Sponsors Link

Cabut Gigi Geraham Saat Hamil – Efek Samping dan Solusi

Sponsors Link

Masalah gigi geraham bawah seringkali diidap oleh setiap orang, tidak terkecuali bagi mereka yang hamil. Gigi geraham bawah sendiri merupakan gigi yang paling sering melakukan aktivitas terutama saat proses mengunyah makanan. Akibat kebersihan gigi geraham bawah yang tidak terjaga maka muncul masalah sehingga mengharuskan anda melakukan tindakan cabut gigi. Pada saat hamil, proses cabut gigi sangatlah beresiko tidak hanya bagi sang ibu hamil tetapi terhadap janin atau bayi yang dikandung.

ads

Beberapa dokter kesehatan gigi menyarankan tindakan cabut gigi geraham bawah saat hamil bisa saja dilakukan apabila tanda-tanda gigi geraham bawah harus dicabut ada. Bagi mereka yang memiliki gigi geraham bawah tetapi tidak harus dilakukan tindakan cabut gigi geraham bawah saat hamil tidak masalah. Berikut ini halogigi akan membahas efek samping dan bahaya cabut gigi geraham bawah saat hamil. Tidak hanya itu saja, halogigi akan memberikan informasi mengenai solusi yang bisa anda lakukan untuk menghindari proses cabut gigi geraham bawah saat hamil.

Efek Samping Cabut Gigi Geraham Bawah Saat Hamil

Efek Samping cabut gigi geraham bawah saat hamil bisa terjadi ibu hamil. Perlu diketahui beberapa efek samping cabut gigi geraham bawah saat hamil berikut ini.

1. Sakit Tak Tertahankan

Tidak hanya pada pasien yang tidak hamil, ibu hamil pun akan merasakan rasa sakit ketika melakukan cabut gigi geraham bawah.

2. Edema

Edema adalah respon tubuh saat kita setelah melakukan proses cabut gigi geraham bawah. Proses ini ditandai dengan munculnya inflamasi.

3. Dry Socket

Dry socket pada saat cabut gigi dapat terjadi pada hari 3-5 sesudahnya. Keluhan pasien apabila mengalami dry socket adalah rasa sakit yang tidak tertahankan. Beberapa pasien yang mengalaminya ada yang merasakan empuk pada gigi yang ada disebelah gigi yang dicabut. Pencegahan dry socket bisa dilakukan dengan menjaga kesehatan gigi.

4. Iritasi Pada Gusi

Pada ibu hamil yang melakukan prosedur cara mencabut gigi geraham, akan mengalami masalah iritasi pada gusi. Iritasi pada gusi bisa menyebabkan perubahan pada tulang penyokong gigi. Oleh karena itu iritasi pada gusi bisa diatasi dengan memakan-makanan lembut selesai proses pencabutan gigi.

Sponsors Link

5. Refluks Asam Lambung

Refluks asam lambung adalah kejadian dimana kondisi aliran asam lambung yang mendekati ke kerongkongan sehingga menyebabkan rasa terbakar di dada dan sangat menganggu. Aliran asam lambung yang demikian bisa terjadi karena adanya paparan asam lambung pada rongga mulut. Cara terbaik apabila anda mengalami setelah proses mencabut gigi geraham bawah saat hamil adalah menghindari makanan yang mencegah kenaikan asam lambung, gunakan pakaian longgar, dan posisi kepala lebih tinggi dari kaki aapabila anda sedang istirahat di tempat tidur.

ads

Bahaya Cabut Gigi Geraham Bawah Saat Hamil

Bahaya cabut gigi geraham bawah saat hamil bisa saja terjadi pada ibu hamil ketika prosedur yang dilakukan tidak tepat. Berikut ini penjelasan selengkapnya mengenai bahaya cabut gigi geraham bawah saat hamil.

1. Keguguran Spontan

Pada masalah cabut gigi saat hamil 9 bulan bisa berbahaya karena bisa menyebabkan keguguran spontan. Pada usia kehamilan masih terbilang muda resiko ini akan lebih berbahaya untuk melakukan cabut gigi geraham bawah. Demikian, ibu hamil harus konsultasi ke dokter gigi dan dokter kandungan menanyakan kapan waktu yang tepat untuk melakukan cabut gigi terutama saat hamil.

2. Hipotensi

Hipotensi pada ibu hamil sangatlah wajar, namun saat anda melakukan cabut gigi geraham bawah saat hamil tentu menjadi hal yang tidak menyenangkan. Keadaan ini memungkinkan sang ibu hamil memiliki tekanan darah tidak normal yang bisa memicu rasa pusing dan hilang kesadaran. Oleh karena itu yang perlu diperhatikan adalah saat ibu hamil menjalani prosedur cabut gigi geraham bawah, ada baiknya atur posisi duduk dalam keadaan yang benar sehingga mencegah terjadinya hipotensi

Solusi Cabut Gigi Geraham Bawah Saat Hamil

Upaya pencegahan agar ibu hamil tidak melakukan prosedur cabut gigi geraham bawah saat hamil sebagai berikut.

1. Perawatan Kesehatan Gigi Sesuai Usia Kehamilan

Tingkat pengetahuan ibu hamil mengenai kesehatan gigi dan mulut perlu ditingkatkan karena pada setiap trisemester kehamilan, perawatan kesehatan gigi berbeda. pada trisemester I, ibu hamil harus mulai rajin melakukan kebersihan gigi terutama pada usia kehamilan ini sering mengalami muntah-muntah karena mual. Pada trisemester II, ibu hamil akan mengalami perubahan rongga mulut seperti peradangan gusi dan benjol pada gusi bawah. Oleh karena itu perlu mengetahui cara menghilangkan rasa sakit akibat radang gusi dan lainnya. Pada trisemester ke III perlu berkonsultasi ke pelayanan kesehatan gigi jika terjadi hal yang tidak biasa pada rongga mulut.

2. Konsultasi ke Dokter Gigi

Konsultasi ke dokter gigi selain untuk menambah ilmu dan pengetahuan pun bisa anda lakukan sehingga anda bisa mengurangi efek samping dan bahaya terhadap prosedur kesehatan gigi dan masalah gigi serta mulut pada ibu hamil.

Sponsors Link

3. Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

Konsumsi makanan sehat dan bergizi tidak hanya baik untuk ibu hamil dan janin yang dikandungnya saja. Makanan sehat dan bergizi bisa membantu ibu hamil mengurangi kerusakan maupun masalah gigi dan mulut. Makanan yang penting untuk membantu kesehatan gigi adalah makanan yang mengandung karbohidrat, protein mineral dan vitamin A, vitamin b, manfaat vitamin c untuk gigi, vitamin d, flour dan kalsium.

4. Perawatan Kesehatan Gigi Dengan Bahan Alami

Apabila ibu hamil memiliki masalah gigi dan mulut, maka beberapa bahan alami seperti asam kawak, manfaat jahe untuk sakit gigi dapat membantu mengurangi bengkak pada pipi. Selain itu untuk mengobati sariwan, ibu hamil bisa menggunakan daun sirih, jeruk nipis dan daun saga. Paling penting ketika ibu hamil mengalami rasa sakit gigi, tanaman bunga cengkeh, manfaat garam untuk gigi dan gusi dan bawang putih dapat meredakan rasa sakit gigi.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini