Kondisi ini juga dapat menyebabkan bau mulut karena plak pada gigi akan diolah oleh bakteri dan menghasilkan senyawa sulfur yang menjadi sumber bau tak sedap.

Bila tidak dibersihkan secara optimal, mineral-mineral yang berasal dari plak, air liur dan makanan akan terdeposit di dalam plak sehingga lama kelamaan plak akan mengeras, itulah yang disebut karang gigi (dental calculus).

Maka dari itu biasanya cara yang dilakukan untuk membersihkan karang gigi adalah dengan proses scaling dengan dokter gigi. Pembersihan karang gigi bisa dilakukan dengan dokter gigi dengan tujuan untuk menghilangkan dan membersihkan karang gigi yang menumpuk.

Setelah pembersihan karang gigi, anda boleh langsung makan dan minum. Namun untuk menghindari akibat sensitif sementara karena turunnya gusi pasca pembersihan karang gigi maka ada beberapa pantangan setelah membersihkan karang gigi yang perlu dihindari:

  • Makanan dan minuman yang terlalu panas atau dingin

Biasanya setelah proses membersihkan karang gigi akan membuat gigi menjadi lebih sensitif dari biasanya untuk sementara waktu. Makanan dan minuman yang terlalu dingin atau panas bisa mempengaruhi syaraf di gigi yang baru saja dibersihkan karangnya sehingga bisa meningkatkan resiko ngilu pada gigi.

Oleh karena itu disarankan untuk menghindari makanan dan  minuman yang terlalu panas atau dingin untuk mencegah rasa ngilu di gigi. penyebab gigi ngilu saat berenang bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

  • Makanan keras dan kecil yang bisa menusuk-nusuk

Mengunyah makanan dengan tekstur keras biasanya kan menciptakan rasa tidak nyaman bahkan rasa ngilu. Selain itu hindari makanan  kecil yang remahannya bisa menusuk-nusuk.

Beberapa makanan yang dimaksud seperti keripik, jagung goreng, kacang goreng dan snack lain yang sejenis. Makanan kecil dengan tekstur yang menusuk bisa meningkatkan resiko gusi berdarah dan bengkak. Ada baiknya menghindari makanan dengan tekstur demikian selama kurang lebih 5 hari setelah melakukan scalling.

  • Tidak menjaga kebersihan rongga mulut

Karang gigi terbentuk dari sisa makanan yang tidak dibersihkan secara sempurna. Karang gigi adalah rumah bakteri di rongga mulut sehingga bisa menimbulkan berbagai resiko gangguan dan penyakit gigi.

Disarankan untuk selalu membersihkan karang gigi guna mencegah datangnya kembali plak dan karang gigi. Setidaknya gosoklah gigi setiap hari secara teratur minimal 2 kali sehari. Tak lupa pula agar selalu mengontrol kesehatan gigi setiap enam  bulan  sekali.

Itulah beberapa pantangan yang perlu dihindari setelah melakukan pembersihan karang gigi. Sekalipun membersihkan karang gigi menimbulkan beberapa efek samping, namun itu lebih baik daripada membiarkan karang gigi menjadi menumpuk sehingga bisa menimbulkan penyakit.

Sponsors Link

Demikian yang bisa penulis sampaikan mengenai bolehkah langsung makan setelah pembersihan karang gigi. Semoga bermanfaat bagi anda semua. Kenali gejala dan gangguan yang terjadi pada gigi anda terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mencoba cara yang penulis. Jika keluhan masih berlanjut, segera hubungi dokter.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan Gigi