Sponsors Link

Kegunaan Cabut Gigi dan Efek Sampingnya

Sponsors Link

Cabut gigi merupakan proses pengangkatan gigi dari soket gigi di tulang rahang yang dalam istilah medis disebut dengan ekstraksi gigi. Jika kerusakan gigi terjadi atau berlubang karena pembusukan, maka dokter gigi umumnya akan mencoba memperbaiki terlebih dahulu dengan penambalan atau perawatan saluran akar.

ads

Akan tetapi jika semuanya tidak berhasil, maka gigi yang sudah rusak parah harus dicabut. Sedangkan untuk gigi yang sudah sangat goyang juga harus dicabut jika sudah tidak bisa diselamatkan lewat operasi penggantian tulang atau bone graft.

Kapan Cabut Gig Dilakukan?

Selain dibutuhkan untuk mengatasi gigi yang rusak berlubang atau penyebab gigi goyang dan gusi bengkak, beberapa kondisi lainnya juga membuat proses cabut gigi harus dilakukan, seperti:

  • Memiliki gigi ekstra yang menghalangi tumbuhnya gigi lain.
  • Mempunyai gigi susu yang belum lepas pada waktunya sehingga cabut gigi harus dilakukan supaya gigi permanen bisa tumbuh.
  • Pemasangan kawat gigi pada orang dewasa yang mungkin membutuhkan cabut gigi untuk menciptakan ruang bagi gigi yang sedang dirapikan susunannya.
  • Pasien yang sedang menjalani radiasi di kepala atau leher sehingga cabut gigi yang terkena radiasi dibutuhkan.
  • Sumber infeksi karena infeksi sesudah transplantasi organ yang disebabkan karena obat obatan yang dikonsumsi atau menurunkan sistem kekebalan tubuh.
  • Gigi geraham bungsu atau wisdom teeth atau yang biasa disebut dengan gigi geraham ketiga terkadang juga harus dicabuti sebelum atau sesudah tumbuh. Gigi ini harus diangkat karena posisi yang tidak seharusnya, menimbulkan rasa sakit, terkena kista atau infeksi gigi.

Prosedur Cabut Gigi

Prosedur cabut gigi sendiri terdiri dari beberapa tahapan meliputi persiapan, saat operasi dan juga pasca operasi.

1. Persiapan Sebelum Cabut Ggigi

Beberapa persiapan yang akan dilakukan sebelum proses cabut gigi diantaranya adalah:

  • Dokter gigi atau ahli bedah mulut akan menyarankan untuk foto rontgen gigi yang akan dicabut karena ada manfaat penting rontgen gigi tersebut.
  • Pastikan juga untuk menginformasikan riwayat medis gigi lengkap dan juga daftar obat apa saja yang dikonsumsi termasuk obat resep, obat bebas, vitamin serta suplemen.
  • Dokter juga kemungkinan akan memberikan antibiotik untuk sakit gigi yang diminum sebelum dan sesudah operasi. Antibiotik tersebut kemungkinan akan diberikan pada pasien yang memiliki infeksi ketika operasi, sistem kekebalan tubuh yang lemah, memiliki kondisi medis tertentu atau menjalani operasi yang panjang.
  • Pasien kemungkinan juga akan dibius lokal pada saraf yang mengarah pada gigi jika pencabutan di tempat praktek dokter gigi atau anestesi intravena dilakukan di ruang operasi.
  • Pada anestesi intravena, pasien akan memakai pakaian lengan pendek atau yang bias digulung dengan mudah supaya jalur suntikan ke pembuluh darah mudah dilakukan.
  • Tidak makan atau minum apapun selama 6 hingga 8 jam sebelum prosedur.

2.Pelaksanaan Cabut Gigi

Ada dua jenis pelaksanaan cabut gigi yakni ekstraksi sederhana dan juga ekstraksi bedah.

  • Ekstraksi sederhana: Dokter gigi akan melakukannya pada gigi yang terlihat dengan jelas di mana gigi akan dikendurkan dengan alat yang dinamakan lift lalu memakai alat forsep untuk mencabut gigi.
  • Ekstraksi bedah: Dokter gigi akan melakukan ekstraksi bedai jika gigi patah seperti gigi geraham patah setengah di bawah garis gusi atau tidak terlihat jelas di rongga mulut seperti gigi bungsu.
    Sponsors Link

3. Pasca Operasi Cabut Gigi

Sesudah proses cabut gigi selesai, maka dokter akan memberikan petunjuk apa saja yang akan terjadi sesudah operasi tersebut, seperti:

  • Timbul rasa tidak nyaman yang bisa diatasi dengan obat antiinflamasi nonsteroid [NSAID] untuk mengurangi rasa sakit sesudah cabut gigi sekaligus untuk mengatasi sakit kepala sesudah cabut gigi.
  • Luka karena operasi di rongga mulut akan lebih banyak mengeluarkan darah jika dibandingkan dengan luka pada kulit karena sulit mengering. Untuk itu pasien akan diminta menggigit sepotong kasa selama 20 sampai 30 menit yang akan membuat darah jadi menggumpal kemudian bisa dilanjutkan dengan kompres air hangat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini