Sponsors Link

Cabut Gigi Saat Hamil 9 Bulan – Efek Samping, Bahaya dan Solusi

Sponsors Link

Perawatan untuk ibu hamil sering kali menjadi perhatian serius bagi sebagian orang. Terutama bagi ibu hamil anak pertama, sering kali mereka mempercayai beberapa kepercayaan yang sudah turun temurun dilakukan. Padahal pengetahuan akan ilmu medis ibu hamil terhadap perawatan selama masa kehamilan perlu diketahui. Salah satu pengetahuan medis ibu hamil dalam kesehatan mulut dan gigi masih minim. Oleh karena itu, kali ini halogigi akan membahas mengenai cabut gigi saat hamil 9 bulan.

ads

Beberapa ibu hamil pernah mengalami masalah gigi yang tidak tertahankan sehingga ingin mengambil tindakan mencabut gigi. Menurut beberapa hasil penelitian kesehatan gigi, ibu hamil 9 bulan apabila ingin mencabut gigi perlu dilakukan tetapi memerlukan perawatan khusus. Ada faktor resiko efek samping dan bahaya bisa terjadi pada mereka sehingga baik dokter gigi yang menangani pasien ibu hami maupun sang ibu hami yang menjalani perawatan tersebut perlu memperhatikan apa saja efek samping dan bahaya cabut gigi saat hamil 9 bulan. Berikut ini penjelasan dari halogigi selengkapnya.

Efek Samping Cabut Gigi Saat Hamil 9 Bulan

Efek samping cabut gigi saat hamil 9 bulan bisa terjadi. Berikut ini efek samping cabut gigi saat hamil 9 bulan.

1. Rasa Tidak Nyaman

Dalam kondisi pasien normal ketika melakukan cabut gigi pasti akan merasakan rasa tidak nyaman seperti sakit. Pada saat hamil 9 bulan, tindakan cabut gigi akan jauh lebih menimbulkan rasa tidak nyaman. Oleh karena itu, ibu hamil perlu mempersiapkan diri agar rasa tidak nyaman tidak dirasakan secara berlebihan.

2. Hilang Kesadaran

Saat ibu hamil 9 bulan tengah menjalani proses cabut gigi, kehilangan kesadaran bisa saja terjadi apabila posisi ibu hamil dalam keadaan tidak benar. Faktor dorongan dari uterus ke vena cava inferior menyebabkan aliran darah terhambat.

3. Bayi Lahir Prematur

Bayi lahir prematur bisa menjadi kemungkinan apabila anda melakukan tindakan cabut gigi pada saat anda hamil 9 bulan.

4. Kemungkinan Dry Socket (Radang Pada Gigi)

Proses pencabutan gigi akan menyebabkan peradangan (dry socket). Proses ini akan terjadi setelah melakukan cabut gigi. Gejala yang ditimbulkan selain radang adalah rasa empuk pada gigi disebelahnya dan bau mulut saat hamil.

Bahaya Cabut Gigi Saat Hamil 9 Bulan

Berikut ini bahaya yang dapat ditimbulkan apabila melakukan cabut gigi saat hamil 9 bulan.

1. Aborsi atau Keguguran Spontan

Proses perawatan gigi bisa menyebabkan aborsi atau keguguran spontan tergantung dari usia kandung ibu hamil. Pada masa kehamilan 9 bulan struktur janin atau bayi sudah jelas namun bahaya dari proses pencabutan gigi bisa menyebabkan aborsi atau keguguran spontan. Sebaiknya tindakan cabut gigi pada ibu hamil dilakukan pada trisemester kedua karena resiko aborsi atau keguguran mendadak lebih rendah dibandingkan trisemester pertama dan trisemester ketiga.

Sponsors Link

2. Hipotensi

Posisi saat melakukan proses cabut gigi bisa mempengaruhi kondisi ibu hamil. Saat anda melakukan proses cabut gigi posisi yang tepat agar terhindar dari hipotensi dengan posisi ibu hamil tidak boleh terlentang pada kursi dental.

Solusi Cabut Gigi Saat Hamil 9 Bulan

Solusi cabut gigi saat hamil 9 bulan perlu dilakukan agar terhindar dari efek samping dan bahaya cabut gigi saat hamil 9 bulan berikut ini :

ads

1. Konsultasi ke Dokter Gigi dan Dokter Kandungan

Sebelum melakukan treatment cabut gigi, ada baiknya anda melakukan konsultasi tidak hanya ke dokter gigi saja melainkan ke dokter kandungan. Faktor perawatan gigi pada ibu hamil tidak hanya melibatkan sang ibu hamil saja tetapi bayi yang ada di dalamnya. Oleh karena itu beberapa dokter gigi yang akan menangani ibu hamil memerlukan terapi khusus agar tindakan perawatan gigi tidak membahayakan ibu hamil dan bayi yang ada dalam andungannya.

2. Penggunaan Obat dengan Resep Dokter

Apabila anda sudah melakukan treatment cabut gigi, anda biasanya akan diberikan obat-obat khusus sehingga obat yang akan dikonsumsi tidak memberikan dampak terhadap struktur janin atau bayi. Selain itu, ibu hamil yang melakukan cabut gigi perlu memiliki pengetahuan mengenai efek samping gigi dicabut dan bahaya dari penggunaan obat tersebut.

3. Menjaga Kebersihan Mulut

Apabila anda ibu hamil memiliki masalah mulut dan belum sampai ke tahap proses cabut gigi. Anda sebaiknya bisa mencoba untuk meningkatkan kebersihan mulut anda. Kebersihan mulut pada ibu hamil sangat penting karena saat hamil maka terjadi peningkatan aliran saliva, proliferasi estrogen, deskuamasi sel oral mukosa dan perubahan hormon sehingga menyebabkan sistem kekebalan tubuh rendah dan lingkungan mulut ibu hamil cocok untuk pertumbuhan bakteri sehingga mudah terinfeksi.

4. Pengobatan Secara Alami

Beberapa dokter gigi menyarankan ibu hamil 9 bulan untuk tidak melakukan proses cabut gigi, cara-cara tradisional menggunakan bahan alami bisa menjadi cara mengurangi masalah gigi dan mulut. Salah satunya dengan manfaat jahe untuk sakit gigi, manfaat daun sirih, manfaat cengkeh untuk gigi berlubang dan lainnya.

Bagi anda ibu hamil 9 bulan tentunya perlu mencermati bagaimana efek samping dan bahaya cabut gigi serta masalah mulut dan gigi lainnya. Selain membaca beberapa artikel mengenai kesehatan gigi untuk ibu hamil, anda perlu melakukan konsultasi ke dokter gigi berpengalaman supaya anda mendapatkan pengetahuan baru mengenai kesehatan mulut dan gigi. Demikian penjelasan dari halogigi semoga bermanfaat. Salam gigi sehat.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Gigi