Sponsors Link

Cabut Gigi Impaksi Saat Hamil yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Kehamilan merupakan saat yang membahagiakan bagi seorang wanita, apalagi jika sudah melakukan persiapan yang matang untuk moment bahagia ini. Akan tetapi apakan anda juga sudah mempersiapkan keadaan kesehatan gigi anda? Pada saat kehamilan biasanya ibu sering mengalami sakit gigi, seperti karies gigi pada ibu-hamil. Hal ini dapat disebabkan karena kebiasaan ibu yang malas membersihkan gigi ataupun karena pengaruh perubahan hormon. Sebaiknya ikuti panduan perawatan gigi untuk ibu hamil.

ads

Bagi ibu yang sudah mempersiapkan kesehatan giginya menjelang kehamilan dan rajin membersihkan gigi dan mulut, tentulah perubahan hormonal yang terjadi pada tubuhnya tidak akan mengganggu. Namun ada satu hal lagi yang tidak terduga – duga bisa terjadi, yaitu Impaksi Gigi.

Impaksi gigi adalah gigi yang akan tumbuh terhalang jalan tumbuhnya hingga mengakibatkan gigi tersebut tidak dapat keluar dan terjebak didalam gusi. Keadaan ini dapat mengakibatkan rasa nyeri, sulit membuka mulut, sulit mengunyah, gusi bengkak, hingga dapat juga menimbulkan sakit kepala dan demam. Impaksi gigi biasanya lebih sering terjadi pada gigi graham bungsu (gigi molar tiga), dan lebih banyak terjadi pada posisi rahang bawah (mandibula), namun dapat juga terjadi pada posisi rahang atas (maksila). Anda dapat membaca artikel terkait yaitu penyebab gigi impaksi. Lalu bagaimanakah jika impaksi gigi terjadi pada saat hamil?

Cabut gigi pada saat hamil adalah hal yang beresiko untuk dilakukan, karena diyakini dapat mengakibatkan komplikasi masalah kehamilan. Apalagi jika si ibu memiliki kehamilan risti atau resiko tinggi. Salah satunya adalah pembiusan lokal yang akan dilakukan untuk mengatasi rasa sakit saat gigi akan dicabut dapat mempengaruhi metabolisme darah, apalagi bagi ibu yang memiliki hypertensi dan gejala anemia. Selain itu bagi janin, obat bius yang mengandung adrenalin dapat memicu terjadinya kontraksi, hingga dapat menyebabkan keguguran. Oleh sebab itulah sangat besar pengaruh sakit gigi pada ibu hamil.

Membiarkan rasa sakit karena impaksi gigi juga bukanlah suatu tindakan yang bijak, malah akan mengganggu kenyamanan ibu yang sedang mengandung hingga dapat menurunkan nafsu makan dan menghambat masuknya nutrisi kedalam tubuh untuk perkembagan janin. Jika cabut gigi adalah jalan satu – satunya maka beberapa hal berikut ini mungkin dapat membantu anda mengatasinya.

Cabut Gigi Impaksi Saat Hamil

  1. Konsultasikan Kepada Dokter Gigi dan Dokter Kandungan

Sebaiknya anda konsultasikan keadaan anda secara terbuka dan terus terang, misalnya jika ada riwayat penyakit lain sebelumnya kepada kedua dokter yang menangani anda, yaitu dokter kandungan dan dokter gigi. Selain itu juga tentang obat – obatan maupun supplement yang selama ini anda konsumsi. Jika dokter gigi anda mengharuskan gigi untuk dicabut, apakah dokter kandungan anda juga merekomendasikannya? Jika dipastikan kondisi kandungan anda baik – baik saja, maka anda dapat melakukan pencabutan gigi. Anda dapat membaca artikel terkait bahaya operasi gigi saat hamil dan cabut gigi geraham saat hamil.

  1. Waktu Pencabutan Gigi yang Tepat

Jika memang pencabutan gigi tidak dapat dihindari dan kandungan anda dalam kondisi yang sehat, maka sebaiknya pencabutan gigi dilakukan pada trimester kedua. Hal ini disebabkan karena:

Sponsors Link

  • Trimester pertama kehamilan adalah saat terjadinya pembentukan organ penting pada bayi seperti jantung, paru, ginjal.dll. Oleh sebab itu jika pada saat ini ibu mengalami stress, maka akan sangat mempengaruhi pertumbuhan janin. Jika pencabutan gigi harus segera dilakukan pada trimester pertama, maka sebaiknya dilakukan pada akhir trimester pertama.
  • Trimester kedua kehamilan yaitu saatnya bayi tumbuh, periode ini merupakan periode yang aman dalam kehamilan. Untuk melakukan semua prosedur gigi sampai kepada proses pencabutan gigi, pada trimester kedua adalah waktu yang tepat.
    ads
  • Trimester ketiga kehamilan adalah saat sejumlah besar dari steroid dilepaskan dalam aliran darah. Pada saat ini volume darah meningakat, oleh sebab itu akan sangat tidak nyaman bagi ibu hamil utnuk duduk lama dalam posisi yang sama. Jika pencabutan gigi harus dilakukan pada trimester ketiga karena rasa nyeri yang kuat pada gigi, maka sebaiknya dilakukan pada awal trimester ketiga.
  1. Pemberian Obat dan Pengambilan X-Ray

Konsumsilah obat – obatan yang telah diberikan oleh kedua dokter anda, dan jangan sampai anda melewatkannya. Beberapa obat yang mungkin akan direkomdasaikan antara lain:

  • Obat pereda nyeri

Acetaminophen adalah obat pereda nyeri yang diperkirakan aman selama masa kehamilan. Selain itu obat ibuprofen diperkirakan juga aman hingga kandungan berusia 32 minggu kehamilan.

  • Obat antibiotik pencegah infeksi

Untuk mencegah terjadinya infeksi, obat penicilin dan chepalosporin dapat diperkirakan aman diberikan kepada pasien kecuali pasien alergi terhadap obat antibiotik tersebut. Selain itu eritromicin juga aman selama kehamilan dan perut pasien mampu mentoleransi obat tersebut. Obat yang tidak boleh diberikan seperti tetrasiklin, karena dapat menyebabkan pigmentasi tetrasiklin pada gigi bayi.

  • Obat bius lokal selama pencabutan gigi

Obat bius lokal yang diberikan haruslah dengan dosis yang seminim mungkin namun juga harus cukup untuk membuat ibu hamil tidak merasa sakit. Biasanya lidokain digunakan sebagai agen obat bius lokal selama pencabutan gigi. Namun jika ibu hamil masih merasakan nyeri yang kuat maka biasanya dokter akan memberikan beberapa obat bius lokal yang tanpa epineprin.

Karena epineprin merupakan obat yang dapat menyempitkan pembuluh darah sehinga meningkatkan lamanya obat bius. Seandainya dokter gigi menganggap bahwa ibu hamil perlu obat bius dengan epineprin, maka harus dilakukan konsultasi dengan dokter kandungan yang merawat sang ibu terlebih dahulu. Obat bius yang tidak boleh diberikan adalah obat bius hirup atau obat bius yang dimasukkan dalam darah, karena dapat meningkatkan resiko keguguran pada trimester pertama.

  • Pengambilan X-Ray

Jika diperlukan untuk melakukan X-Ray, sebaiknya ibu hamil menggunakan apron shield untuk menutupi tubuh bagian atas. Hal ini untuk meminimalisir janin terkena radiasi, namun diagnostik X-ray  tidak memiliki dosis radiasi tinggi yang dapat menyebabkan efek samping pada perkembangan janin.

  1. Persiapan Sebelum Cabut Gigi

Selain pemberian obat dan pengambilan X-ray, mungkin ibu tidak diperbolehkan untuk makan dan minum selama 6 – 8 jam. Selain itu ibu  juga harus memberi informasi lengkap apakah memiliki batuk, hidung tersumbat, atau merasa dingin sampai seminggu sebelum pencabutan gigi. Kemudian jika mengalami mual dan muntah pada malam hari sebelum pencabutan gigi, hendaknya diinformasikan ke dokter gigi anda, karena kemungkinan harus dilakukan perubahan dalam pemberian anastesi atau bahkan harus dilakukan perubahan jadwan pencabutan gigi.

Sponsors Link

  1. Yang Harus Dihindari Setelah Cabut Gigi

Setelah pencabutan gigi terlaksana, ada beberapa hal yang perlu dihindari, antara lain:

  • Hindarilah semua hal yang dapat menunda proses pembekuan darah.
  • Hindarilah aktifitas yang berat, minum dengan menggunakan sedotan, bersin dan buang ingus terlalu kencang, meludah terlalu sering dan merokok. Karena hal – hal ini dapat memperlambat proses penyembuhan.
  • Hindari juga makanan yang terlalu keras, panas, mengandung biji dan butiran kecil, minuman bersoda, dan minuman yang mengandung alkohol. Karena makanan dan minuman ini juga dapat memperlambat proses penyembuhan.
  • Hindari menyikat gigi pada area gusi yang masih luka atau menggunakan obat kumur. Lebih baik menggunakan air hangat yang di campur dengan sedikit garam dapur, lalu berkumur dengan perlahan – lahan untuk mencegah terjadinya infeksi. Anda juga dapat menambah wawasan tentang efek samping gigi impaksi dan bahaya gigi impaksi.

Cabut gigi impaksi saat hamil yang di bahas pada artikel ini, semoga dapat menambah wawasan, membantu menangani masalah, dan bermanfaat untuk seluruh pembaca. Demikianlah pembahasan kali ini, ikuti terus artikel – artikel informatif lainnya dari Halogigi.com. Tetaplah menjaga kesehatan gigi dan mulut anda.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi
Doctors Talk

Jangan pasang kawat gigi dulu, sebelum menyimak penjelasan Dokter gigi berikut ini